https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/JEANS/issue/feedJournal of Educational and Applied Natural Sciences (JEANS)2022-12-21T04:39:57+00:00Muhammad Ari Saputra[email protected]Open Journal Systemshttps://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/JEANS/article/view/1054ANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA 2022-12-21T01:54:39+00:00Nisa Cahya Pertiwi Lubis[email protected]Muhammad Ari Saputra[email protected]<p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan penalaran matematis siswa melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah. Subjek penelitian kelas VIII-5 MTs Hifzhil Qur’an Medan yang berjumlah 39 siswa. Instrumen penelitian adalah tes kemampuan penalaran matematis dan pedoman wawancara. Analisis data dilakukan dengan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan penalaran matematis siswa melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah dari 39 siswa terdapat 11 siswa yang memiliki kemampuan penalaran matematis kategori tinggi, 12 siswa yang memiliki kategori sedang, dan 16 siswa yang memiliki kategori rendah. Untuk setiap indikator, siswa memiliki rata-rata penilaian indikator mengajukan dugaan yaitu kategori sedang; indikator melakukan manipulasi matematika yaitu kategori sedang; menarik kesimpulan yaitu kategori rendah; dan membuat generalisasi yaitu kategori rendah. Kesulitan siswa dalam menyelesaikan tes kemampuan penalaran matematis siswa a) pada kategori tinggi, siswa mengalami kesulitan pada kriteria fakta dan prinsip; b) pada kategori sedang dan rendah, siswa mengalami kesulitan pada kriteria fakta, prinsip, dan operasi.</p>2022-12-20T17:30:16+00:00Copyright (c) 2022 Journal of Educational and Applied Natural Sciences (JEANS)https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/JEANS/article/view/1056PENINGKATAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA MELALUI MODEL MODEL KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION 2022-12-21T03:02:32+00:00Naimah Hasanah[email protected]Ade Arga Wahyudi[email protected]<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe <em>group investigation</em> (<em>GI</em>) terhadap hasil belajar dan perkembangan komunikasi interpersonal siswa.Penelitian merupakan <em>quasi eksperiment</em> dengan desain two group pretest postest. Populasi penelitian adalah seluruh siswa SMA Negeri 11 kelas XI. Sampel penelitian diambil dua kelas dari populasi dengan teknik <em>class random sampling</em>. Hasil belajar kognitif dianalisis dengan uji t untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran tehadap hasil belajar, perkembangan komunikasi interpersonal dianalisis dengan uji gain skor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe GI terhadap hasil belajar dan perkembangan komunikasi interpersonal siswa. Melalui model kooperatif tipe GI suasana belajar menjadi lebih efektif, hubungan kerjasama kelompok dalam pembelajaran membangkitkan semangat siswa untuk memiliki keberanian dalam mengemukan pendapat, berkomunikasi dan berbagi informasi dengan teman lainnya dalam memecahkan masalah pembelajaran. </p>2022-12-21T02:57:52+00:00Copyright (c) 2022 Journal of Educational and Applied Natural Sciences (JEANS)https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/JEANS/article/view/1057PENERAPAN STRATEGI EVERYONE IS A TEACHER HERE DENGAN E-ASESSMENT TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA2022-12-21T03:14:59+00:00Rizki Fadilah[email protected]<p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan startegi <em>Everyone is a Teacher Here </em>dengan <em>Asessment</em> terhadap hasil belajar Fisika pada materi Usaha dan Energi kelas XI SMA. Jenis penelitian yang digunakan adalah (<em>quasi eksperiment)</em> dengan rancangan penelitian <em>randomized control group posttest only design</em><em>.</em>Strategi <em>everyone is a teacher here</em> merupakan salah satu strategi pembelajaran aktif (<em>active learning</em>) yang digunakan oleh pendidik dengan maksud meminta peserta didik untuk semuanya berperan menjadi narasumber atau guru terhadap semua temannya di kelas belajar.<em>Google form</em> merupakan <em>suite</em> dari <em>googledrive</em>. <em>Googleform</em> merupakan fasilitas <em>open source</em> yang dapat dimiliki oleh setiap orang. Satu <em>account google</em> memiliki banyak manfaat, salahsatu diantaranya adalah bisa mengakses <em>googleform. </em>Hasil penelitian menunjukkan belajar peserta didik yang diajarkan dengan strategi pembelajaran <em>evereyone is a teacher here </em>lebih tinggi dibandingkan yang diajarkan dengan strategi pembelajaran konvensional.</p>2022-12-21T03:13:07+00:00Copyright (c) 2022 Journal of Educational and Applied Natural Sciences (JEANS)https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/JEANS/article/view/1060PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI BENZENA DAN TURUNANNYA UNTUK KELAS XII SMA/MA2022-12-21T04:24:05+00:00Rahmi Arfina[email protected]<p>Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan lembar kerja siswa berbasis inkuiri terbimbing pada topik Benzena dan Turunannya untuk kelas XII SMA/MA dan ditentukan kategori validitas dan kepraktisannya. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D). Model pengembangan yang digunakan model 4-D terdiri dari empat tahapan yaitu: (1) define, (2) design, (3) develop dan (4) disperse. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket validasi dan kepraktisan. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan rumus Cohen's Kappa. Validasi kuesioner diisi oleh 3 guru besar kimia dan 2 guru kimia SMA. Lembar praktikum diisi oleh 2 guru kimia dan 26 siswa SMAN 1 Padang. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, LKS berbasis inkuiri terbimbing pada materi Benzena dan Turunannya untuk siswa kelas XII SMA/MA yang telah diuji validitas dan kepraktisannya. Nilai rata-rata validitas LKS berbasis inkuiri terbimbing ditinjau dari materi/isi, penyajian, kebahasaan dan bagan adalah 0,95 (kategori sangat tinggi). Kepraktisan 0,94 dari guru (kategori sangat tinggi) dan 0,78 dari siswa (kategori tinggi). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa LKS berbasis inkuiri terbimbing pada topik Benzena dan Derivatif adalah valid dan praktis.</p>2022-12-21T04:24:05+00:00Copyright (c) 2022 Journal of Educational and Applied Natural Sciences (JEANS)https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/JEANS/article/view/1061PENGGUNAAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) SISWA DI SMP NEGERI 1 SIBABANGAN2022-12-21T04:39:57+00:00Hotrimsyah Simbolon[email protected]<p>Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya minat belajar IPA siswa di kelas VIII-1 SMP Negeri 1 Sibabangun. Untuk mengatasi masalah tersebut, pada penelitian ini diterapkan pendekatan <em>Contextual Teaching and Learning</em> (CTL). Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui apakah pendekatan <em>Contextual Teaching and Learning</em> (CTL) pada pokok bahasan sistem pernapasan pada manusia di kelas VIII-1 SMP Negeri 1 Sibabangun dapat meningkatkan minat belajar IPA siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksankan dalam dua siklus yang masing-masing siklusnya terdiri dari empat tahap yaitu: tahap pertama perencanaan (<em>planning</em>), tahap kedua pelaksanaan (<em>action</em>), tahap ketiga observasi (<em>observation</em>) dan tahap keempat refleksi (<em>reflectioan</em>). Perangkat pembelajaran dalam penelitian ini adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), lembar angket minat siswa, lembar instrumen tes dan lembar observasi . Hasil penelitian dianalisis secara deskriptif dan diperoleh melalui pendekatan <em>Contextual Teaching and Learning</em> (CTL) dapat meningkatkan minat belajar IPA siswa di kelas VIII-1 SMP Negeri 1 Sibabangun khususnya pokok bahasan sistem pernapasan pada manusia, berdasarkan hasil tes belajar minat siswa pada siklus I memperoleh rata-rata sebesar 68,33 dan siklus II sebesar 77,92. Berdasarkan data hasil penelitian melalui observer kinerja guru diperoleh persentase sebesar 53,13% pada siklus I dan siklus II sebesar 89,06%, Kemudian berdasarkan hasil angket minat siswa diperoleh pada siklus I sebesar 80,8% dan pada siklus II sebesar 84,4%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan minat belajar IPA siswa melalui pendekatan <em>Contextual Teaching and Learning</em> (CTL)) di kelas VIII-1 SMP Negeri 1 Sibabangun. Penelitian ini menyarankan (a) pendekatan <em>Contextual Teaching and Learning</em> (CTL) dapat digunakan dalam upaya meningkatkan minat belajar IPA siswa, (b) kepada guru, diharapkan dapat mengimplementasikan pendekatan <em>Contextual Teaching and Learning</em> (CTL) pada pokok bahasan yang lain pada mata pelajaran biologi atau pada materi pelajaran yang sesuai.</p>2022-12-21T04:39:57+00:00Copyright (c) 2022 Journal of Educational and Applied Natural Sciences (JEANS)