NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM IBADAH PUASA BERDASARKAN Q.S. AL-BAQARAH AYAT 183 (KAJIAN TAFSIR AL-MISBAH

  • Khairunnisa Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Muhammad Alfiansyah SMKS AKP Galang
  • Aulia Rahmad Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Nisca Nadya Permata Gea Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Abstract

Abstrak:

Modernisasi membawa dampak positif dan negatif bagi kehidupan sosial masyarakat Indonesia saat ini. Berdasarkan kajian tafsir Al-Misbah, esai ini berusaha untuk mengetahui makna pendidikan karakter melalui puasa sebagaimana tertuang dalam Q.S. Al-Baqarah ayat 183. Pendekatan tahlily digunakan untuk menginterpretasikan ayat-ayat dalam penelitian ini bersamaan dengan penelitian literature review. Dengan demikian, dapat disimpulkan dari penelitian ini bahwa puasa mengandung berbagai nilai pendidikan karakter, seperti nilai religius, nilai kejujuran, nilai sabar, nilai kedisiplinan, dan nilai syukur. Orang berharap bahwa puasa akan membantu mereka mengembangkan lebih banyak ketakwaan dan keimanan.

 

Kata kunci: Karakter, Pendidikan, Puasa

References

Andy, S. (2018). Hakikat Puasa Ramadhan Dalam Perspektif Tasawuf (Tafsir Q.S. Al-Baqarah: 183). IBN ABBAS: Jurnal Ilmu Al-Qur'an & Tasir, 1(1), 7.
Apryanto, S. (2022). Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Ibadah Puasa Serta Implikasi Terhadap Pembentukan Karakter. Jurnal Kependidikan Dan Sosial Keagamaan, 2614-2617.
Faridl, M. (2007). Puasa: Ibadah Kaya Makna. Jakarta: Gema Insani.
Hamzah, A. (2022). Metode Penelitian Keputusan (Library Research). Malang: Literasi Nusantara Abadi.
Jalil, A. (2012). Karakter Pendidikan Untuk Membentuk Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Islam.
Kementrian Pendidikan Nasional. (2010). Badan Penelitian dan Pengembangan Kurikulum Pengembangan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta.
Marimba, A. D. (1989). Pengantar Filsafat Pendidikan. Bandung: Al-Ma'arif.
Muhtadi, A. (2010). Strategi Implementasi Pendidikan Budi Pekerti yang Efektif di Sekolah. Jurnal Dinamika Pendidikan, 17(1), 32.
Mustoip, S., Japar, M., & MS, J. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter. Surabaya: CV Jakad Media Publishing.
Prastowo, A. (2011). Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Rusman, D. (2015). Metode Penelitian Al-Qur'an dan Tafsir. Bandung: CV. Pustaka Setia.
Saepuddin. (2019). Konsep Pendidikan Karakter dan Urgensinya dalam Pembentukan Pribadi Muslim Menurut Imam Al-Ghaazali. Bintan: STAIN SAR.
Shihab, M. Q. (2002). Tafsir Al-Misbah Jili I. Jakarta: Lentera Hati.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Sukring. (2016). Pendidik Dalam Pengembangan Kecerdasan Peserta Didik (Analisis Perspektif Pendidikan Islam). Tadris: Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah, 1(1), 76-75.
Sulhan, N. (2010). Pendidikan Berbasis Karakter. Yogyakarta: Jepe Press Media Utama.
Wibowo, G., Mukromin, & Fuadi, I. S. (2022). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Ibadah Puasa (Kajian Q.S. Al-Baqarah Ayat 183). Jurnal Al-Qalam, 1(1), 15-22.
Published
2023-06-27
Section
Articles