Prinsip Pengajaran dan Dakwah Al-Qur’an Menurut As-Sa’di

  • Ali al faatih Sekolah Tinggi Ilmu Ushuluddin Wadi Mubarak Bogor, Jawa Barat

Abstract

Penelitian ini menganalisis prinsip-prinsip pengajaran dan penyebaran Al-Qur'an menurut As-Sa'di dan penerapannya dalam dakwah. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan solusi untuk mengatasi amoralitas dan korupsi dalam masyarakat modern yang disebabkan oleh kesalahan dalam prinsip-prinsip pengajaran dan penyebaran Al-Qur'an. Tujuan utamanya adalah untuk menganalisis relevansi ajaran As-Sa'di dan prinsip-prinsip dakwah untuk memperbaiki kesalahan ini. Latar belakang penelitian ini menekankan pentingnya prinsip-prinsip pengajaran yang benar untuk memastikan pemahaman dan penerapan Al-Qur'an yang efektif dalam kehidupan sehari-hari, mengacu pada penafsiran As-Sa'di tentang Surah An-Nahl, ayat 125. Metode yang digunakan adalah analisis penafsiran Al-Qur'an As-Sa'di, dengan fokus pada ayat-ayat yang berkaitan dengan pengajaran dan dakwah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan prinsip-prinsip pengajaran As-Sa'di dapat meningkatkan pemahaman masyarakat tentang ajaran Al-Qur'an. Studi ini juga mengidentifikasi tantangan dalam pengajaran modern dan dakwah dan menawarkan solusi yang relevan berdasarkan metode As-Sa'di dan contoh praktis dari Al-Qur'an. Kesimpulannya, pengajaran yang mengikuti prinsip-prinsip As-Sa'di dapat meningkatkan efektivitas dakwah dan membantu para pendidik dan pendakwah dalam membimbing umat Islam menuju pemahaman yang lebih baik sesuai dengan ajaran Islam.

References

Abu Abdullah Muhammad bin Idris bin Abbas bin Utsman bin Syafi bin Abdul Muthalib bin Abdul Manaf al-Muthalibi al-Qurasyi al-Makki, Iman Asy-Syafi’i. Tafsir Imam Syafi’i. 3 ed. Dar at-Tadmuriyah arab saudi, 1427.
As-Sa’di, Abdurrahman bin Nashir. Taisir Al-Karim Ar-Rahman fi Tafsir Kalam Al-Mannan. Pertama. muassasah ar-risalah, 1431.
Atabik, Ahmad. “Pengaruh Mazhab Mufassir Terhadap Perbedaan Penafsiran.” Journal of Islamic Studies and Humanities 2, no. 1 (1 Juni 2017): 55–77. https://doi.org/10.21580/jish.21.2516.
Ayyasi, Hilmi Yahya, dan Acep Ariyadri. “Urgensi Dakwah Menurut Muḥammad ‘Abduh (Analisis Pendekatan Tafsir Maqāṣidī di dalam Tafsir al-Manār).” Izzatuna: Jurnal Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir 4, no. 2 (31 Desember 2023): 106–40. https://doi.org/10.62109/ijiat.v4i2.46.
Az-Zuhaili., Wahbah Musthafa. Tafsir al-Munir fi al-‘Aqidah wa al-Syari’ah wa al-Manhaj. Pertama. Vol. 32. darul fikri damaskus, suriah, 1431.
Dariyanto, Dariyanto. “Prinsip Pembelajaran Dalam Al-Qur’an.” ZAD Al-Mufassirin 4, no. 1 (30 Juni 2022): 82–109. https://doi.org/10.55759/zam.v4i1.36.
“Hasil Pencarian - KBBI VI Daring.” Diakses 1 Desember 2024. https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/dakwah.
Ibn Qayyim Al-Jawziyyah (w. 751 H), Muhammad bin Abi Bakar bin Ayyub bin Sa’d Shamsuddin. Tafsir Al-Qur’an Al-Karim. Pertama-1410 H. Beirut: Dar wa Maktabah Al-Hilal-beirut, 1431.
Ibnu ’Asyur, Muhammad At-Tahir. Tafsir Ibnu ’Asyur At-Tahrir wa At-Tanwir. Vol. 30. 8 vol. Tunisia: Al-Dar Al-Tunisiyyah lil-Nashr, 1984.
Ibnu Jarir Ath-Thobari, Abu Ja’far. Tafsir Ath-Thobari Jami’ al-Bayan. Pertama. Vol. 26. Kairo, Mesir: Dar Hijr lit-Tiba’ah wa an-Nashr wa at-Tawzi’ wa al-I’lan, 1422.
Ibnu Katsir, abu fida’ Ismail bin Umar bin Katsir al-Qurasyi ad-Dimasyqi. Tafsir al-Qur’an al-’Azim. 2 ed. Vol. 8. riyadh, arab saudi: Dar Thaybah lin-Nashr wat-Tauzi’, 1431.
Jannah, Tilkal dan Sohib Syayfi. “Kajian Amtsal Al-Qur’an: Analisis Perumpamaan Pohon Sebagai Kalimah Thayyibah Dalam Qs. Ibrahim: 24-27.” Izzatuna: Jurnal Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir 5, no. 1 (30 Juni 2024): 26–40. https://doi.org/10.62109/ijiat.v5i1.77.
“Metode Penelitian Kualitatif dan pustaka,” t.t.
Muhammad Al-Jauzi (w. 597 H), Jamaluddin Abu Al-Faraj Abdul Rahman bin Ali bin. Zad Al-Masir fi ’Ilm Al-Tafsir. Pertama-1422 H. beirut, Lebanon: Dar Al-Kitab Al-Arabi - Beirut, 1431.
Mustaqim, Abdul. Metode Penelitian Al-Qur’an dan Tafsir. Idea Press, Yogyakarta, 2019. http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32327.
Qurtubi, Abu Abdullah al-, Muhammad bin Ahmad al-Ansari. Al-Jami’ li Ahkam al-Qur’an. Kedua. 10 volume vol. kairo, mesir: Dar al-Kutub al-Misriyah - Kairo, 1384.
Shunhaji, Akhmad. “Metode Pengajaran Karakter Berbasis Al-Qur’an.” Mumtaz: Jurnal Studi Al-Qur’an dan Keislaman 1, no. 1 (14 Oktober 2019): 35–52. https://doi.org/10.36671/mumtaz.v1i1.3.
“TIGA KONSEP PENDIDIKAN MENURUT AL-QUR’AN,” t.t.
Universitas Islam Sumatera Utara, Medan, Wagiman Manik, Achyar Zein, dan Universitas Islam Sumatera Utara, Medan. “Pemikiran Pendidikan Asy-Syaikh As-Sa‘di dalam Tafsir Taysir Al-Karim Ar-Rahman Fi Tafsir Kalam Al-Mannan.” Intiqad: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam 11, no. 2 (30 Desember 2019): 415–34. https://doi.org/10.30596/intiqad.v11i2.3688.
“wawasan al-qur’an tentang pendidikan dan pengajaran,” t.t.
Published
2025-07-14