INOVASI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI DYNAMIC ENGLISH COURSE FLAMBOYAN NINE (DEC-FN) DAN LEMBAGA KURSUS BAHASA ARAB AL-FARISI PARE, KEDIRI, JAWA TIMUR

  • Promadi Promadi Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim Riau
  • Rusdi Rusdi Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim Riau
  • Dadang Firdaus Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim Riau
  • Jonri Kasdi Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim Riau
Keywords: Inovasi cara mengajar, cara belajar, internalisasi, lingkungan berbahasa, dan cara mengajar provokatif

Abstract

Inovasi pembelajaran bahasa merupakan upaya yang dilakukan seorang pengajar bahasa untuk mendapatkan metode pembelajaranyang pas, dan merupakan bentuk stimulus yang dapat menentukan kualitas cara dan hasil belajar siswa. Cara siswa belajar juga dapat memperkuat kualitas hasil belajar mereka.selain itu proses internalisasi dengan lingkungan juga menentukan keberhasilan dalam mengaplikasikan pengetahuan dan ketrampilan. Penelitian ini bertujuan mengungkap keunikan cara mengajar, cara belajar, dan cara memanfaatkan lingkungan untuk memperkuat hasil belajar Bahasa Inggris dan Arab di Kampung Iggris Pare Kediri Jawa Timur. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan menggunakan teknik observasi partisipan, wawancara mendalam serta  dokumentasi. Sumber data adalah pimpinan beserta guru, siswa dan masyarakat sekitar lembaga kursus DEC-FN dan Al-Farisi. Hasil yang ditemukan bahwa cara guru dalam mengajar sangat demokratis dengan menggunakan metode variatif yang cenderung provokatif agar siswa banyak praktek berbahasa selama proses pembelajaran. Cara siswa belajar adalah dengan berpartisipasi aktif dengan keterlibatan penuh jiwa dan raga secara komprehensif.Cara pemanfaatan lingkungan berbahasa sangat terkait dengan kebutuhan dua pihak, yaitu kebutuhan akademis  siswa dan kebutuhan ekononis para pelaku bisnis. Ketiga carainilah yang membuat kampung Inggris menjadi kiblat dalam belajar Bahasa Asing di Dunia.

Published
2022-12-21