Pesan Dakwah Ustadzah Oki Setiana Dewi Dalam Ceramah Youtube

  • Abid Nurhuda UIN Raden Mas Said Surakarta
Keywords: Pesan, Oki Setiana Dewi, Ceramah Youtube

Abstract

Komunikasi merupakan bagian penting dari kehidupan sosial manusia, Salah satu aspek dari bagian tersebut yang selalu berkaitan erat dengan bahasa ialah dakwah yang berarti menyampaikan pesan kepada orang lain agar mempraktikan ajaran dalam kehidupan sesuai dengan Al-Qur’an dan Al-Hadits. Berdakwah di zaman sekarang dapat berkembang dengan cepat, terlebih didukung oleh kemahiran teknologi sehingga bermetamorfosis secara hebat dan bisa dilakukan melalui media internet hingga tersebar ke seluruh penjuru dunia. Salah satunya adalah situs Youtube milik Ustadzah Oki Setiana Dewi dengan judul “Ceramah Lebih Panjang Oki Setiana Dewi | Jangan Ceritakan Aib Pasangan Di Sosmed” yang diunggah pada 03 Februari 2022, sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan terkait pesan-pesan dakwah dari Beliau dalam ceramah youtube tersebut. Metode yang digunakan ialah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan datanya observasi dan dokumentasi lalu disimak, dicatat serta dianalisis isi kandungannya untuk disimpulkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa Pesan-Pesan Dakwah Ustadzah Oki Setiana Dewi Dalam Ceramah Youtube antara lain pesan aqidah/ keimanan yang berkaitan dengan kriteria wanita yang dirindukan surga, lalu pesan syariat’ yang mana berkaitan dengan ibadah dan mu’amalah dan terakhir adalah pesan akhlaq

References

Aziz, M. A. (2004). Ilmu Dakwah.Jakarta: Kencana Prenada Media Group.Bambang, S. M. (2010). Komunikasi Dakwah .Bandung: Simbiosa Rekatama Media.Basith, A. (2017). Filsafat Dakwah.Depok: Rajawali Press.Cahyono, G., & Hassani, N. (2019). Youtube Seni Komunikasi Dakwah Dan Media Pembelajaran. AL-HIKMAH: Jurnal Dakwah, Volume 13, Nomor 1, 23-38.Cangara, H. (2006). Pengantar Ilmu Komunikasi.Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.Faizah, & Effendi, M. (2006). Psikologi Dakwah.Jakarta: Kencana Prenata Media Group.Hasanuddin. (2005). Manajemen Dakwah.Jakarta: UIN Jakarta Press.Hefni, H. (2015). Komunikasi Islam.Jakarta: Pranadamedia Group.

Ilahi, W. (2010). Komunikasi Dakwah .Bandung: PT Remaja Rosdakarya .Munir, M., & Ilahi, W. (2006). Manajemen Dakwah.Jakarta: Kencana Prenada Media Group.Saerozi. (2013). Ilmu Dakwah .Yogyakarta: Penerbit Ombak.Sambas, S. (2004). Komunikasi dan PenyiaranIslam.Bandung: Benang Merah Press.Saputra, W. (2012). Pengantar Ilmu Dakwah.Jakarta: Raja Grafindo Persada.Sugiono. (2017). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.Bandung: Alfabeta.Sukayat, T. (2009). Quantum Dakwah.Jakarta: Rineka Cipta.Sumadi, E. (2016). Dakwah Dan Media Sosial: Menebar Kebaikan Tanpa Diskrimasi. AT-TABSYIR: Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam. Vol. 4, No. 1 Juni , 173-190.Syarif H, F. (2011). Menjadi Da’i yang Dicintai.Jakarta: PT Gramedia Pustaka.Ummah, A. H., & dkk. (2020). PODCAST SEBAGAI STRATEGI DAKWAH DI ERA DIGITAL: ANALISIS PELUANG DAN TANTANGAN. Komunike, Volume XII, No. 2 Desember, 210-234.

Published
2022-06-30
Section
Articles