https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/eduglobal/issue/feedEdu Global : Jurnal Pendidikan Islam2024-10-03T17:32:35+00:00Edu Global[email protected]Open Journal Systems<p>Edu Global: Jurnal Pendidikan Islam adalah jurnal akademik yang didirikan pada tahun 2020 sebagai bagian dari junal STAIN Mandailing Natal. Edu Global didedikasikan untuk publikasi artikel ilmiah dengan berfokus pada penelitian kajian Pendidikan Islam.</p> <p>Edu Global: Jurnal Pendidikan Islam menyambut baik kontribusi artikel, penelitian, seperti bidang kajian Kurikulum Pendidikan Islam, sejarah, filsafat, pengembangan, dll.</p> <p>Edu Global: Jurnal Pendidikan Islam saat ini sedang mengajukan akreditasi dan beberapa sitasi lainnya dalam pengembangan jurnal ke depannya</p>https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/eduglobal/article/view/1873ANALISIS NILAI KEISLAMAN DALAM TRADISI AGYI AYO ONAM (ZIARAH KUBUR) DI BANGKINANG2024-10-03T17:31:18+00:00Yogi Nastiar[email protected]Annisa Rahma[email protected]Halim Karnalis [email protected]Nurul Syafia Ulfa [email protected]Aldeva Ilhami[email protected]<p style="text-align: justify;">Latar belakang penelitian ini mengenai tradisi perayaan Aghi ayo onam pada masyarakat Kecamatan Bangkinang. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan tradisi Perayaan Aghi Ayo Onampada masyarakat Kecamatan Bangkinang dan menganalisis nilai keislaman dalam Tradisi Perayaan Aghi Ayo Onam pada masyarakat Kecamatan Bangkinang.Teknik pengumpulan data di penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Responden di penelitian ini adalah 6 orang yaitu: 1 orang ninik mamak,1 orang lembaga adat kampar, 1 orang budayawan, 1 orang masyarakat kecamatan bangkinang, dan 2 orang perantau asal bangkinang. Teknik analisis data dalam penelitian ini metode kualitatif. Hasil penelitian ini adalah terjadi perubahan pada rangkaian tradisi aghi ayo onam, serta antusias masyarakat saat ini berubah dan menurun. Terdapat 2 faktor penyebab perubahan ini, yaitu: faktor eksternal dan faktor internal. Faktor eksternalnya adalah pengaruh dari budaya lain dan faktor internalnya yaitu: penemuan baru serta bertambah dan berkurangnya jumlah penduduk.</p>2024-07-30T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Yogi Nastiar, Annisa Rahma, Halim Karnalis, Nurul Syafia Ulfa, Aldeva Ilhamihttps://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/eduglobal/article/view/1595EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA VISUAL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP SISWA SMA NEGERI 4 KOTA SUNGAI PENUH2024-10-03T17:31:43+00:00Soffia Sintiya[email protected]Renny Aprianita[email protected]Rifana Listri Yanti[email protected]Zahratul Nur Fadhila[email protected]Netra Oktapia[email protected]Wela Listari[email protected]Fifin Alya Fitri[email protected]Eline Yanty Putri Nasution[email protected]<p style="text-align: justify;">Pendidikan merupakan keharusan bagi setiap manusia, karena pendidikan merupakan akar dari peradaban sebuah bangsa. Pendidikan sekarang telah menjadi kebutuhan pokok yang harus dimiliki setiap orang agar dapat menjawab tantangan kehidupan. Pendidikan pada dasarnya merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan manusia. Dari mulai lahir (sejak dari buaian), manusia senantiasa belajar yang terjadi di sekitarnya, hingga manusia lanjut usia bahkan meninggal dunia. Media pembelajaran merupakan salah satu komponen yang tidak diabaikan dalam mengembangkan sistem pengajaran yang sukses. bahan pengajaran yang di manipulasikan dalam bentuk media pembelajaran menjadikan belajar sambil bermain dan bekerja dengan digunakannya suatu media pembelajaran dalam belajar akan lebih menyenangkan siswa dan sudah tentu pengajaran akan benar-benar bermakna. Visual dapat menyuguhkan elaborasi yang menarik tentang struktur atau organisasi suatu hal, sehingga juga memperkuat ingatan. Media visual dapat menumbuhkan minat siswa dan memperjelas hubungan antara isi materi pembelajaran dengan dunia nyata. SMAN 4 Sungai Penuh merupakan salah satu lembaga pendidikan di kota sungai penuh, keunggulan SMAN 4 Sungai Penuh ini karena dilihat dari banyaknya prestasi yang diperoleh siswa, sarana dan prasarananya yang memadai serta jumlah siswa yang begitu banyak baik minat masuk maupun output yang dihasilkan. Artikel ini memaparkan bagaimana keefektifan penggunaan media visual di SMA Negeri 4 Sungai Penuh. Penggunaan media visual sendiri terbukti mampu meningkatkan pemahaman peserta didik materi atau pelajaran yang diberikan serta mampu memecahkan masalah secara kolektif. Artikel ini ditulis dengan Metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner. Responden pada penelitian ini adalah 32 peserta didik di Kelas X B SMA Negeri 4 Sungai Penuh. Data dianalisis dengan teknik kualitatif. Berdasarkan hasil kuisioner, 61 % responden menyatakan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media visual cukup efektif.</p>2024-07-30T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Soffia Sintiya, Renny Aprianita, Rifana Listri Yanti, Zahratul Nur Fadhila, Netra Oktapia, Wela Listari, Fifin Alya Fitri, Eline Yanty Putri Nasutionhttps://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/eduglobal/article/view/1590OBJEK EVALUASI HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ANALISIS TAKSONOMI BLOOM (KOGNITIF, AFEKTIF, PSIKOMOTORIK)2024-10-03T17:32:07+00:00Rizky Pratama Putra[email protected]<p style="text-align: justify;">Ranah kognitif, afektif dan psikomotorik sebagai objek dalam mengevaluasi hasil belajar pendidikan agama islam. Penelitian ini merupakan penelitian literatur dengan metode pengumpulan data dokumenter dan analisis mengunakan analisis konten. Hasil penelitian menyatakan: Evaluasi hasil belajar PAI analisis Benjamin S. Bloom bahwa hasil belajar dapat dikelompokan ke dalam tiga domain yaitu kognitif, afektif, dan psikomotorik. Ranah kognitif Adalah ranah yang mencakup kegiatan mental (otak). Secara hirarkhi tingkat hasil belajar kognitif mulai dari yang paling rendah dan sederhana sampai yang tinggi dan rumit. Ranah kognitif ini dibagi menjadi enam antara lain: pengetahuan, pemahaman, penerapan, analisis, sintesis dan evaluasi. Ranah afektif Adalah internalisasi sikap yang menunjukan kearah pertumbuhan batiniyah dan terjadi bila peserta didik sadar tentang nilai yang diterima kemudian mengambil sikap sehingga menjadi bagian dari dirinya dalam membentuk nilai dan menetukan tingkah laku. Ranah psikomotorik adalah ranah yang berkaitan dengan keterampilan (skill) atau kemampuan bertindak setelah seseorang menerima pengalaman belajar tertentu. Objek evaluasi hasil belajar PAI yaitu semua sasaran evaluasi yang meliputi aspek kemampuan (ranah psikomotorik) , aspek kepribadian (ranah kognitif), aspek sikap (ranah afektif ). Subjek evaluasi hasil belajar PAI adalah pelaku evaluasi seperti guru, kepala sekolah ataupun dosen ruang lingkup evaluasi hasil belajar yaitu domain hasil belajar, sistem pembelajaran, proses dan hasil belajar, serta kompetensi.</p>2024-07-30T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Rizky Pratama Putrahttps://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/eduglobal/article/view/821PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK FASE DEWASA DALAM PROSES PEMBELAJARAN PADA LEVEL PERGURUAN TINGGI2024-10-03T17:32:24+00:00Nabitaelfa Zihar[email protected]<p style="text-align: justify;">The learning process is an interaction activity between teachers and students. Students as the center of education are required to be more active in teaching and learning activities, one of which is by responding to the material presented by the teacher. In the adult phase, the development of students in the learning process goes through an ups and downs phase, which often creates an imbalance. Therefore, researchers conducted a study that aims to find out what developments appear in the adult phase of students. Given that the relationship between lecturers and students is very closely related, lecturers and students must be able to understand each other to achieve the goals that have been designed at the beginning of the semester. This study uses descriptive quantitative research methods, using the questionnaire method as a method of data collection.</p>2024-07-30T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Nabitaelfa Ziharhttps://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/eduglobal/article/view/1720PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM IMPLEMENTASI PROGRAM GA3 (GERAKAN ASAH, ASIH, ASUH) PADA PENGEMBANGAN KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 5 SIDOARJO 2024-10-03T17:32:35+00:00Rochilah Ilmil Hikmah Rochil[email protected]<p style="text-align: justify;">Penelitian ini memiliki tujuan yakni untuk mengetahui bagaimana implementasi program GA3 serta peran dari guru PAI dalam potensi mencapai tujuan dari program GA3 pada pengembangan kedisiplinan peserta didik di SMPN 5 Sidoarjo. Pada penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yang mana data akan diperoleh dari hasil observasi, wawancara, serta dokumentasi dengan menggunakan metode keabsahan data yakni cara triangulasi melalui proses data reduction (Reduksi data), data display (Penyajian data) dan verification/conclusion drawing (Verifikasi/penarikan kesimpulan). Hasil dari penelitian telah menunjukkan bahwa terdapat beberapa tahap yang dilalui dalam proses implementasi program GA3, diantaranya yakni rancangan (merancang program kegiatan), persetujuan (validasi program ke guru pendamping), aksi (penerapan program kegiatan), unggah (merekam atau mengabadikan kegiatan diupload pada aplikasi sekolah), goal (program sukses dan bermanfaat), reward (pemberian penghargaan pada kelompok yang memperoleh poin tertinggi). Dengan adanya poin tersebut mampu meningkatkan jiwa kedisiplinan pada siswa, sebab secara tidak langsung peserta didik merasa terdorong untuk senantiasa mematuhi peraturan sekolah terutama juga kegiatan yang berkaitan dengan keagamaan dengan sebaik-sebaiknya, selain itu peserta didik juga mampu menerapkan tutor sebaya dan saling mengasihi satu sama lain tidak pandang jenjang kelas yang ia posisikan. Dalam hal inilah guru memiliki peran penting terutama guru mata pelajaran PAI, sebab guru PAI memiliki peran untuk memberikan pembelajaran yang berhubungan dengan makna kedisiplinan serta pembentukan akhlak yang baik terhadap peserta didik. Kata Kunci: Peran Guru PAI, Program GA3, Kedisiplinan Peserta Didik</p>2024-07-30T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Rochilah Ilmil Hikmah Rochil