PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH ASURANSI JIWA PADA MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS PT ASURANSI JIWA SYARIAH BUMI PUTERA CABANG MEDAN)

  • Dita Marisa Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Tuti Anggraini Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Rahmi Syahriza Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
Keywords: Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance, Empaty and customer satisfaction

Abstract

This study aims to determine the effect of service quality on life insurance customer satisfaction during the Covid-19 pandemic (a case study of PT Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera Medan Branch), with a sample size of 88 customers. The type of data used in this research is quantitative data. The data collection technique used is through a questionnaire. Analysis prerequisite tests include normality test, multicollinearity test, and heteroscedasticity test. Data analysis techniques using the t test, f test, multiple linear regression and test the coefficient of determination.The results showed that (1) there was a positive and significant effect of Tangible indicators on Customer Satisfaction of Life Insurance PT Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera Medan Branch of 29.2%, (2) there was a positive and significant effect of Guarantee indicators on Customer Satisfaction of Life Insurance of PT Asuransi Jiwa Bumiputera Sharia Medan Branch of 37.9%, (3) there is a positive and significant effect of the Empaty indicator on Life Insurance Customer Satisfaction PT Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera Medan Branch of 33.8%, (4) no significant effect on the Reliability indicator on Customer Satisfaction Life Insurance PT Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera Medan Branch of -0.99%, (5) does not significantly influence the response indicator to Customer Satisfaction Life Insurance PT Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera Medan Branch -0.33% (6) there is a positive and significant influence Tangible Evidence, Reliability, Response, Guarantee, and Empathy for Life Insurance Customer Satisfaction During the Covid-19 Pandemic PT Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera Medan Branch with Fhitung 34,901.

References

Adam, Muhammad. 2015. Manajemen Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
Afriani, Nini. 2014. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasaan Konsumen Pada Salon Natural Pekanbaru.” Andalas.
Anggraini, Tuti. 2021. “Restrukturisasi Pembiayaan Dimasa Pandemi Covid-19 Pada PT Bank Sumut KCP Syariah Kisaran.” JRAMB 7 (1)
Arifin, Johan. 2009. Etika Bisnis Islam. Semarang: Walisongo Press.
Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multi Variate Dengan Program SPSS. Semarang: Universitas Diponegoro.
Hery. 2019. Manajemen Perbankan. Jakarta: PT Grasindo.
Ikhsan, Arfan. 2014. Metologi Penelitian Bisnis Untuk Akuntansi Manajemen. Medan: Citapustaka.
Iqbal, Muhammad. 2007. Mendongkrak Kinerja Bisnis Bengkel. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
KBBI. 1989. Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan. Ke-2. Jakarta: Balai Pustaka.
Moenir. 2006. Manajemen Pelayanan Umum Di Indonesia. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Nursalam. 2013. Metode Penelitian. Jakarta: Salemba Medika.
Octavia, Ria. 2019. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah PT Bank Indeks Lampung.” Jurnal Manajemen Pemasaran 13 (1)
Prasastono, Ndaru dan Sri Yulianto Fajar Pradapa. 2012. “Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasaan Konsumen Kentucky Fried Chicken Semarang Candi.” Jurnal Dinamika Parawisata 11 (2)
Raharja, Tri Aryawan. 2014. “Analisis Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Dan Nilai Pelanggan Terhadap Kepuasan Pelanggan PT Prudential Life Assurance Semarang.” Diponegoro.
Rahmani, Nur Ahmadi Bi. 2016. Medodelogi Penelitian Ekonomi. Medan: FEBI UIN-SU Press.
Rasidi, Ghofur Abdul. 2019. “Pengaruh Lokasi Reigiusitas Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Nasabah Dalam Produk Tabungan Islamic (IB) Dhuha Haji Di PT Bank Riau Kepri Capem Plamboyan.” UIN Sultan Syarif Kasim Riau.
Rovlin, Eddy. 2021. Pengelolaan Dan Penyajian Data Penelitian Bidang Kedokteran. Jateng: NEM Anggota IKAPI.
Suharyadi, Purwanto. 2004. Statistik Untuk Ekonomi Dan Keuangan Modern. Jakarta: Salemba Empat.
Sula, Syakir Muhammad. 2004. Asuransi Syariah. Jakarta: Gema Insani.
Suma, Amin M. 2006. Asuransi Syariah Dan Asuransi Konvensional. Jakarta: Kholam Publishing.
Syahbudi, Muhammad. 2022. “Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Pengunjung Perpustakaan Badan Pusat Statistik Kabupaten Deli Serdang.” Jurnal Ilmiah Bidang Sosial Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan 1 (4): 405.
Syahriza, Rahmi. 2022. “Peran Pelayanan Dan Produk Bagi Minat Masyarakat Dalam Mengakses Asuransi TermLife Di Organisasi SunLife Cabang Kapten Jumhana.” Jurnal Penelitian Administrasi Publik 2 (3): 5.
Tjiptono, Fandy. 2004. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi.
Wahyudi, Bobi. 2022. “Kepuasan Nasabah Terhadap Kualitas Pelayanan Nasabah PT Bank Rakyat Indonesia Unit Tanjung Batu Cabang Kayu Agung Pada Masa Pandemi Covid-19.” JIMPA 2 (1): 103–12.
Walujo, Adi Djoko. 2020. Pengendalian Kualitas. Surabaya: Scopindo Media Pustaka.
Wiraharja, Satya Regina. 2020. Peranan Ilmu Kesehatan Masyarakat Dalam Pennggulangan Covid-19. Jakarta: Universitas Katolik Indonesia Atmajaya.
Yurianto, Octo Andre. n.d. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Nasabah Asuransi Unit Link PT Prudential Asurance Semarang).” Jurnal Administrasi Bisnis X (X): 756.
Yusrizal, & Lubis, F.A. 2020. Potensi Asuransi Syariah di Sumatera Utara. JurnalEkonomi Dan Bisnis Islam, 7.
Published
2023-12-29
How to Cite
Dita Marisa, Tuti Anggraini, & Rahmi Syahriza. (2023). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH ASURANSI JIWA PADA MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS PT ASURANSI JIWA SYARIAH BUMI PUTERA CABANG MEDAN). EKSYA : Jurnal Ekonomi Syariah, 4(2), 107-124. https://doi.org/10.56874/eksya.v4i2.1227