FENOMENA FOMO (FEAR OF MISSING OUT) DALAM INVESTASI (STUDI KASUS MAHASISWA UIN SUMATERA UTARA)

  • Agung Nugraha Agung UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUMATERA UTARA
  • Vidia Dhiawy Hasmar Sitorus Vidia
  • Dini Lestasi Dini
Keywords: Fenomena FOMO, Generasi Z, Investasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat  beberapa masalah yang timbul tentang dampak FOMO dalam investasi yang terjadi pada generasi milenial zaman sekarang.  Terlalu berlebihan dalam menggunakan internet juga dapat membuat seseorang mengalami kecanduan untuk bermain media sosial dan dapat menimbulkan fenomena FOMO dalam dirinya karena terlalu mengikuti trend yang terjadi. FOMO juga dapat menjadi penghambat seseorang dalam melakukan investasi dikarenakan Jika sudah mengalami fenomena FOMO ini, maka tidak menutup kemungkinan bahwa individu tersebut akan lebih boros dalam mengelola keuangannya karena takut ketinggalan zaman sehingga membuat dirinya untuk terus update baik itu dalam hal berpakaian maupun bergaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk menerangkan dan menjelaskan secara jelas tentang suatu permasalahan. Penelitian ini menggunakan instrument penelitian berupa kuisioner yang ditujukan untuk mahasiswa UIN sumatera utara. Adapun jumlah respondennya ialah berjumlah 50 responden. Penyebab paling besar yang membuat seseorang mengalami sindrom FoMO yaitu karena penggunaan media sosial yang berlebihan dikalangan remaja saat ini. Dapat dilihat bahwa para remaja zaman sekarang sudah mulai terpapar oleh teknologi yang semakin canggih seperti smartphone.

References

Alfan, A. T., Proyoga, E. R., Dharmawan, W. R., Silalahi, R., Islam, U., Sumatera, N., & Sosial, M. (n.d.). PRILAKU INVESTASI DAN PENGGUNA MEDIA SOSIAL : FOMO DAN KETERBUKAAN DIRI.
Christina, R., Yuniardi, M. S., & Prabowo, A. (2019). Hubungan Tingkat Neurotisme dengan Fear of Missing Out (FoMO) pada Remaja Pengguna Aktif Media Sosial. Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(2), 105–117. https://doi.org/10.23917/indigenous.v4i2.8024
Dewi, N. K., Hambali, I., & Wahyuni, F. (2022). Analisis intensitas penggunaan media sosial dan social environtment terhadap perilaku. Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa, 5(1), 11–20.
Lara, G., Syaipudin, U., & Widiyanti, A. (2022). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat generasi Z untuk berinvestasi di pasar modal. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 5(1), 418–432. https://doi.org/10.32670/fairvalue.v5i1.1892
Purnomo, A., Asitah, N., Rosyidah, E., Septianto, A., Daryanti, M. D., & Firdaus, M. (2019). Generasi Z sebagai Generasi Wirausaha. 1–4. https://doi.org/10.31227/osf.io/4m7kz
Rahardjo, L. K. D., & Soetjiningsih, C. H. (2022). Fear of Missing Out (FOMO) dengan Kecanduan Media Sosial pada Mahasiswa. Bulletin of Counseling and Psychotherapy, 4(3), 460–465. https://doi.org/10.51214/bocp.v4i3.328
Saputra, R. (2020). Analisis Faktor Investasi Pada Mahasiswa Generasi Z Di Bandung. Jurnal Ilmu Keuangan Dan Perbankan (JIKA), 9(1), 41–57. https://doi.org/10.34010/jika.v9i1.2679
Viana, E. D., Febrianti, F., & Dewi, F. R. (2022). Literasi Keuangan, Inklusi Keuangan dan Minat Investasi Generasi Z di Jabodetabek. Jurnal Manajemen Dan Organisasi, 12(3), 252–264. https://doi.org/10.29244/jmo.v12i3.34207
Published
2023-06-30
How to Cite
Agung, A. N., Vidia, V. D. H. S., & Dini, D. L. (2023). FENOMENA FOMO (FEAR OF MISSING OUT) DALAM INVESTASI (STUDI KASUS MAHASISWA UIN SUMATERA UTARA). EKSYA : Jurnal Ekonomi Syariah, 4(1), 173-183. https://doi.org/10.56874/eksya.v4i1.1024