ETIKA DALAM PERSPEKTIF MANAJEMEN BISNIS SYARIAH

  • Faisal Affandi
  • Melda Diana Nasution STAIN MANDAILING NATAL
Keywords: Etika, Bisnis Islam, Perekonomian Indonesia

Abstract

Berbicara tentang etika, maka pikiran akan langsung tertuju pada sesuatu hal dasar baik dan buruk yang menjadi referensi pengambilan keputusan setiap individu sebelum melakukan serangkaian kegiatan termasuk di dalamnya kegiatan bisnis. Ketatnya persaingan di era globalisasi saat ini membuat para pelaku bisnis tampaknya lebih memilih jalan pintas dengan meninggalkan nilai etis asalkan mendapatkan keuntungan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana etika dari sisi perspektif manajemen bisnis syariah serta bagaimana aplikasi etika bisnis Islam dalam perekonomian Indonesia saat ini. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan kajian kepustakaan (library research), yaitu mengkaji sumber-sumber tertulis dari berbagai rujukan pustaka, yang dilakukan dengan cara mengumpulkan data, kemudian menelaah dan menganalisis data yang diperoleh dari berbagai sumber tertulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, etika dalam perspektif manajemen bisnis syariah merupakan kajian tentang standar nilai-nilai etika yang berdasarkan syariah yang menjadi pedoman atau acuan bagi setiap pelaku bisnis di dalam menjalankan seluruh aktivitas bisnisnya. Pengaplikasian etika bisnis Islam dalam dunia bisnis di Indonesia dilakukan dengan tujuan agar tidak terjadi pebisnis dengan modal besar mengintimidasi pebisnis dengan modal kecil baik secara langsung maupun tidak langsung. Pemerintah Indonesia menyikapi hal tersebut dengan mengeluarkan berbagai kebijakan atau peraturan pemerintah untuk mencegah terjadinya ketimpangan dalam perekonomian Indonesia.

Published
2022-12-30
Section
Articles