MEASURING ISLAMIC WORK VALUE EFFECT ON EMPLOYEE PERFORMANCE COMMITMENT AROMA BAKERY AND CHAKE PANYABUNGAN
Abstract
Dalam era industri globalisasi, persaingan semakin ketat baik perusahaan jasa maupun manufaktur, tidak terkecuali untuk bisnis seperti industri roti dan kue. Salah satu faktor penyebab SDM dapat bersaing dan dapat membantu perusahaan dalam mencapai tujuannya adalah kinerja yang baik dari setiap tenaga kerja tersebut. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perkembangan inovasi produk makanan yang ditawarkan dan juga meningkatkan pelayanan, sehingga dapat memenuhi selera atau keinginan konsumen dan juga dapat diterima oleh konsumen yang pada akhirnya dapat meningkatkan frekuensi pembelian konsumen secara maksimal.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Aspek kuantitatif dilakukan dengan menggunakan metode Smart-PLS dan tes Sobel. Sampel dari penelitian ini adalah karyawan Aroma Bakery and Chake Panyabungan sejumlah 14 orang. Komitmen karyawan ini memberikan pengaruh positif terhadap kinerja perusahaan. Dalam penelitian ini juga didapatkan bahwa pengaruh islamic work value secara langsung terhadap komitmen afektif lebih besar nilainya daripada melalui kepuasan kerja islami. Hal ini menunjukkan bahwa kepuasan kerja yang dirasakan oleh karyawan tidak memberikan efek yang berarti terhadap komitmen afektif.