PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA WEDDING ORGANIZER TIGA PUTRI PAYAKUMBUH
Abstract
Tiga Putri Wedding Organizer merupakan salah satu jasa wedding yang cukup terkenal di Kota Payakumbuh memiliki berbagai macam Wedding Package untuk memudahkan serta meringankan konsumen dalam merealisasikan acara lamaran maupun pesata pernikahan yang di inginkan. Berdasarkan penelitian, peneliti menemukan beberapa permasalah yang berkaitan dengan kepuasan konsumen yang di sebabkan oleh kualitas pelayanan yang kurang optimal. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui mengenai pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen Tiga Putri Wedding Organizer. Metode penelitian yang di gunakan yaitu metode kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif, teknik pengumpulan data, meliputi: primer dengan observasi non partisipan, wawancara terstruktur, dan kuesioner (angket) kepada 35 responden, sedangkan sekunder diperoleh dari penelitian terdahulu, meliputi; jurnal, artikel, dan buku, teknik analisis data meliputi: uji validasi instrumen, uji reabilitas, regresi linier sederhana, analisis korelasi rank sperman, analisis koefisien determinasi dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil data yang diperoleh dalam penelitiam ini terdapat pengaruh positif pada variabel kualitas pelayanan terhadap variabel kepuasan konsumen yaitu, sebesar 71.5%. Sedangkan sisanya sebesr 28.5 % yang di tentukan oleh faktor-faktor lain diluar penelitian yang tidak teridentifikasi. Saran yang dapat peneliti kemukakan yaitu, sebaiknya Tiga Putri Wedding Organizer dapat meningkatkan kualitas serta pelayanan baik itu internal maupun eksternal yang mampu meningkatkan kepuasan pada konsumen Tiga Putri Wedding Organizer.