OPTIMALISASI PEMANFAATAN REVOLUSI INDUSTRI 4.0 SEBAGAI MEDIA PENINGKATAN PRODUKTIVITAS PETERNAK AYAM MENDUKUNG INDONESIA EMAS 2045
Abstract
Indonesia merupakan negara dengan kekayaan sumber daya yang banyak, mulai dari sektor industri, pertanian, pariwisata dan aspek lain. Aspek pertanian khususnya peternakan yang saat ini memberikan manfaat namun ternyata memiliki masalah baru. Masalah tersebut berupa rendahnya harga jual hasil ternak khususnya ayam. Saat ini, harga ayam dipasar sangat rendah bahkan baru-baru ini menteri perdagangan Enggartiasto Lukita menghimbau kepada peternak ayam untuk membagikan ayam gratis karena tidak layaknya harga jual ayam. Masalah ini dapat diatasi melalui budidaya dengan baik dan menentukan pasar yang optimal. Salah satu caranya adalah dengan pemanfaatan teknologi untuk memberikan informasi harga diantara peternak dan meningkatkan kualitas ayam untuk meraih pemasaran, serta memutuskan rantai pemasaran agar peternak lebih bisa mendapatkan harga jual yang tinggi. Hal ini didukung dengan peran mahasiswa yang memberikan edukasi mengenai penjelasan menggunakan informasi untuk memperkenalkan produk dan bagaimana membuat produk yang dimiliki mempunyai kelebihan. Tulisan ini diperoleh dari pengumpulan data sekunder dari berbagai sumber. Data dari Kementerian Komunikasi dan Informasi, bahwa telah diperkirakan pada 2018 jumlah pengguna aktif smartphone di Indonesia lebih dari 100 juta orang. Peluang besar ini dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan pendapatan melalui informasi yang diperoleh dari media sosial tersebut. Karena pada saat ini jika mengikuti alur pemasaran yang pernah ada yaitu dari peternak ke pengecer terus baru ke konsumen, harga jual untuk peternak kecil jika dihitung dari produksi yang dilakukan. Jadi dengan pemanfaatan teknologi, alur pemasaran lebih pendek sehingga peternak bisa langsung menjual ke pelanggan tanpa perantara dengan harga yang lebih tinggi.