PENGUATAN SEKOLAH PENGGERAK DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI
Abstract
Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memperkuat peran sekolah sebagai agen perubahan melalui implementasi pendekatan pembelajaran berdiferensiasi. Pengabdian ini dilaksanakan dengan merancang dan menerapkan program "Sekolah Penggerak" sebagai upaya meningkatkan kualitas pembelajaran di tingkat sekolah dasar. Program ini mencakup pelatihan guru, penyediaan sumber daya pembelajaran beragam, dan pembentukan tim pengembangan kurikulum. Melalui kolaborasi yang erat antara sekolah, guru, dan pihak berkepentingan lainnya, program ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan pembelajaran inklusif yang memadukan metode pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Hasil dari implementasi dari kegiatan pengabdian ini menunjukkan peningkatan signifikan dalam partisipasi siswa, motivasi belajar, dan pencapaian akademis. Selain itu, pelibatan orang tua dan komunitas dalam mendukung program ini juga memberikan dampak positif pada atmosfer sekolah. Pengabdian ini memberikan kontribusi pada pemahaman tentang pentingnya peran sekolah sebagai pusat penggerak dalam menerapkan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi untuk meningkatkan mutu pendidikan di tingkat dasar.
References
Ainia, D. K. (2020). Merdeka Belajar Dalam Pandangan Ki Hadjar Dewantara Dan Relevansinya Bagi Pengembangan Pendidikan Karakter. Jurnal Filsafat Indonesia, 3(3), 95–101.
Ardianti, R., Sujarwanto, E., & Surahman, E. (2022). Problem-based Learning: Apa dan Bagaimana. Diffraction, 3(1), 27–35. https://doi.org/10.37058/diffraction.v3i1.4416
Bahan Materi Penguatan Komite Pembelajaran. (2022). Program Sekolah Penggerak.
Inah, E. N. (2013). Peranan Komunikasi dalam Pendidikan. Jurnal Ta’dib, 6(1), 2013. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/23956527/
Isrofin, B. (2019). Teknik Asesmen Kebutuhan Peserta Didik (pp. 7–68). https://cdn-gbelajar.simpkb.id/s3/p3k/BimbinganKonseling/Modul Pembelajaran/Bimbingan Konseling - PB1.pdf
Kemdikbud. (2021). Materi pelatihan program sekolah penggerak. In Dirjen GTK Kemdikbud. Dirjen GTK Kemdikbud.
Kristiawan, M. (2019). Analisis Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran. In UPP FKIP Univ. Bengkulu. Unit Penerbitan dan Publikasi FKIP Univ. Bengkulu.
L, I. (2019). Evaluasi Dalam Proses Pembelajaran. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(2), 920–935.
Muhajir, Oktaviyanthi, R., Lida, U. M., Nasikhin, Muflihin, A., Syadzili, M. F. R., Nitasari, N., Zukana, S., Hariadi, Babang, V. M. M. F., Romadhon, S., Juwariyah, I., Ande, A., Bangun, S. Y., Maimunah, I., Martiningsih, D., Babang, M. P. I., Widanita, N., Nurdinah, … Kukuh, N. (2021). Implementasi dan Problematika Merdeka Belajar (D. Adi Wijayanto (Ed.)). Akademia Pustaka.
Nasution, S., Ritonga, R., Ikbal, M., Siregar, P., & Akhyar, A. (2021). Pendampingan Literasi Perguruan Tinggi Pada Santri Pondok Pesantren Darussalam Parmeraan Padang Lawas Utara. MONSU’ANI TANO Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 57–65. https://doi.org/10.32529/tano.v4i1.912
Ritonga, R., Hamid, A., Harahap, A. M., & Harahap, R. (2022). Penguatan Kompetensi Sosial-Emosional Bagi Kepala Sekolah Penggerak Melalui Kegiatan Lokakarya. SELAPARANG. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(1), 309–315.
Ritonga, R., Harahap, R., & Lubis, R. (2022). Pelatihan Metode Refleksi Bagi Guru Sekolah Penggerak Dalam Proses Pembelajaran. SELAPARANG. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(2), 995–1002. http://journal.ummat.ac.id/index.php/jpmb/article/view/8666/4636
Yogi Anggraena, Dion Ginanto, Nisa Felicia, Ardanti Andiarti, Indriyati Herutami, Leli Alhapip, D. S. (2022). Pembelajaran dan Asesmen Kurikulum 2013. Dirjen GTK Kemdikbud.
Copyright (c) 2022 Journal of Community Dedication and Development (Pengabdian Kepada Masyarakat)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.