Pendampingan Guru Sekolah Penggerak Dalam Rangka Pendokumentasian Sumber Belajar
Abstract
Objektif. Kegiatan pembelajaran yang berkesan dan bermanfaat untuk peserta didik dapat diulang berkali-kali. Namun, untuk membuat pembelajaran yang berkesan sejumlah hambatan sering dihadapi oleh para pendidik. Padahal seyogianya, pengalaman seorang guru yang berhasil dengan metodenya dapat ditularkan kepada guru yang lain, sehingga metode dan trik mengajarnya bisa diadopsi oleh yang lain. Hambatan tersebut dapat muncul karena kurangnya kreativitas seorang guru untuk mendokumentasikan pengalamannya dalam melakukan praktek baik yang sudah dilakukannya. Jadi, pengabdian ini bertujuan untuk melakukan pendampingan guru sekolah penggerak untuk melakukan pendokumentasian sumber.
Material and Metode. Metode yang dilakukan dalam pengabdian ini adalah pembelajaran orang dewasa dengan konsep tahapan mulai dari diri, ekplorasi konsep, ruang kolaborasi dan demonstrasi kontekstual dan evaluasi.
Hasil. Adapun hasil pengabdian menunjukkan bahwa kegiatan yang dilakukan telah mengubah persepsi para guru sekolah penggerak tentang urgensi dokumentasi sumber belajar. Selain itu, melalui pengabdian ini, para guru sekolah penggerak juga telah mampu mendokumentasikan sejumlah sumber belajar yang berasal dari contoh praktek baik, pelatihan, video kegiatan, alat peraga dan dokumen belajar lainnya.
Kesimpulan. Perubahasan persepsi seorang guru pada sekolah penggerak dapat terjadi melalui kegiatan pelatihan. Artinya bahwa perubahan persepsi merupakan modal awal untuk peningkatan kompetensi sesorang guru penggerak. Kesadaran untuk pendokumentasian sumber belajar sangat penting bagi seorang guru. Oleh karena itu, pelatihan yang telah dilakukan dapat memberikan pengalaman baru bagi guru sekolah penggerak.
References
Anon. 2022. “Bahan Materi Penguatan Komite Pembelajaran.”
Arsyad, M. 2021. Teori Belajar Dan Peran Guru Pada Pendidikan Di Era Revolusi Industri 4.0. Banjarmasin: Lambung Mangkurat University Press.
Hoesny, Mariana Ulfah, and Rita Darmayanti. 2021. “Permasalahan Dan Solusi Untuk Meningkatkan Kompetensi Dan Kualitas Guru : Sebuah Kajian Pustaka.” Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 11(2):123–32.
Irsyad Zamjani, Anindito Aditomo, Indah Pratiwi, Lukman Solihin, Ika Hijriani, Bakti Utama, Yogi Anggraena, Nisa Felicia, Saut Maria Simatupang, Feddy Djunaedi, Nya’ Zata Amani, Dewi Widiaswati. 2020. Naskah Akademik Program Sekolah Penggerak. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kemendikbud RI. 2021. “Program Sekolah Penggerak 2021.”
Muhajir, Rina Oktaviyanthi, Ulfah Mey Lida, Nasikhin, Ahmad Muflihin, Muhamad Fatih Rusydi Syadzili, Nurul Nitasari, Siti Zukana, Hariadi, Veramyta Maria Martha Flora Babang, Sukron Romadhon, Ida Juwariyah, Andreas Ande, Sabaruddin Yunis Bangun, Iffat Maimunah, Dwi Martiningsih, Maria Patrisia Ivonie Babang, Neva Widanita, Nurdinah, Anik Widayanti E.W.T, Dewi Sartika, Ahmad Fawaid, Hanifah, Fathiah Alatas, Nurfisi Arriyani, Rina Gustini, Dian, Wahyu Nugroho, Muhammad Yusuf, Susana Labuem, Wuri Astuti, Muhammad Al Mansur, Husni Awali, Masgumelar, and Ndaru Kukuh. 2021. Implementasi Dan Problematika Merdeka Belajar. edited by D. Adi Wijayanto. Tulungagung: Akademia Pustaka.
Penggerak, Program Sekolah. 2021. Modul Pendampingan Kelompok Rencana Moderasi Penguatan Komite Pembelajaran. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.
Penggerak, Program Sekolah. 2022. “Pengelolaan Dokumen Sumber Belajar Secara Berkesinambungan Dan Berbagi Praktik Baik Melalui Cerita.”
Ritonga, Raja, Asrul Hamid, Amhar Maulana Harahap, and Rosni Harahap. 2022. “PENGUATAN KOMPETENSI SOSIAL-EMOSIONAL BAGI KEPALA SEKOLAH.” SELAPARANG. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan 6(1):309–15.
Ritonga, Raja, Rosni Harahap, and Robiyatul Lubis. 2022. “Pelatihan Metode Refleksi Bagi Guru Sekolah Penggerak Dalam Proses Pembelajaran.” SELAPARANG. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan 6(2):995–1002.
Sukma Nurilawati Botutihe, Dkk. 2020. Menjadi Kepala Sekolah Profesional Era Revolusi 4.0. edited by A. Rahmat. Yogyakarta: ZAHIR PUBLISHING.
Sutikno, Agus. 2018. “Upaya Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pengembangan Diri.” Prosiding “Profesionalisme Guru Abad XXI”, Seminar Nasional IKA UNY 1(1):45–57.
Copyright (c) 2022 Journal of Community Dedication and Development (Pengabdian Kepada Masyarakat)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.