PELATIHAN PERAKITAN DAN INSTALASI KOMPUTER BAGI SISWA/I SMK NEGERI 2 PANYABUNGAN

PELATIHAN PERAKITAN DAN INSTALASI KOMPUTER BAGI SISWA/I SMK NEGERI 2 PANYABUNGAN

  • Andi Putra STT Payakumbuh
Keywords: Perakitan, Instalasi Komputer, Troubleshooting

Abstract

Objektif.  Seiring dengan wabah covid 19 yang melanda siswa jarang melakukan praktikum di laboratorium sehingga siswa banyak tertinggal dalam materi paraktikum terutama bidang perakitan dan instalasi. Berguna meningkatkan skill para siswa maka perlu dilakukan Pelatihan Perakitan dan Instalasi Komputer Siswa SMK Negeri 2 Panyabungan di Aby Computer Madina.

 

Material and Metode.  Metode pengabdian diberikan dengan menggunakan beberapa metode yaitu meliputi: Metode Ceramah, Materi yang diberikan memang sangat sederhana dan dasar sekali. Para peserta diberikan makalah yang berisi panduan singkat mengenai cara merakit   komputer,   pengenalan   komponen-komponen   hardware   pada   komputer   beserta fungsinya, penginstalasian komputer dan troubleshooting. Metode Demonstrasi, Metode  ini  diberikan  untuk  menjelaskan  bagaimana  cara  merakit komputer  dan troubleshooting.. Metode Tanya Jawab (Diskusi), Peserta dapat langsung bertanya kepada Tim Pengabdian pada masyarakat yang mendampingi mereka selama kegiatan berlangsung. dan Metode Praktik, Setiap peserta melakukan praktek secara langsung langkah-langkah merakit komputer serta melakukan instalasi sistem operasi windows 7 dan Program Aplikasi.

 

Hasil.  Para peserta pelatihan  mampu merakit komponen-komponen hardware komputer dan menginstalasi komputer sendiri. Sehingga dengan pelatihan ini para peserta pelatihan akan mampu merakit dan menginstal komputer sendiri di rumah atau di tempat pekerjaannya sendiri.

 

Kesimpulan.  Pelatihan perakitan dan Instalasi Komputer Siswa SMK Negeri 2 Panyabungan di Aby Computer Madina” berlangsung dengan baik dan interaktif. Materi Pelatihan ini  yaitu: 1) Para peserta pelatihan mampu merakit computer, 2) Para peserta pelatihan dapat menginstalasi komputer dengan benar dan komputer berfungsi dengan baik. Sehingga dapat diimplementasikan di rumah atau di tempat pekerjaannya.

References

Ahmad Yani. 2004. Data Recovery (Teknik Praktis Menyimpan dan Menyelamatkan

Data Komputer). PT. Agromeda Pustaka. Tangerang.

Borneo Training Centre. 2010. Modul Praktikum Perakitan Komputer dan Install.

Banjarmasin.

Shmily Valen. 2009. Superman IT Jagoan Komputer dan Koneksi. Trans Media.

Jakarta.

Tim Divisi Penelitian dan Pengembangan MADCOMS – MADIUN. 2010. Tutorial

Perakitan Komputer untuk Pemula. Penerbit Andi Offset. Madiun.

Al Bahra bin Ladjamudin., 2005. ”Analisis dan Desain Sistem Informasi”, Yogyakarta, Graha Ilmu

Borneo Training Centre, 2010. “Modul Praktikum “Perakitan Komputer dan Install” Banjarmasin,

Saifuddin Azwar., 1998 “Metode Penelitian ”, Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Published
2022-12-25
How to Cite
Putra, A. (2022). PELATIHAN PERAKITAN DAN INSTALASI KOMPUTER BAGI SISWA/I SMK NEGERI 2 PANYABUNGAN: PELATIHAN PERAKITAN DAN INSTALASI KOMPUTER BAGI SISWA/I SMK NEGERI 2 PANYABUNGAN. Journal of Community Dedication and Development (Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(2), 13-20. Retrieved from https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/jcdd/article/view/1162