PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA PADANG BARUAS DITINJAU DARI KEARIFAN LOKAL

  • Abdul Majid Rangkuti KKN Desa Padang Baruas STAIN MANDAILING NATAL
Keywords: Pengabdian, partisipasi masyarakat, kegiatan keagamaan.

Abstract

Penelitian pengabdian ini bertujuan melakukan kegiatan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam kegiatan keagamaan. Penelitian ini menggunakan penelitian Kualitatif dengan menggunakan beberapa metode agar bisa mendapatkan keterangan- keterangan yang jelas ataupun luas terkait dengan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipasi masyarakat dalam kegiatan keagamaan dapat meningkat melalui pengabdian masyarakat yang dilakukan. Pengabdian ini dilakukan untuk menanamkan rasa sosial dalam diri setiap anggota kelompok KKN, hal ini sangat diperlukan karena merupakan salah satu Tri Darma Perguruan Tinggi yang wajib ada didalam diri setiap mahasiswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif.

References

Mentri Agama RI. 1991. Buku Iqro Cara Cepat Belajar Membaca Al- Quran. Jakarta: Departemen Agama Pusat.
Syafe’i Imam dkk, , 2016 Pendidikan Agama Islam Berbasis Karakter Di Perguruan Tinggi, Jakarta: PT. Raja Grafindo.
Sri Minarti, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Amzah, 2013
Tsaqifa Taqiyya Ulfah dkk. 2019. “Implementasi Metode Iqro’ Dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an”. Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol. 2, Nomor 2.
Published
2024-03-25
How to Cite
KKN Desa Padang Baruas, A. M. R. (2024). PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA PADANG BARUAS DITINJAU DARI KEARIFAN LOKAL. Journal of Community Dedication and Development (Pengabdian Kepada Masyarakat), 4(1), 18-28. Retrieved from https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/jcdd/article/view/1550