PELATIHAN PEMBUATAN ANIMASI TATASURYA UNTUK MAHASISWA PROGRAM STUDI PIAUD STAIN MANDAILING NATAL MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS 6

  • Andi Putra STT Payakumbuh
Keywords: Animasi, Tata Surya, Adobe Flash CS 6, PIAUD, Mandailing Natal

Abstract

Objektif.  

Pelatihan ini bertujuan untuk membuka  wawasan mahasiswa  PIAUD STAIN Mandailing natal tentang ilmu pengetahuan dan teknologi yang dapat dimanfaatkan untuk menunjang proses pembelajaran

Material and Metode.  Pelatihan ini menggunakan laptop yang sudah dilengkapi aplikasi Adobe Flash CS6. Metode yang digunakan  dalam kegiatan PkM ini, meliputi: metode ceramah oleh para pemateri, demonstrasi oleh para pemateri, latihan/praktik oleh para peserta pelatihan,  

Hasil.  

Berdasarkan pengamatan selama program/kegiatan berlangsung  dapat  dilihat  para  mahasiswa  sangat  senang  serta dapat menambah wawasan dalam metode pembelajaran. Adanya program ini memiliki kegunaan seperti peserta dapat menambah wawasan tentang ilmu pengetahuan dan teknologi yang dapat dimanfaatkan untuk menunjang proses pembelajaran, peserta memahami tentang cara pembuatan animasi menggunakan Adobe Flash CS.6 serta meningkatkan   kualitas   mahasiswa   PIAUD   STAIN Mandailing natal

Kesimpulan. Pelatihan Pembuatan Animasi Tatasurya Menggunakan Adobe Flash CS 6 Untuk Mahasiswa Program Studi PIAUD STAIN Mandailing Natal dapat terselenggara dengan lancar. Kegiatan pelatihan ini dapat memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada para mahasiswa terkait pembuatan aplikasi menggunakan aplikasi Adobe Flash CS 6 dalam pembuatan animasi tata surya.

References

F. DAFTAR PUSTAKA
A. Prasetio, N. Nurhadi, and M. Mulyadi (2019), “Perancangan Aplikasi Augmented Reality Pengenalan Tata Surya Berbasis Android Pada Sd Negeri 139/Iv Kota Jambi,” J. Process., vol. 14, no. 2, p. 94, doi: 10.33998/processor.2019.14.2.645.

Anardani, S., & Kurniawati, I. D. (2018). Pengembangan Animasi Interaktif Pembelajaran Galaksi Tata Surya Dengan Pemodelan Luther

Astuti, I. A., Harwanto, A., & Hidayat, T. (2019). Pengembangan Media Interaktif Pengenalan Sistem Tata Surya Menggunakan Framework Mdlc. Jurnal Eksplora Informatika, 8 (2), 158 – 166. Https://Doi.Org/10.30864/Eksplora.V8i 2.220

D. Setiyadi (2016), “Media Pembelajaran Untuk Anak Sekolah Dasar Tentang Pengenalan Tata Surya Menggunakan Metode Computer Assisted Instruction ( CAI ),” Inf. Manag. Educ. Prof., vol. 1, no. 1, pp. 42–53.

E. Retnoningsih (2016), “Metode Pembelajaran Pengenalan Tata Surya Pada Sekolah Dasar Berbasis Computer Based Instruction ( CBI ),” vol. 3, no. 1, pp. 194–204.

Gunawan, A. H. OK, and Murtopo (2019), “Penerapan Animasi Interaktif Berbasis 2D sebagai Media Pengenalan Planet untuk Anak Usia Dini,” JISTech (Journal Islam. Sci. Technol., vol. 4, no. 1, pp. 1–20.

Hardiyan, H., & Fajriyah, I. (2017). Animasi Interaktif Berbasis Multimedia Dalam Mempelajari.

Hidayatun, N., Rosmiati, M., & Purnama, M. R. (2018). Animasi Interaktif Berbasis Android Untuk Mengenal Huruf Hiragana Katakana. 10(1), 22–28.

Lubis, B. O., Taufiq, G., Salim, A., & Santoso, B. (2020). Penerapan Model Interatif Pada Animasi Edukatif Pengenalan Aksara Mandailing Sebagai Pelestarian Warisan Budaya Bangsa. Satin–Sains Dan Teknologi Informasi, 6(2). Https://Doi.Org/10.33372/Stn.V6i2.665

M. Fatchan (2018), “Perancangan Aplikasi Media Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Berbasis Adobe Flash Professional CS6,” Int. Rev. Immunol., vol. 66, no. 1, pp. 1–15, doi: 10.3109/08830185.2014.902452.

P. Smp, N. Cilegon, A. Widyaristi, G. P. Kusuma, and R. Budiawan (2016), “Aplikasi Multimedia Pembelajaran Tata Surya Untuk Siswa Kelas VIII Pada Sekolah Menengah,” vol. 2, no. 1, pp. 59–65, 9 | Journal Computer Science and Information Technology(JCoInT) Permainan Tebak Warna. Jurnal Teknik Komputer Amik Bsi, Iii (1), 106-113.

Retnoningsih, E. (2016). Metode Pembelajaran Pengenalan Tata Surya Pada Sekolah Dasar Berbasis Computer Based Instruction (Cbi). 3 (1), 194-204.

S. Anardani and I. D. Kurniawati (2018), “Pengembangan animasi interaktif pembelajaran galaksi tata surya dengan pemodelan luther,” vol. 3.

S. Wulandari Kusnul and E. Yulia Rini (2019), “Aplikasi Interaktif Untuk Pembelajaran Matematika Dasar,” vol. V, no. 1, pp. 135–138, doi: 10.31294/jtk.v4i2.

S. Bakhri (2019), “Animasi Interaktif Pembelajaran Huruf dan Angka Menggunakan Model ADDIE,” INTENSIF J. Ilm. Penelit. dan Penerapan Teknol. Sist. Inf., vol. 3, no. 2, p. 130, doi: 10.29407/intensif.v3i2.12666.

W. Hadikristanto (2018), “Pembelajaran Sistem Tata Surya Untuk SIswa Sekolah Dasar Berbasis Unity 3D,” Procedia Comput. Sci., vol. 2, no. 1, pp. 1–5, doi: 10.15439/2019F121.
Published
2024-02-07
How to Cite
Putra, A. (2024). PELATIHAN PEMBUATAN ANIMASI TATASURYA UNTUK MAHASISWA PROGRAM STUDI PIAUD STAIN MANDAILING NATAL MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS 6. Journal of Community Dedication and Development (Pengabdian Kepada Masyarakat), 4(1), 1-7. Retrieved from https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/jcdd/article/view/1673