Optimalisasi Rumah Belajar Desa Ranto Nalinjang Di Masa Pandemi Covid-19

  • Fuji Pratami STAIN Mandailing Natal
  • Cipto Halomoan Ritonga STAIN Mandailing Natal
Keywords: optimalisasi, rumah belajar, Ranto Nalinjang, covid-19

Abstract

Pengabdian ini bertujuan untukĀ  mengoptimalkan peran rumah belajar dalam melaksanakan proses pembelajaran secara tatap muka di masa pandemi Covid-19, sehingga para anak-anak usia sekolah di Desa Ranto Nalinjang tetap bisa belajar efisien dan efektif walaupun dengan keterbatasan kepemilikan alatĀ  teknologi komunikasi dan informasi serta lemahnya jaringan internet untuk mengikuti pembelajaran secara daring. Metode yang digunakan untuk memecahkan masalah pada program pengabdian masyarakat ini adalah service learning. Hasil pengabdian ini adalah rumah belajar dapat membantu anak usia sekolah (SD dan SMP) di Desa Ranto Nalinjang yang mengikuti proses pembelajaran di rumah belajar bisa tetap mengikuti pembelajaran dengan efektif dan efisien. Orang tua yang anaknya mengikuti proses pembelajaran di rumah belajar Desa Rannto Nalinjang merasa terbantu dalam hal membimbing dan mengawasi anak belajar. Rumah Belajar Desa Ranto Nalinjang berupaya menjadi tempat yang nyaman dan menyenangkan bagi anak usia sekolah (SD dan SMP) untuk belajar. Potensi suatu daerah yang tinggi seharusnya disejajarkan dengan membaiknya kualitas SDM di daerah tersebut melalui jalur pendidikan sehingga pada masa mendatang potensi daerah dapat dikembangkan dan dikelola oleh putra/i daerah yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahtraan masyarakat. Semoga kedepannya program Rumah Belajar Desa Ranto Nalinjang dapat terus berinovasi untuk kemajuan pendidikan.

Published
2021-01-15
How to Cite
Pratami, F., & Halomoan Ritonga, C. (2021). Optimalisasi Rumah Belajar Desa Ranto Nalinjang Di Masa Pandemi Covid-19. Journal of Community Dedication and Development (Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(1), 82-90. Retrieved from https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/jcdd/article/view/333