PENYULUHAN KESANTUNAN BERBAHASA KEPADA NAPOSO NAULI BULUNG DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER DI DESA PARBANGUNAN PANYABUNGAN

Keywords: Kesantunan Berbahasa, Naposo Nauli Bulung, Pembentukan Karakter

Abstract

Objektif.  Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan penyuluhan tentang pentingnya kesantunan dalam berbahasa dalam pembentukan karakter. Pengabdian ini dilaksanakan pada Naposo Nauli Bulung desa Parbangunan Kecamatan Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal. Naposo nauli bulung adalah perkumpulan pemuda-pemudi yang dinaungi desa yang bertugas membantu serta mengayomi masyarakat setempat.  Naposo nauli bulung dapat membantu berupa tenaga serta pemikiran pada setiap kegiatan masyarakat misalnya kegiatan gotong royong, perayaan, pengajian, acara hari besar keagamaan dll. Kegiatan ini dilaksanakan oleh tim yang terdiri dari 4 dosen dan 3 mahasiswa yang dihadiri oleh 15 peserta.  

Material and Metode.   Metode yang digunakan adalah Participatory Action Research (PAR). Ada beberapa tahapan yang dilakukan dalam pelaksanaan pengabdian ini yaitu persiapan dan pembelakan, pelaksanaan kegiatan, dan pasca kegiatan.

Hasil.  Ada beberapa tahapan yang dilakukan dalam menyampaikan materi diantaranya ceramah, diskusi dan tanya jawab, quiz dan penutup. Serangkaian kegiatan tersebut memberikan pengetahuan dan pengalaman tambahan kepada peserta tentang pentingnya kesantunan berbahasa dalam situasi formal maupun informal.

Kesimpulan. Setelah kegiatan ini dilaksanakan, para naposo nauli bulung memiliki pemahaman tentang kesantunan berbahasa. Pelaksanaan kegiatan ini diharapkan menjadikan generasi muda khususnya para remaja untuk berujar santun dan bertutur santun dalam berkomunikasi baik situasi formal dan informal. Kedepannya para remaja diharapkan terus melestarikan berbahasa santun.

Published
2022-03-28
How to Cite
Hasibuan, S. W., Siregar, I. R., & Novebri, N. (2022). PENYULUHAN KESANTUNAN BERBAHASA KEPADA NAPOSO NAULI BULUNG DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER DI DESA PARBANGUNAN PANYABUNGAN. Journal of Community Dedication and Development (Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(1), 18-25. Retrieved from https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/jcdd/article/view/603