PENGENALAN BAHASA ARAB UNTUK ANAK USIA DINI MELALUI GHINA’ ARABIY (LAGU BAHASA ARAB) DI TK AL-MUNAWWAR PANYABUNGAN

  • Rani Ismil Hakim STAIN Mandailing Natal
Keywords: Pengenalan Bahasa Arab, Anak Usia Dini, ghina’ Araby

Abstract

Objektif. Pengabdian ini bertujuan untuk menumbuhkan semangat dan kecintaan terhadap bahasa Arab sejak dini. Karena bahasa Arab merupakan bahasa agama Islam dan dipakai dalam beribadah keseharian. Memperkenalkannya akan membuat peserta didik merasa akrab dengan kata-kata yang didengar. Melalui lagu berbahasa Arab peserta didik dirasa akan lebih antusias dan merarik untuk belajar bahasa Arab, khususnya di TK Al-Munawwar.

Material and Metode. Dalam pengabdian ini diggunakan media berupa lagu-lagu berbahasa Arab tentang huruf, angka dan anggota tubuh serta lagu yang sesuai dengan keadaan keseharian peserta didik, infokus, speaker, dan benda nyata yang berhubungan dengan lagu. Metode pengabdian yang digunakan adalah Participatory Action Research (PAR) diawali dengan pemetaan kebutuhan atau masalah yang dibutuhkan yaitu tidak adanya pembelajaran bahasa Arab untuk anak usia dini di TK Al-Munawaar, sampai pelaksaan kegiatan dengan ceramah dan demonstrasi. Pemateri menyampaikan dan mempraktekan lagu berbahasa Arab, dan diikuti dengan praktek dan peragaan oleh peserta didik dengan pendampingan oleh guru dan pemateri dan diakhir dengan evaluasi.

Hasil.  Kegiatan pengabdian ini memperlihatkan bahwa peserta didik TK Al-Munawwar sangat antusias dan semangat dalam mempraktekkan lagu-lagu bahasa Arab. Mereka lebih merasa akrab dengan bahasa Arab karena materi menggunakan lagu-lagu yang berhubungan langsung dengan kegiatan sehari-hari. Beberapa peserta didik bahkan bisa menghafal huruf, angka dan anggota tubuh dalam bahasa arab secara langsung. Walaupun ada sebagian kecil yang masih malu-malu mempraktekkannya.

Kesimpulan. Pengenalan bahasa Arab untuk anak usia dini melalui ghina’ ‘Araby ini terlaksana dengan baik dan lancar tentunya dengan kerjasama yang baik dengan para guru di TK Al-Munawwar. Dan kegiatan ini meningkatkan pengetahuan peserta didik tentang kosa kata bahasa Arab dan kecintaan terhadap bahasa Arab itu sendiri.

Published
2022-04-21
How to Cite
Hakim, R. I. (2022). PENGENALAN BAHASA ARAB UNTUK ANAK USIA DINI MELALUI GHINA’ ARABIY (LAGU BAHASA ARAB) DI TK AL-MUNAWWAR PANYABUNGAN. Journal of Community Dedication and Development (Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(1), 64-71. Retrieved from https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/jcdd/article/view/740