Pengaruh Pelayanan dan Lokasi Terhadap Keputusan Masyarakat Menabung di Bank Muamalat Tbk. KCP. Panyabungan

Pengaruh Pelayanan dan Lokasi Terhadap Keputusan Masyarakat Menabung di Bank Muamalat Tbk. KCP. Panyabungan

  • rani handayani2023 sekolah tinggi agama islam negeri mandailing natal
Keywords: Pelayanan, Lokasi, Keputusan Menabung.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelayanan dan lokasi  terhadap keputusan masyarakat menabung di Bank Muamalat Tbk. KCP. Panyabungan. Jenis penelitian ini adalah menggunakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah Bank Muamalat Tbk. KCP. Panyabungan sebanyak 1259 nasabah. Sedangkan teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah random sampling dengan penentuan sampel sebanyak 93 nasabah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan melalui pembagian angket/kuesioner. Teknik pengelolaan dan analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji kualitas instrument penelitian dengan menggunakan analisis data kuantitatif dengan bantuan program SPSS 25. Adapun tahapan dalam teknik pengelolaan dan analisis data yaitu uji validitas dan uji realibilitas. Uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji koefisien determinan dan uji hipotesis terdiri dari uji parsial (uji t) dan uji simultan (uji F). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelayanan (X1) dan lokasi (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan masyarakat menabung (Y). Dilihat pada hasil uji hipotesis penelitian bahwa nilai signifikansi dari variabel pelayanan (X1) dan variabel lokasi (X2)  sebesar 0,000 dimana hasil tersebut lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05 atau 0,000 < 0,05. Jadi, dapat disimpulkan bahwa H1 diterima dan H0 ditolak. Jadi, pelayanan dan lokasi secara parsial berpengaruh dan signifikan terhadap keputusan masyarakat menabung di PT. Bank Muamalat Tbk.  KCP. Panyabungan. Kemudian variabel pelayanan (X1) dapat menjelaskan keputusan masyarakat menabung dengan kontribusi 0,292 atau 29,2%. sedangkan sisanya 70,8%. Sedangakan variabel lokasi (X2) dapat menjelaskan keputusan masyarakat menabung sebesar 0,072 atau 7,2%. sedangkan sisanya 92,8%. Jadi dapat disimpulkan bahwa pelayanan merupakan faktor yang paling penting berpengaruh terhadap keputusan masyarakat menabung dibandingkan dengan lokasi.

Published
2023-12-13