Peranan Quick Response Code Indonesian Standar (QRIS) Dalam Meningkatkan Minat Konsumen Untuk Berbelanja Di UMKM Kampoeng Kaos Madina (KKM)

  • Yenni Elizah Nasution Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN)Mandailing Natal

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah QRIS bisa meningkatkan minat konsumen dalam berbelanja, apakah manfaat dan kendala penggunaan QRIS di UMKM KKM. Penelitian ini di laksanakan di UMKM Kampoeng Kaos Madina di kelurahan Sipolu-Polu, Kecamatan Panyabungan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi di lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan sumber data primer dan sekunder. Sumber primer diperoleh peneliti dari wawancara Pemilik CV. Kampoeng Kaos Madina, karyawan dan konsumen, sedangkan data sekunder peneliti peroleh dari beberapa refrensi karya ilmiah seperti buku, skripsi terdahulu, jurnal, tesis dan internet. Selanjutnya dilengkapi dengan teknik analisis data serta Teknik keabsahan data. Pembahasan penelitian ini tentang peran pembayaran digital Quick Response Code Indonesia Standart (QRIS) yang merupakan sebuah sistem atau model pembayaran yang menawarkan kenyamanan dan kemudahan kepada penggunanya dalam melakukan transaksi pembayaran hanya dengan scan kode QR melalui jaringan internet. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dengan adanya pembayaran digital Quick Response Code Indonesia Standart (QRIS) di CV. Kampoeng Kaos Madina sangat berperan dalam meningkatkan minat konsumen untuk berbelanja karena kemudahan bertransaksi, pembayaran yang cepat, praktis dan efisien, adapun kendala dalam penggunaan QRIS yaitu jaringan kadang membuat dana tidak masuk ke merchant dan dalam memasukkan nominal pembayaran karena tidak otomatis tertulis nominalnya terkadang membuat konsumen salah ketik, sedangkan dengan pemanfaatan QRIS terhadap pengembangan UMKM Kampoeng Kaos Madina sangat maksimal.

 

Kata Kunci : Pembayaran Digital, Peranan QRIS, Minat Konsumen.

Published
2025-01-21