JIBF MADINA : Journal Islamic Banking and Finance Madina https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/jibf <p>JIBF Madina adalah jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Perbankan Syariah Jurusan Syariah, Ekonomi dan Bisnis Islam Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Mandailing Natal (STAIN MADINA), Sumatera Utara, Indonesia</p> en-US Tue, 21 Jan 2025 00:00:00 +0000 OJS 3.1.2.4 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Peranan Quick Response Code Indonesian Standar (QRIS) Dalam Meningkatkan Minat Konsumen Untuk Berbelanja Di UMKM Kampoeng Kaos Madina (KKM) https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/jibf/article/view/2202 <p>Abstrak</p> <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah QRIS bisa meningkatkan minat konsumen dalam berbelanja, apakah manfaat dan kendala penggunaan QRIS di UMKM KKM. Penelitian ini di laksanakan di UMKM Kampoeng Kaos Madina di kelurahan Sipolu-Polu, Kecamatan Panyabungan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi di lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan sumber data primer dan sekunder. Sumber primer diperoleh peneliti dari wawancara Pemilik CV. Kampoeng Kaos Madina, karyawan dan konsumen, sedangkan data sekunder peneliti peroleh dari beberapa refrensi karya ilmiah seperti buku, skripsi terdahulu, jurnal, tesis dan internet. Selanjutnya dilengkapi dengan teknik analisis data serta Teknik keabsahan data. Pembahasan penelitian ini tentang peran pembayaran digital Quick Response Code Indonesia Standart (QRIS) yang merupakan sebuah sistem atau model pembayaran yang menawarkan kenyamanan dan kemudahan kepada penggunanya dalam melakukan transaksi pembayaran hanya dengan scan kode QR melalui jaringan internet. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dengan adanya pembayaran digital Quick Response Code Indonesia Standart (QRIS) di CV. Kampoeng Kaos Madina sangat berperan dalam meningkatkan minat konsumen untuk berbelanja karena kemudahan bertransaksi, pembayaran yang cepat, praktis dan efisien, adapun kendala dalam penggunaan QRIS yaitu jaringan kadang membuat dana tidak masuk ke merchant dan dalam memasukkan nominal pembayaran karena tidak otomatis tertulis nominalnya terkadang membuat konsumen salah ketik, sedangkan dengan pemanfaatan QRIS terhadap pengembangan UMKM Kampoeng Kaos Madina sangat maksimal.</p> <p>&nbsp;</p> <p><strong>Kata Kunci : Pembayaran Digital, Peranan QRIS, Minat Konsumen.</strong></p> Yenni Elizah Nasution Copyright (c) 2025 JIBF MADINA : Journal Islamic Banking and Finance Madina https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/jibf/article/view/2202 Tue, 21 Jan 2025 10:27:43 +0000 Analisis Pengetahuan Masyarakat Desa Sirambas Terhadap Bank syariah Dan Produk Bank Syariah https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/jibf/article/view/2204 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah masyarakat Abstrak</p> <p>desa Sirambas mengetahui tentang Bank Syariah, produk Bank Syariah. Penelitian ini di lakukan di desa Sirambas Kecamatan Panyabungan Barat Kabupaten Mandailing Natal. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dimana sampel yang di ambil 50 orang dengan tekhnik <br>accidental sampling yaitu pengambilan sampel didasarkan pada kenyataan bahwa mereka kebetulan muncul. Subjek penelitian pada kesempatan kali ini yaitu masyarakat Desa Sirambas. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara, serta dokumen. Selanjutnya dilengkapi dengan teknik analisis data serta Teknik keabsahan data. Pembahasan pada penelitian ini berhubungan dengan pengetahuan masyarakat tentang banksyariah indonesia dan produk-produknya. Sehubungan dengan itu, peneliti mencantumkan <br>landasan teori yang menjelaskan mengenai pengetahuan, masyarakat, serta produk-produkbank syariah dengan referensi yang berbeda serta berpedoman kepada penelitian terdahulu.<br>Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa Pengetahuan Masyarakat terhadap bank syariah dan produknya bahwa pengetahuan masyarakat masih rendah banyak <br>yang tidak mengetahui Bank Syariah, namun ada juga yang mengetahui Bank Syariah Indonesia tapi mereka tidak mengetahui tentang produknya. Mungkin Faktor-faktor yang <br>mempengaruhi pengetahuan masyarakat tentang bank syariah indonesia dan produknya, yaitu: faktor internal tentang Pendidikan, Pekerjaan, dan usia sedangkan faktor eksternal yaitu Lingkungan, Sosial budaya dan Pengalaman.</p> <p>Kata Kunci : Pengetahuan, Masyarakat, Bank Syariah, Produk.</p> Delvi Wulandari 0809 Lubis Copyright (c) 2025 JIBF MADINA : Journal Islamic Banking and Finance Madina https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/jibf/article/view/2204 Tue, 21 Jan 2025 10:35:46 +0000