https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/mata/issue/feed MATAAZIR: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan 2025-06-15T12:18:20+00:00 Linda Matondang [email protected] Open Journal Systems <p style="text-align: justify;">Mataazir adalah jurnal ilmiah berkala yang diterbitkan oleh Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Mandailing Natal. Jurnal ini berfokus pada studi tentang Ilmu Manajemen Pendidikan Islam atau Manajemen Pendidikan secara general melalui penelitian berbasis riset dan penelitian non riset/literatur kepustakaan. Dewan editorial menyambut kontribusi dalam bentuk artikel dari ilmuwan, cendekiawan, profesional, mahasiswa dan peneliti dalam disiplin Manajemen Pendidikan Islam/Manajemen Pendidikan yang akan diterbitkan dua kali dalam setahun <strong>(Juni dan Desember)</strong> dan disebarluaskan setelah melalui mekanisme pemilihan naskah, studi mitra berkelanjutan, dan proses penyuntingan.</p> https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/mata/article/view/2138 Pendekatan Outcome Based Education dalam MBKM: Strategi Pengembangan Kurikulum di Prodi Manajemen Pendidikan Islam 2025-06-15T12:17:57+00:00 Riyan jp [email protected] Idi Warsah [email protected] Adisel [email protected] Jumira Warlizasusi [email protected] <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi strategi pengembangan kurikulum berbasis <br>Outcome Based Education (OBE) dalam mendukung pelaksanaan Merdeka Belajar Kampus <br>Merdeka (MBKM) di program studi Manajemen Pendidikan Islam. Metode yang digunakan <br>dalam penelitian ini adalah studi literatur, di mana data dikumpulkan melalui analisis dan sintesis <br>berbagai jurnal ilmiah yang relevan. Temuan menunjukkan bahwa penerapan OBE secara efektif <br>dapat meningkatkan relevansi kurikulum dengan kebutuhan dunia kerja, serta mendorong <br>keterlibatan aktif mahasiswa dalam proses pembelajaran. Selain itu, penelitian ini <br>mengidentifikasi tantangan dalam integrasi OBE dan MBKM, seperti perlunya dukungan dari <br>pimpinan institusi dan pelatihan bagi dosen. Kesimpulan dari penelitian ini menegaskan bahwa <br>pengembangan kurikulum berbasis OBE bukan hanya meningkatkan kualitas pendidikan, tetapi <br>juga mempersiapkan lulusan untuk menghadapi tantangan di dunia kerja. Rekomendasi praktis <br>untuk pengelola program studi dan pengambil kebijakan mencakup kolaborasi dengan <br>stakeholder, inovasi dalam metode pengajaran, serta pengembangan sistem penilaian yang <br>komprehensif untuk mencapai yang diharapkan.</p> 2025-06-15T10:00:29+00:00 Copyright (c) 2025 MATAAZIR: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/mata/article/view/2312 Pengelolaan Bidang Akademik dalam Pendidikan Menengah di Pesantren Musthafawiyah Purba Baru 2025-06-15T12:17:57+00:00 Nadia Syahida Lubis [email protected] <p>Pengelolaan bidang akademik merupakan suatu kegiatan untuk mengatur dan mengelola aktivitas yang berhubungan dengan proses atau sistem pembelajaran untuk mendapatkan ilmu pengetahuan di bidang pendidikan yang dapat dilakukan secara tatap muka di sekolah atau di luar sekolah secara terencana. Pengelolaan akademik berkaitan dengan pengetahuan peserta didik terhadap pembelajaran, maka kemampuan akademik sangat menentukan kualitas dari suatu lembaga pendidikan. Pesantren musthafawiyah sudah melakukan pengelolaan yang baik di bidang akademik, hal ini dapat dilihat dari banyaknya prestasi yang sudah diraih, dan tidak jarang pesantren ini sering menjadi juara umum baik itu di tingkat kecamatan sampai pada tingkat provinsi. Pengelolaan yang baik dari pesantren ini juga dapat dilihat pada keberhasilan sekolah dalam mengirimkan santrinya duduk di bangku perkuliahan di dalam negeri hingga ke luar negeri. Pengelolaan yang dilakukan oleh pesantren ini adalah dengan melakukan bimbingan terhadap para santri yang di luar jam pembelajaran. Dalam keberhasilan ini tentunya sekolah juga mengalami beberapa kendala salah satunya adalah kurangnya disiplin santri dan kurangnya motivasi dalam belajar sehingga menuntut para pendidik untuk lebih memberikan semangat dan harus mendapat perhatian penuh dari orang tua.</p> <p>Keywords: Pengelolaan, Bidang Akademik, Peserta Didik.</p> 2025-06-15T10:12:08+00:00 Copyright (c) 2025 MATAAZIR: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/mata/article/view/2315 Study Literature: The Role of Technology in Improving Educational Administration 2025-06-15T12:17:57+00:00 laila zahro [email protected] Suci Yuniati [email protected] Annisah Kurniati [email protected] Depriwana Rahmi [email protected] <p><em>This article discusses the role of technology in improving the quality of educational administration through a literature study approach. The utilization of technology in educational administration has a significant positive impact. In this digital era, information technology has become a crucial tool in managing data, accelerating administrative processes, and improving the effectiveness and efficiency of communication in the educational environment. This research highlights the benefits of technologies such as school management information systems (SIMS), cloud computing, digital attendance applications and even blockchain technology in maintaining student data security. Nonetheless, challenges remain, particularly related to infrastructure limitations, budget constraints, lack of training and literacy for staff, lack of technology skills and student security and privacy concerns. Therefore, to overcome these challenges, a comprehensive strategy is needed, including improving digital literacy, providing adequate technology facilities, and strengthening information security systems so that the use of technology in education administration can be evenly and sustainably implemented.Using a qualitative approach based on a literature study, this article concludes that the use of technology in education administration is very significant, but requires the right strategy and support so that it can be implemented evenly and optimally</em></p> 2025-06-15T10:16:44+00:00 Copyright (c) 2025 MATAAZIR: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/mata/article/view/2325 Pengelolaan Tenaga Pendidik dan Kependidikan dalam Meningkatkan Mutu Peserta Didik 2025-06-15T12:17:57+00:00 Riski Humairoh Nasution [email protected] Nurul Paizah [email protected] Rini Safitri [email protected] Riski Humairoh Nasution [email protected] <p>This study aims to examine the management of teaching and educational staff in improving student quality. Using a descriptive qualitative approach, data were collected through interviews, observations, and document analysis in several schools. The findings indicate that the management of educational personnel directly affects students’ academic and character development. However, challenges such as lack of training, improper placement, and weak evaluation systems remain significant obstacles. This study recommends the need for strategic planning and ongoing professional development to ensure that educational human resource management effectively supports high-quality learning processes.<br>Keywords: Teaching and Educational Personnel, Student Quality, Management</p> 2025-06-15T10:22:27+00:00 Copyright (c) 2025 MATAAZIR: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/mata/article/view/2340 Strategi Guru Meningkatkan Motivasi Prestasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika Di SMA 1Panyabungan Barat 2025-06-15T12:17:57+00:00 Ahmad Ali Nasution [email protected] <p>Penelitian ini dilatarbelakangi motivasi dan prestasi belajar siswa pada pembelajaran matematika tidak dapat dipisahkan dari kegiatan belajar. Adapun tujuan&nbsp; penelitian ini untuk mendeskripsikan strategi guru dalam meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa pada pembelajaran matematika untuk mengetahui apa saja kendala guru dalam proses meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Panyabungan Barat. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Informan penelitian ini Guru matematika, siswa. Teknik pengumpulan data dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Serta teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pertama, strategi guru dalam meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa pada pembelajaran Matematika di SMA Negeri 1 Panyabungan Barat yaitu melalui beberapa upaya yang telah diterapkan oleh guru yaitu: kesiapan fisik, mental, meningkatkan konsentrasi, meningkatkan minat dan motivasi dan Prestasi, menggunakan strategi belajar, metode pembelajaran yang beragam, menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, memberikan apresiasi dan evaluasi pembelajaran. Kedua, faktor pendukung adanya dukungan&nbsp; warga sekolah, sarana dan prasarana, dan pemilihan metode, strategi, media yang baik dalam proses pembelajaran. Sedangkan faktor penghambat kurangnya persiapan guru, kurangnya kepedulian siswa terhadap materi yang dijelaskan, masih ada siswa yang mengobrol sendiri dan belum aktif dalam mengikuti proses pembelajaran.</p> 2025-06-15T10:28:05+00:00 Copyright (c) 2025 MATAAZIR: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/mata/article/view/2342 Tata Kelola Pendidikan Studi Kasus Tantangan Tata Kelola Pendidikan Islam di Daerah 3T: Analisis di Desa Parlampungan, Mandailing Natal 2025-06-15T12:17:57+00:00 Hasmiah Pulungan [email protected] Riski Humairoh [email protected] Nurul Paizah [email protected] Rini Safitri [email protected] <p>This study aims to analyze the challenges of Islamic education governance in Parlampungan village, Mandailing Natal 3T regions (Frontier, Outermost, and Disadvantaged), focusing on infrastructure, human resources, policy implementation, and the conflict between local values and national education approaches. A descriptive qualitative method was employed, utilizing literature reviews and case studies of Islamic educational institutions in 3T areas. The findings reveal systemic limitations, including inadequate facilities, shortage of qualified teachers, weak managerial capacity, and lack of contextualized policy support. Moreover, the tension between local cultural values and the standardized national curriculum poses a significant challenge, potentially undermining students' cultural identities. The study suggests the need for adaptive, community-based governance reforms, incorporating contextual curriculum development and capacity building for educators. These findings highlight the importance of an Islamic education governance model that is not only administratively accountable but also socially and culturally relevant to the unique realities of 3T regions.</p> 2025-06-15T10:35:32+00:00 Copyright (c) 2025 MATAAZIR: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan