https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/mata/issue/feedMATAAZIR: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan 2024-12-12T03:02:35+00:00Linda Matondang[email protected]Open Journal Systems<p style="text-align: justify;">Mataazir adalah jurnal ilmiah berkala yang diterbitkan oleh Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Mandailing Natal. Jurnal ini berfokus pada studi tentang Ilmu Manajemen Pendidikan Islam atau Manajemen Pendidikan secara general melalui penelitian berbasis riset dan penelitian non riset/literatur kepustakaan. Dewan editorial menyambut kontribusi dalam bentuk artikel dari ilmuwan, cendekiawan, profesional, mahasiswa dan peneliti dalam disiplin Manajemen Pendidikan Islam/Manajemen Pendidikan yang akan diterbitkan dua kali dalam setahun <strong>(Juni dan Desember)</strong> dan disebarluaskan setelah melalui mekanisme pemilihan naskah, studi mitra berkelanjutan, dan proses penyuntingan.</p>https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/mata/article/view/1812Sistem Monitoring Perkembangan Akademik Peserta Didik di Sekolah2024-12-10T09:14:31+00:00damay[email protected]Mirzon Daheri[email protected]Jumira Warlizasusi[email protected]Sumarto[email protected]<p>Penelitian ini membahas mengenai Sistem monitoring Perkembangan Akademik Peserta Didik di sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui lebih mendalam tentang sistem monitoring pengembangan akademik peserta didik saat ini yang di gunakan di sekolah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan (library research). Penelitian pustaka melihat literatur yang relevan, seperti artikel jurnal ilmiah, buku, dokumen, dan penelitian yang berkaitan tentang masalah yang terkait. Hasil penelitian ini bahwa sistem monitoring akademik dirancang untuk melacak, mengevaluasi, dan meningkatkan prestasi dan perkembangan siswa secara keseluruhan selama proses pembelajaran. Hasil akhir dari pengembangan sistem monitoring ini adalah sistem yang dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah dalam proses pembelajaran. Dengan sistem yang efektif, diharapkan setiap aspek perkembangan siswa dapat terpantau dengan baik, sehingga upaya peningkatan kualitas pendidikan dapat lebih terarah dan terukur.</p>2024-12-10T08:40:59+00:00Copyright (c) 2024 MATAAZIR: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/mata/article/view/1831Strategi Meningkatkan Minat Baca Siswa SMA Ma’arif 1 Pamekasan Melalui Program Literasi2024-12-12T02:33:05+00:00Fina Tamara El-Haris[email protected]Zeinal Abidin[email protected]Halimatus Sa’diyah[email protected]<p>This study aims to determine the strategy in increasing the reading interest of Ma'arif 1 Pamekasan High School students through the literacy program. The research method used by the author is a qualitative descriptive approach. Data were collected through observation, interviews and documentation at SMA Ma'arif 1 Pamekasan. The sources consisted of the principal, the head of the library, and the students of SMA Ma'arif 1 Pamekasan using the interactive model data analysis technique. The results of this study show that the strategies implemented at SMA Ma'arif 1 Pamekasan include providing interesting reading sources, routine literacy activities, creating a comfortable reading environment, and evaluating literacy programs. Although the literacy program has improved students' reading interest, insight and academic achievement. However, there are still some challenges such as the lack of book collections and the low reading interest of some students. However, the school tries to offer interesting literacy programs and collaborates with several stakeholders to improve library facilities. Overall, the literacy program at SMA Ma'arif 1 Pamekasan succeeded in increasing students' interest in reading, improving students' morale and making the learning environment more active and dynamic.</p>2024-12-10T08:44:36+00:00Copyright (c) 2024 MATAAZIR: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/mata/article/view/1916Strategi Kepala Sekolah Dalam Mengelola Konflik di SMKN 4 Sijunjung2024-12-12T02:38:41+00:00Devia Ainin Nugrah[email protected]Suswati Hendriani[email protected]<p>Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa konflik itu tidak dapat dihindari karena manusia diciptakan berbeda-beda dalam kepentingan dan sebaiknya konflik dikelola dengan sebaiknya agar membawa keuntungan bagi suatu lembaga, tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan bagaimana strategi kepala sekolah dalam mengelola konfik. Penelitian ini menggunakan metode wawancara terbuka. Dalam penelitian ini sumber datanya yaitu, data primer yang bersumber dari kepala sekolah menggunakan teknik triangulasi waktu. Teknik analisis datanya menggunakan data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), conclusion drawing/ verification (penarikan kesimpulan). Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa: Kepala Sekolah SMK N 4 Sijunjung sebagai pemimpin lembaga tertinggi di sekolah mempunyai kewajiban untuk mengelola konflik agar sekolah yang dipimpinnya menjadi sejahtera dengan menggunakan strtategi mengelola konflik sebagai berikut: (1) memperjelas tugas setiap komponen dalam lembaga sekolah (2) memberikan penjelasan dan melakukan sosialisasi kepada setiap setiap komponen di lembaga sekolah terhadap kebijakan yang dibuat (3) mencari informasi secepatnya terhadap pihak yang berkonflik. (4) melakukan mediasi dengan berinteraksi dengan pihak yang berkonflik di waktu yang tepat. Konflik memiliki dampak positif dalam meningkatkan semangat kerja, menjadikan sekolah lebih baik, dan menjadi terbuka satu sama lain. Dampak negative dari konflik membuat serangkaian kegiatan dan program yang telah disusun menjadi berantakan</p>2024-12-10T08:52:54+00:00Copyright (c) 2024 MATAAZIR: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/mata/article/view/1960Pesantren Sebagai Model Pendidikan Holistik: Keseimbangan antara Ilmu Agama dan Ilmu Umum2024-12-12T03:02:35+00:00lina mayasari siregar[email protected]nur fitryani siregar[email protected]<p>Pesantren merupakan salah satu lembaga pendidikan tertua di Indonesia yang memiliki peran penting dalam pembentukan karakter dan pengetahuan generasi muda. Sejak dahulu, pesantren dikenal sebagai lembaga yang fokus pada pengajaran ilmu agama. Namun, seiring dengan perkembangan zaman, banyak pesantren yang mulai mengintegrasikan ilmu umum dalam kurikulum mereka, yaitu dengan cara menerapkan model pendidikan holistik. Adapun jenis penelitian ini adalah <em>literature review</em> dengan menggunakan analisis isi (content analysis). Analisis isi digunakan untuk memahami teks-teks dokumen yang relevan dalam upaya mengungkap data-data penting dari tema yang diteliti. Hasil pembahasan penelitian ini bahwa pesantren dengan konsep holistik dapat diaplikasikan melalui kurikulum yang mencakup ilmu agama dan ilmu umum. Ilmu agama, yang meliputi studi tentang Al-Qur'an, Hadis, Fiqh, dan Tasawuf, berfungsi sebagai fondasi spiritual dan moral bagi santri. Di sisi lain, ilmu umum seperti matematika, sains, bahasa, dan teknologi diajarkan untuk mempersiapkan santri dalam menghadapi tantangan kehidupan modern. Pesantren sebagai model pendidikan holistik menawarkan keseimbangan yang ideal antara ilmu agama dan ilmu umum. Pendekatan ini tidak hanya menghasilkan santri yang cerdas secara intelektual, tetapi juga memiliki kedalaman spiritual dan moral yang kuat, karena pendekatan holistic adalah pendekatan yang mengedepankan perkembangan menyeluruh dari setiap individu, meliputi aspek intelektual, emosional, spiritual, dan sosial. Dengan demikian, pesantren memiliki peran penting dalam mencetak generasi yang mampu menghadapi tantangan zaman modern tanpa kehilangan identitas keagamaan mereka. Penting bagi pesantren-pesantren di Indonesia untuk terus mengembangkan dan mengoptimalkan pendekatan holistik ini guna meningkatkan kualitas pendidikan dan kontribusi mereka terhadap pembangunan bangsa.</p>2024-12-10T08:58:56+00:00Copyright (c) 2024 MATAAZIR: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/mata/article/view/2012Manajemen Kewirausahaan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kemandirian Peserta Didik Di MI Negeri 2 Kecamatan Bukit Kabupaten Bener Meriah 2024-12-12T02:58:03+00:00Almin Sutoyo[email protected]Syahrizal[email protected]Iskandar[email protected]<p>Krisis multidimensional dan perubahan yang terjadi dalam dunia pendidikan telah mengaburkan fungsi yang sesungguhnya dari kepala madrasah, tuntutan dari lembaga dinas kemenag membuat kepala madrasah terkungkung untuk menjalankan rutininitas seperti pola kepemimpinan sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan mengevaluasi manajemen kewirausahaan Kepala MIN 2 Bener Meriah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain: Wawancara kepada kepala madarasah MIN 2 Bener Meriah, dan dokumentasi dari kegiatan siswa. Subjek penelitian ini meliputi kepala madrasah, wakil kepala bagian kesiswaan, guru. Analisis data dengan menggunakan deskriptif kualitatif yang dimulai dari kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan yang dilakukan kepala madrasah meliputi penyusunan program Madrasah dalam kewirausahaan melalui penentuan jadwal kewirausahaan market day dan koperasi siswa, pembimbing kewirausahaan, dan keikutsertaan peserta didik dan evaluasi yang melibatkan tenaga pendidik dan kependidikan, komite sekolah, serta orang tua siswa; (2) Pelaksanaan yang dilakukan pada kewirausahaan kepala madrasah dalam meningkatkan kemandirian peserta didik melalui pembinaan, keikutsertaan peserta didik dalam melaksakan kegitan berwirausaha serta motivasi berupa komunikasi intenstif, Tagline MIN Inovasi, dan <em>reward; </em>(3) Evaluasi dilakukan oleh kepala madrasah dalam bentuk pemantauan, secara langsung dan pelaporan. Supervisi terhadap program belum ada instrumen supervisi yang terukur.</p>2024-12-10T09:07:33+00:00Copyright (c) 2024 MATAAZIR: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/mata/article/view/2013Strategi Dan Model Kepemimpinan Dalam Mencapai Keberhasilan di Dunia Pendidikan2024-12-12T01:40:15+00:00Khoirotun Nisa' aisunu[email protected]M. Imamul Muttaqin[email protected]<p><em>Education is a fundamental element in nation building, but the quality of education in many countries still does not meet expected standards. Leadership plays a key role in efforts to improve the quality of education, where effective leaders can increase teacher motivation and student performance. This research aims to examine effective leadership strategies and models in the world of education. With a qualitative approach based on literature study, data was collected through document analysis in the form of journal articles, books and research reports. The data analysis process uses thematic analysis to identify main themes. Validity and reliability are maintained through source triangulation. The research results show that leadership strategies which include bartering, building, binding, and bonding are able to encourage the achievement of educational goals. Leadership models such as authoritarian, democratic, charismatic, transformational, and spiritual are also identified as significant approaches in leading educational institutions. Factors such as morality, organizational culture, and rewards were found to be the main elements of successful educational leadership. Thus, effective leadership is expected to support the optimal achievement of national education goals.</em></p>2024-12-10T09:10:00+00:00Copyright (c) 2024 MATAAZIR: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan