2024-03-29T05:41:32Z
https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/mata/oai
oai:ojs2.jurnal.stain-madina.ac.id:article/2
2020-05-04T09:17:31Z
mata:ART
oai:ojs2.jurnal.stain-madina.ac.id:article/4
2020-05-04T09:17:31Z
mata:ART
oai:ojs2.jurnal.stain-madina.ac.id:article/5
2020-05-04T09:17:31Z
mata:ART
oai:ojs2.jurnal.stain-madina.ac.id:article/6
2020-05-04T09:17:31Z
mata:ART
oai:ojs2.jurnal.stain-madina.ac.id:article/7
2020-05-04T09:17:31Z
mata:ART
oai:ojs2.jurnal.stain-madina.ac.id:article/41
2024-01-24T10:51:23Z
mata:ART
Paradigma Belajar Mengaji Secara Online Pada Masa Pandemic Coronavirus Disease 2019 (Covid-19)
Syah Putra, Arman
Radita, Fatrilia Rasyi
Coronavirus Disease 2019 (Covid-19), belajar, mengaji, online.
Pada saat PandemicCoronavirus Disease 2019 (Covid-19) sekarang ini semua kegiatan harus dilakukan dari rumah saja, bekerja di rumah, belajar di rumah dan beribadah di rumah, dengan mengurangi aktivitas di luar rumah maka memutus mata rantai Coronavirus Disease 2019 (Covid-19), dengan latar belakang ini lah maka penulis mengangkat penelitian tentang efektivitas belajar mengaji secara online, jadi pembelajaran tetap dilakukan meski dari rumah, mengaji adalah salah satu kegiatan yang ada di sekitar kita, banyak taman pendidikan Alquran (TPA) berada di sekitar kita, untuk memberikan pembelajaran alquran untuk masyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini dengan melakukan literature review atau tinjauan pustaka dengan membaca banyak jurnal yang terdahulu yang berisikan penelitian yang sama dengan penelitian yang sedang dilakukan. Pada saat ini semua pembelajaran dilakukan di rumah, dari play group sampai perguruan tinggi melakukan belajar dan mengajar dari rumah, oleh karena itu demi berjalan nya belajar mengaji tetap berjalan maka pembelajaran dilakukan secara online. Pada penelitian ini penulis mengangkat masalah tentang efektivitas belajar mengaji secara online, agar belajar dan mengajar tetap berjalan di masa PandemicCoronavirus Disease 2019 (Covid-19).
Kata Kunci : Coronavirus Disease 2019 (Covid-19), belajar, mengaji, online.
STAIN Madina Press
2020-07-02
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
application/pdf
https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/mata/article/view/41
10.56874/jamp.v1i1.41
MATAAZIR: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan ; Vol. 1 No. 1 (2020): Edisi Januari-Juni 2020; 49-61
2721-821X
10.56874/jamp.v1i1
eng
https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/mata/article/view/41/84
Copyright (c) 2020 MATAAZIR: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan
oai:ojs2.jurnal.stain-madina.ac.id:article/58
2024-01-24T10:50:44Z
mata:ART
Kontribusi Pelaksanaan Supervisi Akademik Oleh Kepala Sekolah Dan Kompetensi Pedagogik Terhadap Kinerja Guru
Novebri, Novebri
This research was a case where the result of observation researcher at Elementary School in Kecamatan Enam Lingkung that shows the low level of teacher performance. Many factors that affect teacher performances among which are academic supervision and pedagogical competence. The purpose of this research are to know about: (1) contribution of academic supervision to teacher performance, (2) contribution of pedagogical competence to teachers performance, and (3) contribution of academic supervision and pedagogical competence are jointly to teachers performance.
The method of this study is quantitative research with 157 teachers. Sample in this research has taken by the use stratified proportional random sampling method, total sample in this research are 78 teachers. Instrument in this research using questionnaire and test.
The results of the analysis data show that (1) academic supervision contributes significantly to teachers of 44%, (2) pedagogical competence contributes significantly to teachers 12,1 %, and (3) academic supervision and pedagogical competence are jointly make a significant contribution to teachers performance of 44,2%, so the conclusion of this research are that hypothesis acceptable empirically and academic supervision and pedagogical competence variable are two factors that contribute to the teacher performance and 55,8% of the remaining influence by another factors.
STAIN Madina Press
2020-07-02
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
application/pdf
https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/mata/article/view/58
10.56874/jamp.v1i1.58
MATAAZIR: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan ; Vol. 1 No. 1 (2020): Edisi Januari-Juni 2020; 27-38
2721-821X
10.56874/jamp.v1i1
eng
https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/mata/article/view/58/82
Copyright (c) 2020 MATAAZIR: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan
oai:ojs2.jurnal.stain-madina.ac.id:article/62
2024-01-24T10:50:57Z
mata:ART
Pembiayaan Pendidikan Islam Abad XXI: Analisis Terhadap UU Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Pembiayaan Pendidikan Islam di Madrasah
Nasution, Faisal Musa
Sawaluddin
pembiayaan, pendidikan Islam, kualitas, dan manajemen.
Sebagai pendidikan formal, madrasah dalam Sistem Pendidikan Nasional memiliki kedudukan yang sama dengan lembaga sekolah pada umumnya, namun realitanya di lapangan masih terdapat perbedaan, khususnya dalam hal sarana prasararan dan pembiayaan pendidikan yang masih jauh dari ideal. Hal tersebut mengakibatkan pendidikan Islam masih tertinggal jauh di belakang, untuk itu perlu manajemen yang dan tata kelola finansial pendidikan yang baik. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengelolalan Pembiayaan Pendidikan Islam Abad XXI; Analisis tehadap UU Nomor 20Tahun 2003 tentang Pembiaya Pendidikan Islam di Madrasah. Iplikasi dari penelitian ini diharapkan menjadi tolak ukur dalam mengelola pendidikan Islam di Abad XXI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan library research, dengan sumber data UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan tentang Pembiayaan Pendidikan Islam Abad XXI; Analisis tehadap UU Nomor 20Tahun 2003 tentang Pembiaya Pendidikan Islam di Madrasah, maka dapat di tarik kesimpulan bahwa pembiayaan madrasahh adalah: pertama Dana yang bersumber dari pemerintah pusat dan daerah, kedua Zakat, Infak, Shodaqoh dan Wakaf, ketiga Dana yang bersumber dari masyarakat (orangtua siswa), keempat dana yang berasal dari bantuan-bantuan masyarakat bukan orang tua siswa termasuk diantaranya lembaga-lembaga donor dalam dan luar negeri.
STAIN Madina Press
2020-07-02
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
application/pdf
https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/mata/article/view/62
10.56874/jamp.v1i1.62
MATAAZIR: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan ; Vol. 1 No. 1 (2020): Edisi Januari-Juni 2020; 14-36
2721-821X
10.56874/jamp.v1i1
eng
https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/mata/article/view/62/81
Copyright (c) 2020 MATAAZIR: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan
oai:ojs2.jurnal.stain-madina.ac.id:article/63
2024-01-24T10:51:10Z
mata:ART
Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Madrasah Aliyah Alhakimiyah Padang Lawas: Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Madrasah Aliyah Alhakimiyah Padang Lawas
Siregar, Lina Mayasari
peran, kepala madrasah, mutu
Madrasah merupakan lembaga pendidikan Islam yang memiliki peluang yang cukup besar untuk menjadi alternatif pilihan pendidikan masa depan bila mampu merespon dan kemudian secara internal mengembangkan sistem manajemen yang profesional. Sehingga menghasilkan output lembaga pendidikan yang memiliki pemahaman pengetahuan umum dan agama yang cukup serta memiliki nilai-nilai moral yang sesuai dengan Islam. Dalam hal ini, peneliti ingin membahas mengenai peran kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Aliyah Alhakimiyah Padang Lawas, dengan sub fokus mencakup: (1) tipe kepemimpinan kepala madrasah, (2) peran kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan di madrasah Aliyah Alhakimiyah Padang Lawas.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus dan penelitian lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisa menggunakan interactive analysis models meliputi pengumpulan data, reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan temuan dilakukan atas empat kriteria yaitu: (1) kepercayaan (kredibilitas). Dengan teknik perpanjangan waktu observasi, ketekunan/keajegan, triangulasi dengan menggunakan berbagai sumber, teori dan metode; (2) keteralihan (transferibilitas), (3) kebergantungan (dependebilitas), (4) kepastian (konfirmabilitas). Informan penelitian yaitu kepala madrasah, waka bagian kurikulum, dewan guru dan staf, dan siswi madrasah Aliyah Alhakimiyah Padang Lawas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tipe kepemimpinan kepala madrasah adalah kepemimpinan spiritual, dalam aspek pengambilan keputusan dapat dikategorikan menjadi dua yaitu spiritual demokratis dan spiritual otoriter. (2) peran kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan adalah berperan sebagai manajer, supervisor, inovator, leader, integrator, educator, dan sebagai motivator.
STAIN Madina Press
2020-07-02
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
application/pdf
https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/mata/article/view/63
10.56874/jamp.v1i1.63
MATAAZIR: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan ; Vol. 1 No. 1 (2020): Edisi Januari-Juni 2020; 1-13
2721-821X
10.56874/jamp.v1i1
eng
https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/mata/article/view/63/80
Copyright (c) 2020 MATAAZIR: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan
oai:ojs2.jurnal.stain-madina.ac.id:article/83
2024-01-24T10:50:31Z
mata:ART
Membangun Konsep Dasar Manajemen Pendidikan dengan Metode Mind Mapping pada Mahasiswa Tahun I Program Studi Manajemen Pendidikan Islam STAIN Mandailing Natal
Defi, Wahyu Fitrina
concepts, paradigm, mindmapping, management
The learning transformation at this recent days and it’s move from 4.0 to 5.0 area make every education institution should always upgrade with various developments in science and technology, if it’s not able to adjust to the pace of the movement, educational institutions are prepared to be unable to achieve their goal in a certain phase later. Beside that the learning methods should always be upgraded too. Mindmapping method is a method that can create creativity and mindset of students and they will be able to build their understanding of certain concepts. This research is a qualitative research with a case study approach. Data in this research was collected by observation, interview, and documentation study. Data were analyzed through three stages: data reduction, data presentation, and conclusion. Informant research are the first Islamic Educational Management Study Program students at STAIN Mandailing Natal with the three subject matter, they are organizational management at the first semester, schools management at the second semester. The findings of this research are: 1) The process of applying the mindmapping method, 2) Problem and solutions encountered in applying the mindmapping method
STAIN Madina Press
2020-07-02
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
application/pdf
https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/mata/article/view/83
10.56874/jamp.v1i1.83
MATAAZIR: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan ; Vol. 1 No. 1 (2020): Edisi Januari-Juni 2020; 39-48
2721-821X
10.56874/jamp.v1i1
eng
https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/mata/article/view/83/83
Copyright (c) 2020 MATAAZIR: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan
oai:ojs2.jurnal.stain-madina.ac.id:article/232
2024-01-24T10:49:26Z
mata:ART
PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN MELALUI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI SD IT HAJI DDJALALUDDIN
Septrisia, Reni
Ayu Monia, Fenny Ayu Monia
Hanafi, Imam
Kepala Sekolah, Mutu, Pendidikan
Penelitian mini adalah untuk mengetahui peran kepala sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan melalui manajemen berbasis sekolah, maka jika ditinjau dari segi tempat penelitian ini termasuk penelitian lapangan (fild research). peneliti langsung menggali data di lapangan, yaitu di SD IT Haji Djalaluddin disamping itu penelitian bersifat kualitatif, yaitu penelitian yang prsedurnya menghasilkan data deskriptif yang berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang atau perilaku yang diamati.
Peran kepala sekolah dalam peningkatan mutu Pendidikan melalui Manajemen Berbasis Sekolah di SD IT Haji Djalaluddin tahun pelajaran 2019/2020, yaitu sebagai berikut; (a). Peran Kepala sekolah sebagai pemimpin (leader) (b). Peran Kepala sekolah sebagai supervisor (c). Peran Kepala sekolah sebagai educator (d). Peran Kepala sekolah sebagai innovator (e). Peran Kepala sekolah sebagai motivator.
Peran guru dalam peningkatan mutu Pendidikan melalui Manajemen Berbasis Sekolah di SD IT Haji Djalaludding tahun pelajaran 2019-2020, yaitu sebagai berikut; (a). Dalam proses belajar mengajar guru telah menggunakan metode atau strategi yang bervariasi. (b). Mengikuti peningkatan kompotensi guru. (c). Mendampingi siswa dalam kegiatan ekstrakulikuler keagamaan. (d). Memberikan bimbingan dan teladan pada siswa. (e). Memberikan motivasi kepada siswa.
STAIN Madina Press
2021-01-08
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
application/pdf
https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/mata/article/view/232
10.56874/jamp.v1i2.232
MATAAZIR: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan ; Vol. 1 No. 2 (2020): Edisi Juli-Desember 2020; 106-116
2721-821X
10.56874/jamp.v1i2
eng
https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/mata/article/view/232/232
Copyright (c) 2021 MATAAZIR: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan
oai:ojs2.jurnal.stain-madina.ac.id:article/234
2024-01-24T10:49:52Z
mata:ART
Penerapan TSB menggunakan Aplikasi GC untuk meningkatkan Kompetensi Profesional Guru dalam Pelaksanaan PJJ Integratif
Martati, Eustasia Christine
TSB, Google Classroom, PJJ Interaktif
Pembelajaran jarak jauh interaktif memerlukan media pembelajaran yang menarik dalam meningkatkan minat dan kreativitas siswa dalam belajar. Salah satu masalah yang dihadapi adalah kurang mahirnya guru dalam penguasaan teknologi media pembelajaran. Solusi yang dapat digunakan adalah dengan mengadakan pelatihan Teknik tutor sebaya yang melibatkan pemateri yang ahli dibidang penguasaan IT media pembelajaran. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dengan instrument angket respon melalui google form. Adapun pengambilan data dilakukan dengan melalui beberapa tahapan, yaitu: 1) mendiskusikan permasalahan dalam menggunakan media pembelajaran 2) merumuskan strategi yang tepat untuk mengatasi permasalahan 3) melaksanakan kegiatan pelatihan yang melibatkan guru-guru, 4) menyebarkan angket untuk diisi oleh peserta, dan mengumpulkannya, 5) melakukan evaluasi terhadap pelatihan yang telah dilaksanakan. Pelatihan tutor sebaya ini diharapkan dapat memberikan pemahaman dan meningkatkan keterampilan guru dalam menggunakan Google Classroom sehingga dapat meningkatkan profesionalisme guru tersebut. Dari hasil angket respon disimpulkan bahwa penerapan tutor sebaya dalam penggunaan Google Classroom dapat meningkatkan pemahaman dan profesionalisme guru dalam pembelajaran jarak jauh interaktif.
STAIN Madina Press
2021-01-08
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
application/pdf
https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/mata/article/view/234
10.56874/jamp.v1i2.234
MATAAZIR: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan ; Vol. 1 No. 2 (2020): Edisi Juli-Desember 2020; 95-105
2721-821X
10.56874/jamp.v1i2
eng
https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/mata/article/view/234/231
Copyright (c) 2021 MATAAZIR: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan
oai:ojs2.jurnal.stain-madina.ac.id:article/235
2024-01-24T10:50:18Z
mata:ART
THE EFFECT OF ZOOM MEETING ON E-LEARNING BASED REMOTE LEARNING IN IMPROVING STUDENT COGNITIVE ABILITY: PENGARUH ZOOM MEETING PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH BERBASIS E-LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA
Widyaningrum, Dian Permanasari
Zoom Meeting, Pembelajaran jarak jauh, e-learning, kognitif
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengaruh zoom meeting pada pembelajaran jarak jauh berbasis e-learning dalam meningkatkan kemampuan kognitif siswa. Penelitian merupakan jenis penelitian quasi eksperimen dengan desain Pretest-posttest One Group Design. Sampel dalam penelitian ini diperoleh dengan teknik cluster random sampling dari populasi seluruh siswa SMA N 1 Weleri yaitu kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen. Analisis data menggunakan uji statistik parametrik yaitu N-gain dan uji-t (paired sampel t test). Uji normalitas gain menunjukkan bahwa rata-rata hasil postest mengalami peningkatan sebesar 0,53 dengan kriteria sedang. Hasil uji paired sampel t test nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan penerapan zoom meeting pada pembelajaran jarak jauh berbasis e-learning mempunyai pengaruh signifikan dalam meningkatkan kemampuan kognitif siswa.
STAIN Madina Press
2021-01-02
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
application/pdf
https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/mata/article/view/235
10.56874/jamp.v1i2.235
MATAAZIR: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan ; Vol. 1 No. 2 (2020): Edisi Juli-Desember 2020; 62-77
2721-821X
10.56874/jamp.v1i2
eng
https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/mata/article/view/235/213
Copyright (c) 2021 MATAAZIR: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan
oai:ojs2.jurnal.stain-madina.ac.id:article/256
2024-01-24T10:50:05Z
mata:ART
UPAYA KEPALA SEKOLAH DALAM MENGEMBANGKAN KEAGAMAAN SISWA DI SMA NURUL ‘ILMI PADANG SIDIMPUAN
Siregar, Irma Suryani
peran, kepala sekolah, keagamaan
Sekolah merupakan lembaga pendidikan setelah keluarga. Orang tua sebagai pendidik dalam keluarga memiliki keterbatasan untuk mendidik anak-anak mereka, sehingga para orang tua menyerahkan anak-anak mereka ke sekolah. Sejalan dengan kepentingan dan masa depan anak-anak mereka, orang tua sangat selektif dalam menentukan sekolah untuk anak-anak mereka. Orang tua yang berasal dari keluarga yang taat beragama akan memasukkan anak-anaknya ke sekolah agama, atau mungkin orang tua yang merasa kesulitan mengendalikan tingkah laku anaknya, akan memasukkan anak mereka ke sekolah agama dengan harapan secara kelembagaan sekolah tersebut dapat memberi pengaruh dalam membentuk kepribadian anak-anak tersebut. Oleh karena itu kepala sekolah harus menampung aspirasi para orang tua dengan mengembangkan lembaga yang ia pimpin menjadi lembaga pendidikan yang mampu mengembangkan keagamaan siswa sesuai dengan harapan orang tua siswa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode wawancara mendalam, observasi partisipan dan dokumentasi. Kemudian diperiksa kebenaran, kecocokan dan kehandalannya melalui kredibilitas, transferabilitas, dependebilitas dan konfirmabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) peran kepala sekolah dalam mengembangkan keagamaan siswa SMA Nurul ‘Ilmi adalah sebagai manajer, supervisor, leader, integrator, educator, dan sebagai motivator. (2) upaya kepala sekolah dalam mengembangkan keagamaan siswa SMA Nurul Ilmi adalah membuat program asrama (boarding school) yang berfungsi sebagai sarana penanaman nilai-nilai ilahiyah siswa, pembentukan karakter siswa dan juga melatih kemandirian. Adapun kegiatan yang dilakukan di asrama antara lain: memprogram rutinitas siswa sebagaimana rutinitas di pesantren, seperti sholat berjamaah, mengadakan kajian-kajian Islam melalui ceramah keagamaan, kajian tafsir, membentuk kelompok studi Islam, mengadakan kajian keputrian, memperingati hari-hari besar Islam, mengadakan cerdas-cermat di bidang keagamaan, menonton film-film islam,. mengadakan tafakkur ‘alam, dan lain sebagainya.
STAIN Madina Press
2021-01-02
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
application/pdf
https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/mata/article/view/256
10.56874/jamp.v1i2.256
MATAAZIR: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan ; Vol. 1 No. 2 (2020): Edisi Juli-Desember 2020; 78-94
2721-821X
10.56874/jamp.v1i2
eng
https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/mata/article/view/256/214
Copyright (c) 2021 MATAAZIR: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan
oai:ojs2.jurnal.stain-madina.ac.id:article/268
2024-01-24T10:49:39Z
mata:ART
Headmaster’s Policies Pattern in the Learning Process at Covid 19 Pandemic Era (Case Study at SDN 28 Air Tawar Timur, Padang Utara Ditrict)
rosita, efiana
policy, learning process, covid 19, creativity
Manage a school in a pandemic covid 19 is not a simple one by a headmaster. Need an adjustments from various aspects such as geographical conditions of the outbreak of covid 19, healthy lifestyle patterns of the school society, the availability of facilities provided by school if the learning process will do and others reason that make the learning process in this recent time is not simple. The unsimplicity is further complicated when we observed at elementary school as a lowest level with various students who have lack of understanding to information technology and a learning system. The emergence challenges that exist in the learning process of the covid 19 pandemic era need a headmaster who can finding many ideas and policies being opportunity for producing the creativity of the teachers, students, and parents. This research is a qualitative research with a case study approach. Data in this research was collected by observation, interview, and documentation study. Data were analyzed through three stages: data reduction, data presentation, and conclusion. Informant research are the headmaster, teachers, students, parents, and supervisor. The findings of this research are: 1) The policy pattern by headmaster at SDN 28 Air Tawar Timur based on democracy system, 2) The policy was made by headmaster for teachers, students, and parents, 3) The headmaster’s policies at SDN 28 Air Tawar Timur in the learning process and pandemic era giving impact for creativity of the teachers, students, and parents.
STAIN Madina Press
2021-01-08
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
application/pdf
https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/mata/article/view/268
10.56874/jamp.v1i2.268
MATAAZIR: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan ; Vol. 1 No. 2 (2020): Edisi Juli-Desember 2020; 117-128
2721-821X
10.56874/jamp.v1i2
eng
https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/mata/article/view/268/243
Copyright (c) 2021 MATAAZIR: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan
oai:ojs2.jurnal.stain-madina.ac.id:article/399
2024-01-24T10:49:13Z
mata:ART
MANAJEMEN PROGRAM IMTAQ DI SMAN 1 SUMATERA BARAT
sofyan, sofyan
Manajemen, Program, Imtaq
Masalah penelitian ini adalah belum diketahuinya: (1) Perencanaan program Imtaq di SMA Negeri 1 Sumatera Barat, (2) Pelaksanaan program Imtaq di SMA Negeri 1 Sumatera Barat, (3) Bagaimana kontrol program Imtaq di SMA Negeri 1 Sumatera Barat, (4) Bagaimana bentuk evaluasi terhadap program Imtaq di SMA Negeri 1 Sumatera Barat.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Perencanaan program Imtaq di SMA Negeri 1 Sumatera Barat, (2) Pelaksanaan program Imtaq di SMA Negeri 1 Sumatera Barat, (3) kKontrol program Imtaq di SMA Negeri 1 Sumatera Barat, (4) Bagaimana evaluasi terhadap program Imtaq di SMA Negeri 1 Sumatera Barat.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Informan penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala bagian kesiswaan, wakil kepala bagian kurikulum, guru pembina program Imtaq, guru PAI dan siswa. Lokasi penelitian di SMA Negeri 1 Sumatera Barat. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman melalui pengumpulan data, reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber dan metode.
STAIN Madina Press
2021-07-14
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
application/pdf
https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/mata/article/view/399
10.56874/jamp.v2i1.399
MATAAZIR: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan ; Vol. 2 No. 1 (2021): Edisi Januari-Juni 2021; 129-138
2721-821X
10.56874/jamp.v2i1
eng
https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/mata/article/view/399/362
Copyright (c) 2021 MATAAZIR: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan
oai:ojs2.jurnal.stain-madina.ac.id:article/530
2024-01-24T10:48:59Z
mata:ART
Pengaruh Kebijakan Pembinaan Keislaman Terhadap Kompetensi Profesionalisme Dosen Universitas Islam Riau
Musaddad Harahap
Miftah Syarif
Sholeh
Pembinaan
Keislaman
Dosen
Profesionalisme
Masalah dalam penelitian ini adalah pentingnya eksistensi dosen di perguruan tinggi. Banyak faktor yang menentukan keberhasilan pendidikan di perguruan tinggi, salah satunya adalah dosen yang profesional. Rumusan masalah penelitian adalah bagaimana pengaruh kebijakan pembinaan keislaman terhadap profesionalisme dosen Universitas Islam Riau. Asumsi awal sebelum dilakukan penelitian adalah terdapat pengaruh pembinaan keislaman terhadap terhadap profesionalisme dosen di Universitas Islam Riau. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, instrument pengumpulan datanya adalah angket. Untuk analisis data menggunakan regresi linier sederhana. Setelah dilakukan riset maka ditemukan nilai signifikansi 0.02 < probabilitas 0.05, hal ini mengindikasikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kebijakan pembinaan keislaman terhadap profesionalisme dosen di Universitas Islam Riau. Pengaruh kebijakan pembinaan keislaman terhadap profesionalisme dosen di Univeristas Islam memiliki pengaruh positif berdasarkan nilai b = angka koefisien 0.555. Besaran pengaruh antara kebijakan pembinaan keislaman terhadap profesionalisme dosen adalah 17.1%, sisanya sebesar 82.9% diprediksi dipengaruhi faktor-faktor lain. Sementara jika dilihat hubungan antara kedua variabel penelitian ini volumenya hanya pada level cukup kuat. Hal ini ditentukan berdasarkan nilai R sebesar 0.413, angka ini terletak pada rentang 0.40 – 0.599. Dengan demikian untuk meningkatkan profesionalisme dosen perlu sekali pimpinan untuk selalu mengadakan kegiatan-kegiatan keagamaan sehingga kesadaran keagamaan dosen tumbuh. Tumbuhnya kesadaran keagamaan dosen, secara teori akan dapat meningkatkan kinerja akademik mereka.
STAIN Madina Press
2021-12-06
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
application/pdf
https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/mata/article/view/530
10.56874/jamp.v2i1.530
MATAAZIR: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan ; Vol. 2 No. 1 (2021): Edisi Januari-Juni 2021; 139-157
2721-821X
10.56874/jamp.v2i1
eng
https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/mata/article/view/530/447
Copyright (c) 2021 MATAAZIR: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan
oai:ojs2.jurnal.stain-madina.ac.id:article/538
2024-01-24T10:48:46Z
mata:ART
Kebijakan Kurikulum di Masa Pandemi
Emiliya Fatmawati
Kebijakan kurikulum, pandemi, perubahan
Pandemi di Indonesia masih berlangsung hingga sekarang, sudah hampir 2 tahun masyarakat Indonesia hidup berdampingan dengan virus covid-19. Melihat 2 tahun kebelakang banyak sekali sektor negara yang berubah, salah satunya yakni pendidikan. Tujuan pendidikan tentu sangat mulia yakni memanusiakan manusia. Yang berarti membantu peserta didik untuk kembali kepada fitrahnya serta membimbing peserta didik agar dapat menjalani kehidupan di masa depan. Tujuan tersebut telah dirancang dengan terstruktur dalam kurikulum. Pandemi turut berpengaruh terhadap kurikulum pada setiap jenjang pendidikan. Kebijakan kurikulum berubah menjadi desentralisasi sekolah. Yang berarti pihak sekolah diberikan kewenangan untuk membuat peraturan secara mandiri. Saat pandemi, kurikulum membebaskan setiap sekolah untuk melakukan proses pembelajaran baik itu tatap muka ataupun pembelajaran jarak jauh (pjj). Alasan ini didasari oleh luasnya wilayah Indonesia sehingga tidak semua daerah memiliki sinyal yang mendukung dalam proses pembelajaran. Adanya kebijakan kurikulum dimasa pandemi turut mendorong sekolah untuk meningkatkan mutu pembelajaran. Perubahan ini juga dipicu oleh tantangan pendidikan yang berbeda antara satu sekolah dengan yang lainnya. Karena itulah penulis membahas mengenai kebijakan kurikulum di masa pandemi. Tujuannya yakni memahami kurikulum secara menyeluruh baik itu konsep kurikulum, ruang lingkup, problematika kurikum di masa pandemi serta kebijakan kurikulum dan implemntasinya. Sedangkan metode yang digunakan adalah studi kepustakaan dengan pendekatan kualitatif
STAIN Madina Press
2022-03-17
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
application/pdf
https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/mata/article/view/538
10.56874/jamp.v2i1.538
MATAAZIR: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan ; Vol. 2 No. 1 (2021): Edisi Januari-Juni 2021; 158-173
2721-821X
10.56874/jamp.v2i1
eng
https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/mata/article/view/538/558
Copyright (c) 2022 MATAAZIR: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan
oai:ojs2.jurnal.stain-madina.ac.id:article/567
2024-01-24T10:48:33Z
mata:ART
ANALISIS KEBIJAKAN PEMERINTAH TERHADAP KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN ONLINE DI SD NEGERI 118172 NORMARK (KOTAPINANG) PADA MASA PANDEMI COVID-19
resmaya, nina
Masalah dalam penelitian ini adalah kebijakan pemerintah terhadap efektivitas belajar online di SD pada masa pandemi covid-19. . Banyak faktor yang membuat kurang efektifnya pembelajaran online dikala masa pandemi . rumusan masalah penelitian ini adalah dampak covid-19 terhadap pembelajaran online di SD Normark, dampak covid-19 terhadap pelajar serta inovasi yang didapat dari pandemi covid-19 ini. Untuk mengetahui nya maka diadakanlah riset tentang analisis kebijakan pemerintah terhadap keefektifan pembelajaran online. Dampak covid-19 sangat dirasakan oleh pelajar di SD Negeri 118172 Normark (Kota Pinang). Tidak hanya pada sulitnya ekonomi dan pendidikan yang begitu rumit melalui sistem daring yang menggunakan paket data dan hp android. Masalah yang dihadapi pelajar saat belajar online adalah pelajar sulit berkonsultasi dengan guru untuk dapat memahamkan dan menerima penjelasan yang mendalam dari guru.
STAIN Madina Press
2022-04-01
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
application/pdf
https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/mata/article/view/567
10.56874/jamp.v2i1.567
MATAAZIR: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan ; Vol. 2 No. 1 (2021): Edisi Januari-Juni 2021; 174-182
2721-821X
10.56874/jamp.v2i1
eng
https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/mata/article/view/567/560
Copyright (c) 2022 MATAAZIR: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan
oai:ojs2.jurnal.stain-madina.ac.id:article/610
2024-01-24T10:47:54Z
mata:ART
Strategi Pendidikan Karakter Kerjasama Guru dan Siswa di SMA Al-Ihsan Tanjung Lago
Ahmad Fauzi, Wildan Nuril
Kgs. M. Roihan Adnan
Ermia Gusmiarti
Sekolah, Guru dan Siswa, Kerjasama
sebagai organisasi yang di dalamnya perlu adanya koordinasi dan masalah yang sering terjadi di sekolah kurangnya koordinasi atau kerjasama tim yang baik. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui strategi yang digunakan oleh kepala sekolah dan guru SMA Al-Ihsan Tanjung Lago dalam mendidik karakter kerjasama di sekolah. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif, pengumpulan data yaitu dengan cara wawancara secara langsung dan pengisian kuesioner via google form serta dianalisis menggunakan analisis deskriptif yaitu mengolah data wawancara dan kuesioner serta dihubungan dengan teori atau penelitian sebelumnya lalu dibuat interpretasi. Dalam penelitian ini, peneliti melaksanakan penelitian ini di SMA Al-Ihsan Tanjung Lago Kab. Banyuasin. Hasilnya menunjukkan bahwa strategi kepala sekolah dalam mendidik karakter guru sudah sangat bagus yaitu dengan menjalin hubungan kekeluargaan dan strategi yang digunakan oleh guru dalam mendidik karakter kerjasama siswa masih belum baik karena guru hanya mendidik karakter kerjasama di dalam jam pembelajaran dan tidak karakter kerjasama siswa di luar jam pembelajaran.
STAIN Madina Press
2022-04-01
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
application/pdf
https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/mata/article/view/610
10.56874/jamp.v2i2.610
MATAAZIR: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan ; Vol. 2 No. 2 (2021): Edisi Juli-Desember 2021; 216-228
2721-821X
10.56874/jamp.v2i2
eng
https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/mata/article/view/610/563
Copyright (c) 2022 MATAAZIR: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan
oai:ojs2.jurnal.stain-madina.ac.id:article/611
2024-01-24T10:48:07Z
mata:ART
Online Learning: Definisi, Komponen, Karakteristik dan Tren Pembelajaran Masa Depan
retno, indang
Ariyatun
Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskritif kualitatif studi literatur dengan kajian kepustakaan (library research) untuk mendeskripsikan definisi, karaktersitik online learning dan bagaimana tren pembelajaran untuk masa depan. Pada penelitian studi literatur ini penulis menggunakan berbagai sumber tertulis seperti artikel, jurnal dan dokumen-dokumen yang relevan dengan kajian dalam penelitian ini. Hasil studi menunjukan bahwa Online learning merupakan suatu sistem yang dapat memfasilitasi siswa belajar lebih luas, lebih banyak, dan bervariasi. Online learning meliputi aspek perangkat keras (infrastruktur) berupa seperangkat komputer yang saling berhubungan satu sama lain dan memiliki kemampuan untuk mengirimkan data, baik berupa teks, pesan, grafis, maupun suara. Penelitian berikutnya yang menarik untuk dikembangkan sebagai riset adalah peran online learning dan teknologinya dalam menfasilitasi proses pengajaran dan pembelajaran di era pendidikan 5.0.
STAIN Madina Press
2022-04-01
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
application/pdf
https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/mata/article/view/611
10.56874/jamp.v2i2.611
MATAAZIR: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan ; Vol. 2 No. 2 (2021): Edisi Juli-Desember 2021; 203-215
2721-821X
10.56874/jamp.v2i2
eng
https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/mata/article/view/611/562
Copyright (c) 2022 MATAAZIR: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan
oai:ojs2.jurnal.stain-madina.ac.id:article/719
2024-01-24T10:47:42Z
mata:ART
PENGELOLAAN KEUANGAN DI PESANTREN MUSTAFAWIYAH
Syahida, Nadia
Yudi Nanda Utama
Pesantren merupakan salah satu lembaga pendidikan keagamaan yang dalam pengajarannya mengutamakan pelajaran agama. Dalam menjalankan sebuah pesantren tidak terlepas dari pengelolaan keuangan. Hal ini sangat diperlukan dalam menunjang kelancaran proses kegiatan belajar mengajar dan segala kegiatan yang ada di pondok pesantren. Pondok pesantren sebagai salah satu lembaga pendidikan yang ada di indonesia harus bisa mempertahankan kualitasnya. Dan ini tentu tidak akan terlepas dari pengelolaan keuangan yang ada di pesnatren tersebut. Penggunaan anggaran di pesantren didasarkan pada pengelolaan syar’i dan muamalah islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan keuangan yang ada di pondok pesantren Musthafawiyah. Hasil yang di dapat adalah bahwasanya sumber keuangan yang di peroleh pesantren Musthafawiyah adalah dari SPP yang didapat dari santri setiap bulannya dan ada juga dari BOS. Tetapi beberapa tahun terkhir pihak pesantren menolak bantuan dana BOS dari pemerintah karena ingin mandiri. Selain itu juga pimpinan dari pondok pesatren ini memiliki usaha lain yang dapat membantu keuangan di pondok pesantren
STAIN Madina Press
2022-06-30
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
application/pdf
https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/mata/article/view/719
10.56874/jamp.v2i2.719
MATAAZIR: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan ; Vol. 2 No. 2 (2021): Edisi Juli-Desember 2021; 229-237
2721-821X
10.56874/jamp.v2i2
eng
https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/mata/article/view/719/612
Copyright (c) 2022 MATAAZIR: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan
oai:ojs2.jurnal.stain-madina.ac.id:article/720
2024-01-24T10:47:29Z
mata:ART
PENGELOLAAN MANAJEMEN KEUANGAN DI PONDOK PESANTREN ABINNUR AL-ISLAMI
regar, rindy
Ada tiga faktor yang berperan dalam sistem penyelenggaraan pondok pesantren yaitu manajemen sebagai faktor faktor upaya, organisasi sebagai faktor sarana, dan administrasi sebagai faktor karsa. Ketiga faktor ini memberi arah dan panduan dalam merumuskan, mengendalikan, penyelengaraan, mengawasi serta menilai pelaksanaan kebijakan-kebijakan dalam usaha penyelenggaraan kegiatan pendidikan yang sesuai dengan tujuan setiap pondok pesantren.
Manajemen keunagan pondok pesantren merupakan salah satu subtansi lembaga pendidikan yang akan turut mementukan kelancaran kegiatan pondok pesanten. Seperti halnya yang terjadi pada subtansi manajemen pendidikan umumnya, kegiantan manajemen pondok pesantren dilakukan melalui proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengkoordinasian, pengawasan, atau pengendalian. Beberapa kegiatan manajemen keuangan berupa kegiatan memperoleh dan menetapkan sumber-sumber pendanaan, pemanfaatan dana, pelaporan, pemeriksaan, dan pertanggungjawaban.
STAIN Madina Press
2022-06-30
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
application/pdf
https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/mata/article/view/720
10.56874/jamp.v2i2.720
MATAAZIR: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan ; Vol. 2 No. 2 (2021): Edisi Juli-Desember 2021; 238-245
2721-821X
10.56874/jamp.v2i2
eng
https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/mata/article/view/720/613
Copyright (c) 2022 MATAAZIR: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan
oai:ojs2.jurnal.stain-madina.ac.id:article/723
2024-01-24T10:48:20Z
mata:ART
Efektifitas Belajar Daring di Cafe Shop
Lubis, Marwah
Abstarak: Tulisan ini menjelaskan tentang keefektipan belajar daring di cafe selama masa pandemi covid-19 dengan menggunakan survey lapangan dikalangan pelajar dan mahasiswa di Mandailing Natal. Survey dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan menunjukkan hasil bahwa belajar dengan menggunakan cafe sebagai tempat pilihan bukanlah tempat yang selalu efektif untuk menunjang keefektipan proses belajar mengajar daring selama masa pandemi covid-19, namun bisa menjadi efektif untuk jangka waktu pembelajaran singkat seperti satu mata pelajaran, dan untuk mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh guru atau dosen, terutama sekali tugas dan penggunaan aplikasi dengan kuota tinggi sehingga sulit menggunakan smartphone yang kuota dan kualitas jaringannya rendah dan tidak lancar, sedangkan cafe mampu menyediakan gratis wifi yang tidak terbatas pemakainnya oleh pengunjung. Cafe juga mampu menghilangkan kejenuhan dan stress pelajar selama menjalankan proses belajar daring dari rumah.
Abstract: This article discusses about the efektivitas daring study in cafe shop as when as pandemic covid-19. The writer did the survey to the students at Mandailing Natal by using kualitatif approach with the result that using cafe as a place to study is not always efective to use.but it’s can be effective to use for short study and doing home work which has given the teachers or the lectures. Especially for doing home work and applying the application which need high internet quota. It’s also can be efefective to relaxes mind from the stress when doing daring study at home.
Key words: Efektifitas, Belajar Daring, Cafe Shop.
STAIN Madina Press
2022-04-01
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
application/pdf
https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/mata/article/view/723
10.56874/jamp.v2i1.723
MATAAZIR: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan ; Vol. 2 No. 1 (2021): Edisi Januari-Juni 2021; 183-202
2721-821X
10.56874/jamp.v2i1
eng
https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/mata/article/view/723/561
Copyright (c) 2022 MATAAZIR: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan
oai:ojs2.jurnal.stain-madina.ac.id:article/782
2024-01-24T10:46:37Z
mata:ART
Manajemen Hubungan Masyarakat dalam Pengembangan Pondok Pesantren Jauharoh Al-Mannan Kecamatan Panyabungan Selatan
lubis, sakdiana
Pesantren, pemimpin, hubungan masyarakat, kepemimpinan, simbol-simbol Islam
Pondok pesantren adalah wadah pendidikan keagamaan yang memberikan pendidikan dan pengajaran dalam mengembangkan dan menyebarluaskan agama Islam. Pesantren juga telah memberikan kontribusi yang besar dalam pembinaan dan pengembangan kehidupan umat Islam Indonesia. Keberadaan pesantren selalu mendapat perhatian pembangunan masyarakat Indonesia sepakat bahwa pesantren telah melahirkan banyak pemimpin. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan strategi pemimpin pondok pesantren jauharoh al-mannan kecamatan panyabungan selatan dalam pengelolaan relasi untuk pengembangan Pondok Pesantren. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik observasional, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian adalah bahwa lembaga pendidikan tidak dapat dipisahkan dari partisipasi sosial untuk mempertahankan eksistensinya. Pengurus Pondok Pesantren berencana mendirikan Pondok Pesantren Jauharoh Al-Manna setelah menyelesaikan pendidikan pascasarjana di Madrasah Al-Shaulatiyah Makkah Al-Mukarramah dan dalam perkembangannya pengurus Pondok Pesantren akan melakukan pekerjaan publisitas dengan melakukan program promosi melalui relasi, kunjungan sekolah dan bekerjasama dengan tokoh agama dan masyarakat untuk memperkenalkan pondok pesantren serta membangkitkan minat masyarakat dan mendapatkan dukungan untuk pembangunan dan pengembangan pondok Pesantren Jauharoh Al-Mannan.
STAIN Madina Press
2022-11-14
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
application/pdf
https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/mata/article/view/782
10.56874/jamp.v3i1.782
MATAAZIR: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan ; Vol. 3 No. 1 (2022): Edisi Januari-Juni 2022; 285-291
2721-821X
10.56874/jamp.v3i1
eng
https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/mata/article/view/782/716
Copyright (c) 2022 MATAAZIR: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan
oai:ojs2.jurnal.stain-madina.ac.id:article/794
2024-01-24T10:46:50Z
mata:ART
Pelaksanaan Pendidikan Islam Di Lingkungan Masyarakat Desa Huta Baru
hasibuan, Abdul hamid
Pendidikan Islam
Masyarakat
Kehidupan
Nilai-Nilai Islam
Pendidikan islam perlu diperhatian dalam kehidupan berkaitan dengan kehidupan sosial baik di kalangan masyarakat dan juga instansi, masyarakat perlu menyadari bahwa pendidikan islam itu sangat penting khususnya bagi diri pribadi dan lingkungan sosial. Diharapkan dalam anggota masyarakat harus selalu menjunjung tinggi pendidikan islam itu karna berkaitan erat dengan nilai-nilai, norma, hukum, sifat, tingkah laku, pendidikan islam yang harus dijadikan sebagai pedoman. Termauk Penelitian deskriptif kualitatif dengan metode studi kasus, Teknik penghimpun data dengan wawancara, untuk mendapatkan data yang akurat secara langsung melalui saluran komunikasi yang dapat digunakan . Dokumentasi merupakan pengumpulan data untuk mendapatkan bukti baik itu berupa foto dan video . Observasi adalah pengumpulan data dengan melihat secara langsung penomena yang terjadi dalam kehidupan bermasyarakat, ketidak tahuan akan membuat kita tidak berguna, maka perlu adanya pendidikan bagi setiap orang terutama pendidikan islam. Pendidikan islam yang di Terapkan di Desa Huta Baru berpatokan kepada printah agama islam yang mengikat dari Al-Qur’an dan hadits. Di desa huta baru kegiatan dalam pelaksanaan pendidikan islam yaitu sebagai berikut: Wirit ketika ada yang kemalangan, pengajian ibu dan bapak, pengajian naposo naulibulung, Tadarusan pada bulan Ramadhan Dalam menanamkan nilai nilai keislaman dalam kehidupan sehari-hari usaha yang dapat dilakukan mengacu kepada aspek-aspek berikut: Agama, Norma, Budaya.
STAIN Madina Press
2022-06-30
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
application/pdf
https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/mata/article/view/794
10.56874/jamp.v3i1.794
MATAAZIR: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan ; Vol. 3 No. 1 (2022): Edisi Januari-Juni 2022; 275-284
2721-821X
10.56874/jamp.v3i1
eng
https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/mata/article/view/794/616
Copyright (c) 2022 MATAAZIR: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan
oai:ojs2.jurnal.stain-madina.ac.id:article/801
2024-01-24T10:47:03Z
mata:ART
Pengaruh Strategi Pemasaran Pendidikan SMK Dan Minat Siswa Dalam Melanjutkan Studi Terhadap PPDB Madrasah Aliyah Swasta
Fiat Maulana, Fhadilah
Pemasaran Pendidikan, Minat, Penerimaan Peserta Didik Baru
Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui seberapa besar pengaruh strategi pemasaran pendidikan SMK dan minat siswa dalam melanjutkan studi terhadap Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Madrasah Aliyah Swasta di Kecamatan Menes. berdasarkan fakta yang ditemkan dalam tiga tahun terakhir PPDB Madrasah aliyah di kecamatan Menes mengalami penurunan, adanya kesenjangan jumlah siswa antara SMK dan Madrasah Aliyah, menunjukan perlunya peningkatan di bidang pemasaran. metode penelitian yang digunakan kuantitatif, instrumen pengupulan data menggunakan angket, data yang diperoleh diolah menggunakan analisis regresi linear berganda dan korelasi. dari pehitungan yang dilakukan diperoleh Fhitung = 22,121 dan Ftabel = 3,11 artinya Fhitung> Ftabel. ini berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, kesimpulannya adalah terdapat pengaruh antara strategi pemasran pendidikan SMK dan minat siswa dalam melanjutkan studi terhadap PPDB Madrasah Aliyah Swasta di kecamatan Menes Pandeglang.
STAIN Madina Press
2022-06-30
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
application/pdf
https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/mata/article/view/801
10.56874/jamp.v3i1.801
MATAAZIR: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan ; Vol. 3 No. 1 (2022): Edisi Januari-Juni 2022; 258-274
2721-821X
10.56874/jamp.v3i1
eng
https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/mata/article/view/801/615
Copyright (c) 2022 MATAAZIR: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan
oai:ojs2.jurnal.stain-madina.ac.id:article/807
2024-01-24T10:46:24Z
mata:ART
MODEL MANAJERIAL DAN GAYA KEPEMIMPINAN BERBASIS STIFIN DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN (Studi Kasus di Yayasan Tahfidz Daarul Mu’minin Nusantara, Cilegon, Banten)
annisa, muchyi
Model Manajemen, Gaya Kepemimpinan, STIFIn, Mutu Pendidikan.
Kepemimpinan seorang pemimpin dapat menjadikan mutu pendidikan sekolah menjadi baik atau tidak. Jika menelaah konsep STIFIn dalam menjelaskan kepribadian atau personal genetik manusia sesuai jalurnya, maka mutu pendidikan sekolah atau suatu lembaga dapat dijalankan oleh SDM yang berkualitas sesuai jalur dan kompetensi yang dimiliki. Permasalahan pokok dalam penelitian ini adalah bagaimana model manajerial dan gaya kepemimpinan berbasis STIFIn dalam meningkatkan mutu pendidikan di Yayasan Daarul Mu’minin Nusantara. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui model manajerial dan gaya kepemimpinan berbasis STIFIn dalam meningkatkan mutu pendidikan di Yayasan Daarul Mu’minin Nusantara. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan jenis penelitian kualitatif melalui observasi, wawancara dan dokumentasi serta memadukan dengan penelitian kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model manajerial dan gaya kepemimpinan berbasis STIFIn dalam meningkatkan mutu pendidikan masih belum maksimal dilakukan karena lemahnya fungsi manajemen bagian controlling (pengawasan) yang merupakan bagian penting dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan terkait peningkatan mutu pada proses pembelajaran di Sekolah. Sehingga dapat dinyatakan bahwa kualitas mutu pendidikan Yayasan Daarul Mu’minin Nusantara belum mampu mencapai mutu terbaiknya dengan basis STIFIn.
STAIN Madina Press
2022-11-15
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
application/pdf
https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/mata/article/view/807
10.56874/jamp.v3i1.807
MATAAZIR: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan ; Vol. 3 No. 1 (2022): Edisi Januari-Juni 2022; 292-312
2721-821X
10.56874/jamp.v3i1
eng
https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/mata/article/view/807/718
Copyright (c) 2022 MATAAZIR: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan
oai:ojs2.jurnal.stain-madina.ac.id:article/809
2024-01-24T10:47:16Z
mata:ART
MENGEMBANGKAN SEKOLAH MELALUI JALINAN HUBUNGAN SOSIAL DI PONPES TAHFIDZUL QUR-AN SYAHRONIL BARIYYAH ZULKARNAIN
lubis, habibatuljaliah
mengembangkan
hubungan sosial
masyarakat
pondok pesantren
Jurnal yang berjudul Mengembangkan Sekolah/Madrasah Melalui Jalinan Hubungan Sosial Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Syahronil Bariyyah Zulkarnain dengan Masyarakat, bertujuan untuk mengetahui perkembangan sekolah melaui hubungan pondok pesantren tahfizul qur-an syahronil bariyyah zulkarnain dengan masyarakat sekitar. Kemudian untuk mengetahui kebijakan apa saja yang dilakukan pondok pesantren tahfizul qur-an syahronil bariyyah zulkarnain dalam menarik perhatian masyarakat dan bentuk hubungan masyarakat pondok pesantren tahfizul qur-an syahronil bariyyah zulkarnain dengan masyarakat. Metode yang dilakukan peneliti dalam pengumpulan data dalam penulisan jurnal ini adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi, wawancara dan observasi di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Syahronil Bariyyah Zulkarnain. Dengan hasil yang didapatkan bahwa hubungan pondok pesantren tersebut dengan masyarakat sangat bagus yaitu memiliki harapan yang sama yaitu menjadikan peserta didik yang cinta Qur’ani, tahfidzul Qur’an yang handal dan berbakti kepada orang tua serta cinta terhadap ajaran agama islam. Sedangkan kebijakan yang dilakukan pondok pesantren dalam menarik perhatian masyarakat diantaranya membuat browsur semenarik mungkin, mengadakan sosialiasi, menghampiri perkumpulan-perkumpulan orang tua atau masyarakat serta mengajak keluarga dekat.
STAIN Madina Press
2022-06-30
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
application/pdf
https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/mata/article/view/809
10.56874/jamp.v2i2.809
MATAAZIR: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan ; Vol. 2 No. 2 (2021): Edisi Juli-Desember 2021; 246-257
2721-821X
10.56874/jamp.v2i2
eng
https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/mata/article/view/809/614
Copyright (c) 2022 MATAAZIR: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan
oai:ojs2.jurnal.stain-madina.ac.id:article/992
2024-01-24T10:46:11Z
mata:ART
PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI TERHADAP KINERJA GURU
Matondang, Linda
Kinierja Guru, Kecerdasan Emosional, dan Kemampuan Komunikasi
Dalam menghasilkan kinerja yang baik tentu saja tidak berdiri sendri, sebab banyak faktor yang dapat mempengaruhinya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Kecerdasan Emosional dan Kemampuan Komunikasi berpengaruh secara bersamaan terhadap Kinerja Guru SMP Negeri se-Kecamatan Panyabungan Kota. Penelitian ini adalah penelitian yang bersifat kuantitatif, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru di SMP Negeri se-Kecamatan Panyabugan Kota yaitu 354 responden. Sedangkan sampel penelitian mnggunakan stratified proportional random sampling diperoleh 177 responden. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert. Teknik analisis data menggunakan regresi linear sederhana dan regresi linear berganda dan pengujian hipotesis menggunakan uji t dan uji F. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai signifikansi untuk pengaruh secara bersamaan terhadap adalah 0,000 < 0,05. Nilai 14,953) (3,05), sehingga dapat disimpulkan bahwa yang berarti Kecerdasan emosional dan kemampuan komunikasi secara bersamaan terhadap kinerja guru SMP Negeri se-Kecamatan Panyabungan Kota.
STAIN Madina Press
2022-12-31
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
application/pdf
https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/mata/article/view/992
10.56874/jamp.v3i1.992
MATAAZIR: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan ; Vol. 3 No. 1 (2022): Edisi Januari-Juni 2022; 313-321
2721-821X
10.56874/jamp.v3i1
eng
https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/mata/article/view/992/812
Copyright (c) 2022 MATAAZIR: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan
oai:ojs2.jurnal.stain-madina.ac.id:article/1027
2023-10-18T08:51:25Z
mata:ART
Perekrutan Tenaga Pendidik di Pondok Pesantren Darul U'lum Padang: Sumber daya manusia
Via, Devia Ainin Nugrah
hendriani, suswati
Perekrutan
Pendidik, Pondok Pesantren
Penelitian ini berjudul Perekrutan Pendidik di Pondok Pesantren Darul ‘Ulum Padang. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan bagaimana perekrutan sumber daya manusia khususnya tenaga pendidik di Pondok Pesantren Darul ‘Ulum Padang. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif data dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam penelitian ini sumber datanya yaitu, data primer dan data sekunder. Teknik analisis datanya menggunakan data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), conclusion drawing/ verification (penarikan kesimpulan). Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa proses perekrutan sumber daya manusia khususnya tenaga pendidik di pondok pesantren Darul ‘Ulum Padang dilakukan berdasarkan analisis kebutuhan yang dilakukan 1x dalam setahun. Metode perekrutan untuk menarik calon tenaga pendidiknya menggunakan metode terbuka dan tertutup (eksternal dan internal), medote eksternal/terbuka digunakan untuk merekrut tenaga pendidik matapelajaran umum, sedangkan metode tertutup/internal digunakan untuk merekrut tenaga pendidik mata pelajaran kitab kuning. Sedangkan persyaratannya untuk tenaga pendidik mata pelajaran umum adalah tenaga pendidik yang lulusan dari jurusan yang dibutuhkan, sedangkan untuk tenaga pendidik mata pelajaran kitab kuning persyaratannya adalah seseorang yang telah menamatkan pendidikannya di pondok pesantren dan mampu membaca kitab kuning secara lancar. Tujuan dilakukannya perekrutan adalah untuk ditempatkan dalam mengajar mata pelajaran yang belum ada tenaga pendidiknya.
STAIN Madina Press
2022-12-30
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
application/pdf
https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/mata/article/view/1027
MATAAZIR: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan ; Vol. 3 No. 2 (2022): Edisi Juli - Desember 2022; 322-330
2721-821X
eng
https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/mata/article/view/1027/813
Copyright (c) 2022 MATAAZIR: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan
oai:ojs2.jurnal.stain-madina.ac.id:article/1040
2024-01-24T10:44:53Z
mata:ART
Manajemen Pesantren Pada Bulan Ramadhan Di Pesantren Al-Mandily
Untuk Mengetahui Bagaimana Pelaksanaan Pembelajaran Di Pondok Pesantren Al Mandily Pada Bulan Ramadhan. observasi peneliti lakukan kepada Yayasan pondok Pesantren Al-Mandily Panyabungan, pembina asrama, guru, dan peserta didik yang berada di pondok Pesantren Al-Mandily Mandailing Natal. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah observasi yaitu pengumpulan data dengan cara melakukan pencatatan secara cermat sistematik. Selanjutnya Wawancara, merupakan pertemuan 2 orang untuk bertukar informasi dan ide melalu tanya jawab sehingga dapat dikonstruksikan mana dalam suatu topik tertentu. Wawancara dilakukan secara tidak terstruktur, yaitu wawancara yang dilakukan secara bebas menanyakan secara bebas menanyakan siapa saja yang dianggap perlu sehingga dapat menemukan informasi yang diperlukan.dan Dokumentasi ditujukan untuk memperoleh data langsung dari tempat penelitian. Berdasarkan wawancara, observasi, hasil analisis yang terdokumentasi, dan wawasan penulis dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran di Pondok Pesantren Armandilly berhasil, karena Terkait dengan bahan ajar, strategi pendidikan dan media pembelajaran. Pondok Pesantren Al-Mandily menggunakan Kitab Kuning sebagai acuan utamanya sedangkan materinya sesuai dengan kelas.
STAIN Madina Press
2023-10-15
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
application/pdf
https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/mata/article/view/1040
10.56874/jamp.v3i2.1040
MATAAZIR: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan ; Vol. 3 No. 2 (2022): Edisi Juli - Desember 2022; 340-349
2721-821X
eng
https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/mata/article/view/1040/1031
Copyright (c) 2023 MATAAZIR: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan
oai:ojs2.jurnal.stain-madina.ac.id:article/1041
2024-03-24T11:10:00Z
mata:ART
MODEL PENDANAAN PENDIDIKAN DI SMA NEGERI 2 PLUS PANYABUNGAN
regar, rindy
septrisia, reni
resmaya dewi, nin
Artikel ini dibuat untuk memperkenalkan kita pada konsep model keuangan pendidikan dalam jenis penelitian ini, yaitu. penelitian kualitatif yang menggunakan literature review dengan metode deskriptif sebagai alat analisis data. Hasil pembahasan Model Pembiayaan Pendidikan SMA 2 Plus Panyabungan ini tergantung pada beberapa kondisi, model tersebut dapat digabungkan dengan lebih dari satu model yang ada. Dengan lisensi Indonesia, financial model tidak terlepas dari subsidi pemerintah, meskipun badan tersebut diberi kewenangan oleh Undang-Undang Otonomi Daerah.
STAIN Madina Press
2023-10-16
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
application/pdf
https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/mata/article/view/1041
10.56874/jamp.v3i2.1041
MATAAZIR: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan ; Vol. 3 No. 2 (2022): Edisi Juli - Desember 2022; 350-354
2721-821X
eng
https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/mata/article/view/1041/1033
Copyright (c) 2023 MATAAZIR: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan
oai:ojs2.jurnal.stain-madina.ac.id:article/1096
2023-10-18T08:51:25Z
mata:ART
PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DI SDIT ALMUNAWWAR PANYABUNGAN MANDAILING NATAL
siregar, linamayasari
siregar, irma surynai
Syahida, Nadia
human resources development
Schools are formal educational institutions in which there are teaching and learning activities in achieving national education goals. To be able to achieve the goals of quality and quality national education, one of the components needed is human resources. Therefore the development of human resources is fundamental for school managers. The purpose of this study is to find out the efforts made by the school to improve the quality of human resources at SD IT Almunawwar and explain the implications of HR development on quality development at SD IT AlMunawwar.
This type of research is descriptive qualitative research. Data were collected by interview, observation and documentation methods. Data were analyzed in three stages, namely data reduction, data presentation and drawing conclusions.
The conclusions show (1) efforts made by the school to improve the quality of human resources at SD IT Almunawwar is to conduct teacher evaluations every week, namely on Saturdays. In addition, the school also provides guidance in the form of subject teacher deliberations (MGMP) per field of study. And held teacher working group (KKG) training for PAI teachers. (2) implications of HR development on quality development at SDIT Al-Munawwar can be seen from the programs developed at SDIT Al-Munawwar.
STAIN Madina Press
2022-12-31
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
application/pdf
https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/mata/article/view/1096
MATAAZIR: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan ; Vol. 3 No. 2 (2022): Edisi Juli - Desember 2022; 331-339
2721-821X
eng
https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/mata/article/view/1096/814
Copyright (c) 2022 MATAAZIR: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan
oai:ojs2.jurnal.stain-madina.ac.id:article/1134
2024-01-24T10:45:32Z
mata:ART
TUGAS POKOK DAN FUNGSI KEPALA SEKOLAH DALAM BIMBINGAN DAN KONSELING: TUGAS POKOK DAN FUNGSI KEPALA SEKOLAH DALAM BIMBINGAN DAN KONSELING
Andra Mairoza
Dasril
Kepala sekolah, Bimbingan dan Konseling
Manajemen adalah proses yang membantu individu dan organisasi mencapai tujuan dengan efektif melalui perencanaan, pengorganisasian, pengaktualisasian, dan pengendalian tindakan. Ini termasuk mengelola dan mengontrol sumber daya dalam dan luar dalam organisasi. Pimpinan sekolah merupakan penangung jawab yang menggunakan manajemen dalam pekerjaannya, termasuk dalam mengawasi kegiatan proses pendampingan yang dilakukan oleh tenaga pendidik atau konselor yang bertujuan untuk membantu siswa dalam mengatasi masalah akademik, pribadi, sosial, karir, atau emosional yang dihadapi siswa di sekolah. Proses ini juga bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam mengatasi masalah yang dihadapi, serta mengembangkan potensi diri dan karir siswa. Tugas manajemen kepala sekolah dalam bidang ini juga termasuk mendukung kegiatan bimbingan dan konseling dan mengatur cara kerja dalam pembuatan program bimbingan dan konseling di sekolah. Penelitian ini didasarkan pada metode perpustakaan, dengan mengumpulkan dan mengolah data perpustakaan melalui membaca dan merekam bahan penelitian.
STAIN Madina Press
2023-07-18
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
application/vnd.openxmlformats-officedocument.wordprocessingml.document
https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/mata/article/view/1134
10.56874/jamp.v4i1.1134
MATAAZIR: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan ; Vol. 4 No. 1 (2023): Edisi Januari - Juni 2023; 43-56
2721-821X
10.56874/jamp.v4i1
eng
https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/mata/article/view/1134/998
Copyright (c) 2023 MATAAZIR: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan
oai:ojs2.jurnal.stain-madina.ac.id:article/1244
2024-01-24T10:45:58Z
mata:ART
Manajemen Laboraturium IPA dalam Meningkatkan Prestasi Siswa MTSN II Bener Meriah Kecamatan Bandar Kabupaten Bener Meriah
Aritawarni, Aritawarni
Fadhli, Muhammad
Khairiani
Manajemen
Laboraturium IPA
Prestasi Siswa
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen laboratorium IPA yang meliputi (1) Capaian standar mutu tata ruang laboratorium IPA dalam meningkatkan prestasi siswa; (2) Tindak lanjut penggunaan fasilitas laboratorium IPA dalam meningkatkan prestasi siswa; (3) Pemanfaatan fasilitas laboratorium IPA; (4) Keterampilan laboran menggunakan alat laboratorium IPA dalam meningkatkan prestasi siswa. Teknik pengumpulan data melalui: observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini meliputi kepala madrasah, kepala laboratorium, guru IPA dan siswa. Analisis data dengan menggunakan deskriptif kualitatif yang dimulai dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian adalah: (1) Capaian standar mutu tata ruang laboratorium IPA dilaksanakan berdasarkan prinsip manajemen berbasis madrasah dan harus memperhatikan beberapa aspek; (2) Tindak lanjut penggunaan fasilitas laboratorium IPA, pihak manajemen madrasah mengadakan kegiatan penunjang atau praktik; (3) Pemanfaatan Penggunaan fasilitas laboratorium digunakan agar tidak terjadi miskonsepsi antara teori dan praktik; (4) Keterampilan laboran menggunakan alat laboratorium IPA di MTsN 2 Bener Meriah sudah sangat baik.
STAIN Madina Press
2023-06-13
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
application/pdf
https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/mata/article/view/1244
10.56874/jamp.v4i1.1244
MATAAZIR: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan ; Vol. 4 No. 1 (2023): Edisi Januari - Juni 2023; 1-13
2721-821X
10.56874/jamp.v4i1
eng
https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/mata/article/view/1244/927
Copyright (c) 2023 MATAAZIR: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan
oai:ojs2.jurnal.stain-madina.ac.id:article/1245
2024-01-24T10:45:45Z
mata:ART
MANAJEMEN MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 BENER MERIAH DALAM MENERAPKAN BUDAYA SUMANG
sagayo, tazkir
Said Alwi
Rahmi Zulmaulida
manajemen, budaya sumang
Tujuan penelitian ini adalah; 1) mengetahui serta menjelaskan manajemen dalam penerapan budaya sumang MAN 1 Bener Meriah; 2) menjelaskan pengorganisasian penerapan budaya sumang; 3) mengindentifikasi pelaksanaan budaya sumang; 4) mendiskripsikan hasil evaluasi dan monitoring budaya sumang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif merupakan dalam memperoleh data melalui tiga tahapan observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian data dianalisis dan diklasifikasikan dengan kegiatan yang meliputi penyajian data, pemilihan data, dan penarikan kesimpulan. Adapun Subjek penelitian ini meliputi adalah wakil kurikulum, kesiswaan, guru mapel, Staf Tata Usaha, dan siswa dan siswi lembaga pendidikan MAN 1 Bener Meriah. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Perencanaan budaya sumang untuk membentuk karakter, norma siswa dalam bentuk program kebijakan, visi misi, terkait strategi dalam penerapan budaya sumang. 2) Pengorganisasian madrasah dalam menerapkan budaya sumang melibatkan siswa, guru, dan staf tata usaha agar terbentuknya karakter, norma siswa sesuai dengan yang diharapkan. 3) Pelaksanaan sumang melalui pembinaan akhlak preventif untuk mencegah timbulnya prilaku negatif, terlaksanaya pembentukan karakter melalui proses belajar mengajar,dan program exstrakurikuler. 4) Dilakukan evaluasi secara berkala untuk melihat sejauh mana pelaksanaan budaya sumang tercapai, serta efektifitas metode dan strategi yang digunaakan dalam pelaksaan program.
STAIN Madina Press
2023-06-16
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
application/pdf
https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/mata/article/view/1245
10.56874/jamp.v4i1.1245
MATAAZIR: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan ; Vol. 4 No. 1 (2023): Edisi Januari - Juni 2023; 14-42
2721-821X
10.56874/jamp.v4i1
eng
https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/mata/article/view/1245/947
Copyright (c) 2023 MATAAZIR: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan
oai:ojs2.jurnal.stain-madina.ac.id:article/1380
2024-01-24T10:45:19Z
mata:ART
MANAJEMEN PENGEMBANGAN BAKAT DAN MINAT PESERTA DIDIK DI MAN 1 BENER MERIAH
Purnama, Ikhsan
Almuhajir
Iskandar
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pengembangan bakat dan minat peserta didik di MAN 1 Bener Meriah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain: observasi di MAN 1 Bener Meriah, wawancara kepada kepala madarasah, keisswaan dan juga pembina kegiatan ekstrakulikuler dan dokumentasi dari kegiatan siswa. Subjek penelitian ini meliputi kepala madrasah, wakil kepala bagian kesiswaan, guru pembina ekstrakulikuler. Analisis data dengan menggunakan deskriptif kualitatif yang dimulai dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan pengembangan minat dan bakat peserta didik dilakukan dengan melakukan penggalian informasi melalui konselor dan dilanjutkan dengan Tes Potensi Akademik atau Tes pembekalan Akademik. Perencanaan bakat dan minat peserta didik MAN 1 Bener Meriah dilakukan pada awal tahun ajaran baru dalam rapat pergantian OSIM, hal ini tidak lepas juga melibatkan kepala madarasah, wakil kesiswaan, pembina OSIM dan pembina ekstrakulikuler; (2) Pelaksanaan pengembangan minat dan bakat peserta didik dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan ataupun yang telah dibuat. Pelaksanaan kegiatan pengembangan minat dan bakat di MAN 1 Bener Meriah, dilakukan dengan kegiatan esktrakulikuler, yang terdiri dari ekstrakurikuler wajib dan pilihan. Ekatrakulikuler wajib adalah kegiatan ekstrakulikuler pramuka, sedangkan ekstrakulikuler pilihan antara lain bidang kesenian dan olahraga; (3) Evaluasi yang dilakukan di MAN 1 Bener Meriah, dilakukan oleh pihak sekolah dan pembina ekstrakurikuler yaitu dengan melakukan evaluasi pada setiap tiga bulan sekali dan evaluasi juga dilakukan oleh pelatih setelah melaksanakan latihan ekstrakurikuler. evaluasi pengembangan minat dan bakat peserta didik dinilai oleh pembina atau pelatih kegiatan ekstrakulikuler
STAIN Madina Press
2023-07-20
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
application/pdf
https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/mata/article/view/1380
10.56874/jamp.v4i1.1380
MATAAZIR: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan ; Vol. 4 No. 1 (2023): Edisi Januari - Juni 2023; 57-69
2721-821X
10.56874/jamp.v4i1
eng
https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/mata/article/view/1380/999
Copyright (c) 2023 MATAAZIR: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan
oai:ojs2.jurnal.stain-madina.ac.id:article/1382
2023-10-13T19:23:21Z
mata:ART
MANAJEMEN WAKIL KESISWAAN DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA MAN 2 BENER MERIAH
irhamni, irhamni
Aisyah Maawiyah
Rahmi Zulmaulida
manajemen, karakter, siswa
Tujuan penelitian ini untuk mengetahuai; 1) Menmenjelaskan perencanaan Wakil Kesiswaan terhadap pembentukan karakter siswa MAN 2 Bener Meriah; 2) Menjelaskan Pengorganisasian wakil kepala sekolah dalam pembentukan karakter siswa MAN 2 Bener Meriah; 3) Untuk mengindentifikasi Pelaksanaan manajemen wakil Kesiswaan terhadap pembentukan karakter siswa MAN 2 Bener Meriah; 4) Mendiskripsikan hasil evaluasi dan monitoring wakil kesiswaan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang merupakan dalam memperoleh data melalui tiga tahapan observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian data dianalisis dan diklasifikasikan dengan kegiatan yang meliputi penyajian data, pemilihan data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data. Adapun sasaran atau tempat penelitian adalah MAN 2 Bener Meriah dan sebagai informan yang akan dijadikan adalah wakil kesiswaan, guru mapel, Guru BK, Guru piket, wali kelas dan siswa dan siswi lembaga pendidikan MAN 2 Bener Meriah. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Perencanaan wakil kesiswaan dalam membentuk karakter siswa MAN 2 Bener Meriah dalam bentuk program kebijakan, visi misi dan tujuan sekolah jelas, penyusunan anggaran sekolah cermat sesuai dengan tingkatan kepentingan kebutuhan sekolah. Manajemen sumber daya manusia sangat efektif, sarana dan prasarana tersedia. Pembentukan karakter religius, minat baca, dan disiplin, tanggung jawab dan peduli berjalan lancar sesuai dengan perencanaan. 2) Pengorganisasian wakil kesiswaan dalam membentuk karakter siswa, berjalan dengan baik. Semua guru, BK, wali kelas bertanggung jawab, menurut tugas dan fungsi masing-masing. Kerjasama yang baik terus dilakukan demi terbentuknya karakter siswa sesuai dengan yang diharapkan. 3) Terlaksana pembentukan karaker melalui kegiatan keteladanan dan pembiasaan, Terlaksanaya pembentukan karakter melalui proses belajar mengajar, terlaksanaya pembentukan karakter melalui program exstrakurikuler
STAIN Madina Press
2023-08-18
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
application/pdf
https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/mata/article/view/1382
MATAAZIR: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan ; Vol. 4 No. 2 (2023): Edisi Juli - Desember 2023; 84-90
2721-821X
eng
https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/mata/article/view/1382/1010
Copyright (c) 2023 MATAAZIR: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan
oai:ojs2.jurnal.stain-madina.ac.id:article/1383
2024-01-24T10:45:06Z
mata:ART
MANAJEMEN MENTORING PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK MENINGKATKAN PEMBENTUKAN RELIGIUSITAS PESERTA DIDIK SMP IT AZ ZAHRA KABUPATEN ACEH TENGAH
Halomoan Arigayo, Deski
Iskandar
Almuhajir
Manajemen Mentoring, Pendidikan Agama Islam, Religiusitas Peserta Didik
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi Mentoring Pendidikan Agama Islam untuk meningkatkan religiusitas peserta didik di SMP IT Az Zahra Kabupaten Aceh Tengah. Penelitian ini menggunakan Jenis penelitian kualitatif (qualitative research) dengan pendekatan fenomenologi. Sumber data diambil dari berbagai setting dan berbagai sumber. Ketika mengambil data dari settingnya, peneliti mengumpulkan data secara alamiah (natural setting). Sumber data terbagi menjadi dua yaitu data primer dan data skunder yang dilakukan dengan observasi (pengamatan), wawancara (interview), dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan beberapa langkah yaitu menganalisis data dengan tiga langkah : kondensasi data (data condensation), menyajikan data (data display), dan menarik simpulan atau verifikasi (conclusion drawing and verification). Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Perencanaan yang dilaksanakan merupakan hasil kesepakatan yang diputuskan dengan seluruh pihak melalui kegiatan rapat awal tahun berdasarkan hasil evaluasi program pada tahun sebelumnya untuk mengembangkan program pendidikan yang diterapkan khusus untuk sekolah tertentu sesuai dengan tujuan yang di inginkan sekolah dengan kekhasan dan potensi yang ada disekolah tersebut, 2) Penetapan standar kompetensi dan indikator serta urutan sasaran dan tujuan. Menentukan materi, strategi, metode yang dilaksanakan dan pemahasan. Pada tahap pelaksanaan ini para peserta didik diberikan catatan mutaba’ah yaumiyah untuk evaluasi amalan sehari-hari, 3) Evaluasi kegiatan dapat dilihat dari tersusunya kurikulum program yang menjadi acuan standar kompetensi yang akan dicapai serta terlaksannya kegiatan sesuai dengan perencanaan.
STAIN Madina Press
2023-08-07
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
application/pdf
https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/mata/article/view/1383
10.56874/jamp.v4i1.1383
MATAAZIR: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan ; Vol. 4 No. 1 (2023): Edisi Januari - Juni 2023; 70-83
2721-821X
10.56874/jamp.v4i1
eng
https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/mata/article/view/1383/1008
Copyright (c) 2023 MATAAZIR: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan
oai:ojs2.jurnal.stain-madina.ac.id:article/1413
2023-10-13T19:23:21Z
mata:ART
STRATEGI PEMASARAN PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN KUANTITAS PESERTA DIDIK DI SMP IT AZ ZAHRA KABUPATEN ACEH TENGAH
Agustiarman
Iskandar
Said Alwi
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendsekripsikan strategi pemasaran pendidikan dalam meningkatkan kuantitas peserta didik di SMP IT Az Zahra. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa perencanaan strategi pemasaran pendidikan di SMP IT Az Zahra telah melakukan langkah-langkah strategis yaitu mencoba merespon dan memenuhi kebutuhan masyarakat khususnya orang tua siswa dengan memberikan layanan pendidikan yang bermutu melebihi standar yang ditetapkan oleh pemerintah. Perencanaan pemasaran pendidikan dipersiapkan dengan mengidentifikasi kebutuhan masyarakat, mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan sekolah melalui analysis evaluasi pemasaran pendidikan sebelumnnya. Sekolah juga memberikan akses seluas-luasnya kepada orang tua siswa bahkan masyarakat terhadap sekolah dengan terbentuknya komite sekolah untuk ikut melakukan pemasaran pendidikan. Pemasaran pendidikan diimplementasikan dengan menyediakan layanan informasi internal, eksternal maupun interaktif dengan menonjolkan keunggulan-keunggulan program kegiatan dan prestasi yang diraih serta membuka pendafaran penerimaan peserta didik baru lebih awal. SMP IT Az Zahra juga melakukan Evaluasi pemasaran pendidikan terhadap aspek : program pendidikan, biaya pendidikan, lokasi atau tempat pemasaran pendidikan, dan terhadap sumber daya manusianya
STAIN Madina Press
2023-09-19
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
application/pdf
https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/mata/article/view/1413
MATAAZIR: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan ; Vol. 4 No. 2 (2023): Edisi Juli - Desember 2023; 91-103
2721-821X
eng
https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/mata/article/view/1413/1022
Copyright (c) 2023 MATAAZIR: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan
oai:ojs2.jurnal.stain-madina.ac.id:article/1463
2024-03-24T11:09:47Z
mata:ART
STRATEGI SARAK OPAT DALAM MENGELOLA PENGAJIAN MASYARAKAT (STUDY KASUS KAMPUNG DELUNG TUE KECAMATAN BUKIT KABUPATEN BENER MERIAH)
rahman, abdul
Husaini
Marhamah
Strategi, Sarak Opat, Mengelola, Pengajian, Masyarakat
Pengembangan sumber daya manusia, melalui jalur pendidikan non formal, yang dilakukan di Kabupaten Bener Meriah adalah dengan kerjasama antara pemerintah daerah, dengan seluruh Sarak Opat yang ada pada setiap Kampung. Berdasarkan observasi awal penulis, ditemukan adanya pengajian masyarakat secara rutin, yaitu untuk Bapak-Bapaknya yang dikembangkan oleh lembaga Sarak Opat Kampung Delung Tue. Tujuan penelitian ini adalah 1)Untuk menganalisis bentuk strategi sarak opat dalam mengelola pengajian masyarakat (studi kasus Kampung Delung Tue Kecamatan Bukit Kabupaten Bener Meriah). 2)Untuk menganalisis implementasi strategi Sarak Opat dalam mengelola pengajian masyarakat (studi kasus Kampung Delung Tue Kecamatan Bukit Kabupaten Bener Meriah). 3)Untuk menganalisis factor pendukung dan penghambat strategi sarak opat dalam mengelola pengajian masyarakat (studi kasus Kampung Delung Tue Kecamatan Bukit Kabupaten Bener Meriah). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan jenis penelitian studi kasus. Hasil penelitian adalah: 1) Bentuk strategi Sarak Opat Kampung Delung Tue, dalam mengelola pengajian masyarakat adalah: a. perencanaan terdiri dari penyusunan panitia pengajian dan menyusun rencana kegiatan. b. Pelaksanaan, terdiri dari mengajak melalui kunjungan ke rumah, pemberian pengumuman di Masjid dan Menasah, dan mengajak dengan memberikan penekanan pada saat rapat desa, mewajibkan aparatur Kampung untuk mengikuti pengajian Bapak-Bapak, memberikan motivasi kepada masyarakat, dengan menyediakan fasilitas yang menarik, motivasi melalui penjelasan tentang keuntungan mengikuti pengajian, motivasi melalui penyambutan jamaah di masjid dengan senyum, salam dan sapa. c. Mengevaluasi kegiatan. 2) Impleimentasi strategi yang digunakan Sarak Opat dalam mengelola pengajian Bapak-Bapak, di Kampung Delung Tue sudah baik dan sangat efektif. Hal ini dengan melihat keberhasilan pengajian masyarakat, dengan menentukan indikator keberhasilan pengelolaan pengajian masyarakat.3) Faktor pendukung strategi Sarak Opat dalam mengelola pengajian masyarakat adalah adanya tekad yang kuat dari Sarak Opat, adanyatempat yang memadai, fasilitas yang memadai, timbulnya motivasi dalam diri masyarakat, adanya himbauan oleh Reje Kampung Delung Tue, adanya himbauan dari Bupati Bener Meriah, untuk menggalakkan pengajian bakda Magrib, dan keterlibatan Sarak Opat sebagai panitia. Sedangkan factor penghambat strategi Sarak Opat dalam mengelola pengajian masyarakat adalah listrik yang padam beberapa saat, rasa malu mengikuti pengajian karena usia yang sudah tua, jamaah yang cemas akan pencurian panen kentangnya, dan adanya pengaruh dari masyarakat yang tidak ikut pengajian.
STAIN Madina Press
2023-11-21
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
application/vnd.openxmlformats-officedocument.wordprocessingml.document
https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/mata/article/view/1463
10.56874/jamp.v4i2.1463
MATAAZIR: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan ; Vol. 4 No. 2 (2023): Edisi Juli - Desember 2023; 104-116
2721-821X
eng
https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/mata/article/view/1463/1058
Copyright (c) 2023 MATAAZIR: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan
oai:ojs2.jurnal.stain-madina.ac.id:article/1565
2024-03-24T11:09:34Z
mata:ART
Supervisi Model Pengembangan Dalam Pandangan Carl D. Glickman
Moh. Soleh
Nugraha, Enung
Gunawan, Agus
Supervisi Pendidikan
Pengembangan Supervisi
Carl D. Glickman
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki implementasi dan dampak Model Supervisi Pengembangan dalam pandangan Carl D. Glickman terhadap praktik pengembangan profesional guru. Pendekatan kualitatif digunakan dalam penelitian ini, melibatkan observasi kelas, wawancara mendalam, dan analisis dokumen untuk mendapatkan wawasan mendalam tentang penerapan model supervisi ini. Temuan penelitian menyoroti keterlibatan aktif supervisor dalam mendukung pertumbuhan guru, mengedepankan kolaborasi dan konsultasi sebagai elemen kunci, serta penerapan pendekatan formatif yang dirancang untuk memfasilitasi pengembangan berkelanjutan. Analisis hasil menunjukkan keterkaitan yang erat antara praktik supervisi ini dengan teori Glickman, memperkuat pandangan bahwa pendekatan ini dapat menjadi landasan yang efektif untuk pengembangan profesional guru. Kesimpulan artikel ini merangkum temuan utama dan menyoroti implikasi praktis dari penerapan Model Supervisi Pengembangan dalam meningkatkan kualitas pengajaran. Selain itu, artikel ini menawarkan rekomendasi bagi para praktisi dan peneliti untuk lebih menggali potensi model ini dalam konteks pendidikan modern. Dengan memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang bagaimana Model Supervisi Pengembangan Glickman dapat memberikan kontribusi positif terhadap pengembangan profesional guru, penelitian ini menjadi landasan yang bernilai bagi upaya perbaikan sistem supervisi pendidikan dan peningkatan kualitas pembelajaran.
Kata Kunci: Supervisi Pendidikan, Pengembangan Supervisi, Carl D. Glickman
Abstract
This research aims to investigate the implementation and impact of the Developmental Supervision Model in Carl D. Glickman's view on teacher professional development practices. A qualitative approach was used in this research, involving classroom observations, in-depth interviews, and document analysis to gain in-depth insight into the application of this supervision model. Research findings highlight the active involvement of supervisors in supporting teacher growth, highlighting collaboration and consultation as key elements, as well as the implementation of formative approaches designed to facilitate ongoing development. Analysis of the results shows a close connection between this supervision practice and Glickman's theory, strengthening the view that this approach can be an effective basis for teacher professional development. The conclusion of this article summarizes the main findings and highlights the practical implications of implementing the Developmental Supervision Model in improving the quality of teaching. Additionally, this article offers recommendations for practitioners and researchers to further explore the potential of this model in modern educational contexts. By providing a deeper understanding of how the Glickman Developmental Supervision Model can make a positive contribution to teacher professional development, this research provides a valuable basis for efforts to improve educational supervision systems and improve the quality of learning.
Keywords: Educational Supervision, Supervision Development, Carl D. Glickman
STAIN Madina Press
2024-01-05
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
application/pdf
https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/mata/article/view/1565
10.56874/jamp.v4i2.1565
MATAAZIR: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan ; Vol. 4 No. 2 (2023): Edisi Juli - Desember 2023; 117-133
2721-821X
eng
https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/mata/article/view/1565/1137
Copyright (c) 2024 MATAAZIR: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan