MANAJEMEN KOMUNIKASI DALAM PEMBELAJARAN STUDI KASUS POLA KOMUNIKASI GURU DAN SISWA DI TK ASY-SYARIFAH

STUDI KASUS POLA KOMUNIKASI GURU DAN SISWA DI TK ASY-SYARIFAH

  • Irma Suryani siregar stain Madina
Keywords: Kata Kunci : Komunikasi, guru, siswa, pembelajaran.

Abstract

Abstract

 

               Communication is very important in the learning process. If teachers are less able to communicate effectively with their students, the material will not be conveyed properly. Therefore, in carrying out the learning process required good communication. In this research, it will be discussed how teacher and student communication techniques in the learning process, factors supporting teacher and student communication in learning and factors inhibiting teacher and student communication in learning.

               This type of research is qualitative research. The data sources consist of primary and secondary data sources. The data collection technique consists of interviews, observation and documentation then analyzed in three stages, namely data reduction, data presentation and drawing conclusions.

               The results of the study show that (1) teacher and student communication techniques in learning at Asy-Syarifah Kindergarten are a) persuasive techniques, namely communication techniques in the form of persuasion by giving gifts, b) informative communication techniques, namely providing clear information about the tasks to be carried out by students, c) instructional/coercive communication techniques, namely giving educative sanctions to students who violate them. (2) The supporting factors for teacher and student communication in learning at Asy-Syarifah Kindergarten are that the communicator (the person who conveys the message) must be intelligent and authoritative, the communicant (the person who receives the message) must be intelligent and concentrated, and the message conveyed must be interesting. (3) The inhibiting factors for teacher and student communication in the learning process at Asy-Syarifah Kindergarten are channel disturbances and sematic disturbances.

 

Keywords: Communication, teachers, students, learning.

 

Abstrak

Komunikasi sangat penting dalam proses pembelajaran Jika guru kurang mampu berkomunikasi secara efektif dengan siswanya, materi tidak akan tersampaikan dengan baik. Oleh karena itu, dalam melaksanakan proses pembelajaran diperlukan komunikasi yang baik. Dalam penelitian akan dibahas bagaimana teknik komunikasi guru dan siswa dalam proses pembelajaran, Faktor pendukung komunikasi guru dan siswa dalam pembelajaran  dan Faktor penghambat komunikasi guru dan siswa dalam pembelajaran.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sumber datanya terdiri dari sumber data primer dan skunder. Adapun teknik pengumpulan datanya terdiri dari wawancara, obdervasi dan dokumentasi kemudian dianalisis dengan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Adapun Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) teknik komunikasi guru dan siswa dalam pembelajaran di TK Asy-Syarifah adalah a) Teknik persuasif, yaitu teknik komunikasi yang berupa bujukan dengan memberikan hadiah, b) Teknik komunikasi informatif yaitu memberikan informasi yang jelas tentang tugas yang akan dilaksanakan siswa, c) teknik komunikasi instruksi/koersif, yaitu memberikan sanksi yang bersifat edukatif bagi siswa yang melanggar. (2) Faktor pendukung komunikasi guru dan siswa dalam pembelajaran di TK Asy-Syarifah adalah komunikator (orang yang menyampaikan pesan) harus cerdas dan berwibawa, komunikan (orang yang menerima pesan) harus cerdas dan konsentrasi, dan pesan yang disampaikan harus menarik. (3) Faktor penghambat komunikasi guru dan siswa dalam proses pembelajaran di TK Asy-Syarifah adalah gangguan saluran dan gangguan sematik.

 

Kata Kunci : Komunikasi, guru, siswa, pembelajaran.

References

DAFTAR PUSTAKA

Arifin, M., Psikologi dan Beberapa Aspek Kehidupan Manusia, Jakarta: Bulan Bintang, 2005.
Chaer, Abdul, Leono Agustia, Sosiolinguistik Suatu Pengantar, Jakarta: Rineka Cipta, 2001.
Chaniago, Nasrul Syakur, Manajemen Organisasi, Bandung: Ciptapustaka Media Perintis, 2011.
Depdikbud, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Pn. Balai Pustaka, 1998.
Dirman dan Juarsih, Teori Belajar dan Prinsip-Prinsip Pembelajaran Mendidik, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2014.
Djamarah, Syaiful Bahri & Aswan Zain, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: PT Rineka Cipta, 2010.
Efenndi, Onong Uchjana, Ilmu Komuniasi Teori Dan Praktek, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 1995.
Faturrahman, Pupuh dan Sobry Sutikno, Srtategi Belajar Mengajar, Bandung: Rafika Aditama, 2007.
Khadijah, Belajar dan Pembelajaran, Bandung: Perdana Mulia Sarana, 2016.
Nasor, M., Teknik Komunikasi Guru Dan Siswa Dalam Peningkatan Prestasi Siswa, Jurnal Ijtimaiyya.
Qomar, Mujamil, Manajemen Pendidikan Islam, Malang: Erlangga, 2007.
Santoso, R.A, Komunikasi Sosial, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2007.
Siregar, Robert Tua, Ujang Enas dkk, Komunikasi Organisasi, Jawa Barat: Grup Cv. Widana Media Utama, 2012.
Slameto, Belajar dan Faktor-Faktor Mempengaruhinya, Jakarta: PT Rineka Cipta, 2003.
Taufik, M. Tata, Etika Komunikasi Islam (Komparasi Komunikasi Islam dan Barat), Bandung: Pustaka Setia, 2012.
Wiryanto, Pengantar Ilmu Komunikasi, Jakarta: Pt. Gramedia/Grafindo, 2004.
Published
2023-06-23