Peningkatan kemampuan membaca Al-Qur'an melalui metode Balai Gurah di TPA Minangkabau Saiyo Panyabungan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode Balai Gurah dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an di TPA Minangkabau Saiyo. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat kualitatif, dengan pendekatan deskriptif yakni menggambarkan keadaan atau status suatu kejadian atau fenomena. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan 1) Perencanaan guru dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an dengan metode Balai Gurah dimulai dengan menyusun kurikulum yang mengadopsi sistem pembelajaran Balai Gurah. 2) Pelaksanaan guru dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an dengan metode Balai Gurah terdiri dari dua tahap, Tahap 1 adalah kegiatan belajar Al-Qur'an di TPA Minangkabau Saiyo yang dilaksanakan dari hari Senin hingga Sabtu, mulai pukul 14.00 hingga 17.30 WIB. Tahap 2 melibatkan materi pembelajaran sebanyak 46 materi, yang mencakup tajwid dasar seperti pengenalan huruf beserta hukum tajwid lainnya, serta materi fiqih. Tahap ini dapat diselesaikan dalam waktu 5 bulan pertama. Setelah itu, murid-murid akan diarahkan untuk mempraktikkan membaca Al-Qur'an mulai dari juz 1. 3) Evaluasi pembelajaran di TPA Minangkabau Saiyo terdiri dari evaluasi mingguan dan evaluasi tahunan. Penerapan metode Balai Gurah memiliki pengaruh yang positif dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an anak-anak di TPA Minangkabau Saiyo.
References
Arifin, Z. (2017). Evaluasi Pembelajaran. Jakarta : PT Remaja Rosdakarya.
Danil, M. (2021). Khatam Al-Quran: Metode Menyebarkan Semangat Mencintai Al Quran Di Tanah Rantau. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat. Vol. 4 No. 4,
Hamdani, M. (2018). Penerapan Metode Membaca Alquran Pada Tpa Di Kecamatan Amuntai Utara (Studi Pada Metode Iqra dan Metode Tilawati). Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan. https://doi.org/10.35931/aq.v0i0.12
Hamid, A. (2016). Pengantar Studi Al-Qur’an. Jakarta :Prenada Media Gruop.
Hanafi, A. H. (2017). Metodologi Penelitian Kependidikan: Untuk Penulisan Skripsi, Tesis Dan Disertasi. Hakim Publishing.
Hasanah, U., Setia, S. D., Fatonah, I., & Deiniatur, M. (2020). Peningkatan Kemampuan Membaca Al Qur’an Melalui Pengenalan Makhorijul Huruf Pada Anak Menggunakan Metode Sorogan. Al-Din: Jurnal Dakwah Dan Sosial Keagamaan, 6(2). Https://Doi.Org/10.35673/Ajdsk.V6i2.1133
Mahdali, F. (2020). Analisis Kemampuan Membaca Al-Qur’an Dalam Perspektif Sosiologi Pengetahuan. Mashdar: Jurnal Studi Al-Qur’an dan Hadis, 2(2), 143–168. https://doi.org/10.15548/mashdar.v2i2.1664
Muhammad, D. H. (2019). Upaya Peningkatan Baca Tulis Al-Quran Melalui Metode Qiroati. Jie (Journal Of Islamic Education), 3(2), 142. Https://Doi.Org/10.29062/Jie.V3i2.97
Nisak, N. M. (2018). Implementasi Kurikulum Pembelajaran Al Qur’an di Sekolah Dasar. Halaqa: Islamic Education Journal, 2(2), 150–164. https://doi.org/10.21070/halaqa.v2i2.1780
Nurdin, S. (2016). Kurikulum Dan Pembelajran. Jakarta : Rajawali Pers.
Prasetiya, B., & Halili, H. R. (2022). Peran Tpq Dalam Meningkatkan Kualitas Kemampuan Baca Al-Qur’an Pada Anak Di Tpq Bahrul Ulum Desa Jrebeng Kecamatan Wonomerto Kabupaten Probolinggo. Al-Ibtidaiyah, III(1), 17.
Rahayu, F. (2019). Konsep Dasar Evaluasi Pendidikan Islam. 13(1).
Rahmanto, M. A., & Khairul, A. (2022). Peran Guru Pai Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Al-Qur’an Di Smp Islam Arraudhoh. Jurnal Pendidikan Islam, 13(1), 7.
Sanjaya, W. (2015). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta : Kencana
Sudijono, A. (2007). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Depok : RajaGrafindo Persada.
Sukardi. (2008). Evaluasi Pendidikan: Prinsip Dan Oprasionalnya. Jakarta : Bumi Aksara.
Wirdanengsih. (2016). Pembudayaan Tradisi Membaca Alquran Pada Anak-Anak Di Masyarakat Balai Gurah Kabupaten Agam Sumatera Barat. Akademika.
Wirdanengsih, W. (2019). Makna Dan Tradisi-Tradisi Dalam Rangkaian Tradisi Khatam Quran Anak-Anak Di Nagari Balai Gurah Sumatera Barat. Gender Equality: International Journal Of Child And Gender Studies, 5(1), 9. Https://Doi.Org/10.22373/Equality.V5i1.5375
Yuliyanti, Ade. (2021). Makna Dan Tradisi Prosesi Khatam Al-Quran. Jurnal Fakultas Ilmu Keislaman Vol. 2 No. 3