Dampak Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Dini Studi Kasus Pada Anak Usia 3 Tahun Dengan Inisial “AD”

IMPACT OF GADGET USE ON EARLY CHILDREN CASE STUDY ON A 3 YEAR OLD CHILD WITH THE INITIALS "AD"

  • Hega Dwi Dian Dola Mawarti Dwi Dian Dola
  • Irfani Basri
  • Amril Amir
Keywords: Penggunaan, gadget, anak usia dini

Abstract

Abstrak

Gadget adalah perangkat elektronik kecil yang memiliki fungsi khusus dan digunakan untuk berbagai kebutuhan manusia, seperti komunikasi, produktivitas, hiburan, dan lainnya. Gadget memiliki unsur kebaruan dan sering muncul dengan teknologi terbaru. Gadjet digunakan oleh berbagai golongan, baik anak-anak, remaja, dewasa hingga tua. Penggunaan gadjet bagi anak usia dini akan menimbulkan berbagai dampak. Salah satunya dampak kecanduan bermain gadjet, sehingga akan menimbulkan dampak negatif bagi perkembangan bahasa anak. Penting peran orangtua dalam mendampingi anak dalam menggunakan gadjet. Tujuan penelitian ini adalah pertama untuk mengetahui penggunaan gadjet pada salah satu anak berusia 3 tahun dengan inisial “AD”, kedua, untuk mengetahui dampak penggunaan gadjet pada salah satu anak berusia 3 tahun dengan inisal “AD, dan ketiga menjelaskan peran orang tua dalam mengawasi anak dalam menggunakan gadjet.

Penelitian ini dilakukan di Kec.Ramah Pesisir, Balai Selasa dengan jenis penelitian kualitatif. Adapun sumber datanya antara lain, para salah satu anak usia dini yang menggunakan gadget. Adapun teknik pengumpulan datanya ada tiga yaitu wawancara dan observasi. Untuk menganalisis datanya, dibuat menjadi tiga tahapan, yaitu reduksi data,penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian mnunjukkan bahwa (1), penggunaan gadget pada anak usia 3 Tahun dengan inisial “AD” terbagi kepada tiga kelompok, yaitu anak memakai gadget orang tua, (2) dampak penggunaan gadget pada anak 3 tahun dengan inisial “AD” adalah pemerolehan bahasa anak menjadi terganggu, menyebabkan apa yang diujarkan anak sulit dipahami. (3) peran orang tua dalam mengawasi anak dalam menggunakan gadget.

 

References

DAFTAR PUSTAKA

Adiarsi, G. R., Stellarosa, Y., & Silaban, M. W. (2015). Literasi media internet di kalangan mahasiswa. Humaniora, 6(4), 470-482.

Ahmadi, F., & Ibda, H. (2018). Media literasi sekolah: Teori dan praktik. CV. Pilar Nusantara.

Agusta, I. (2003). Teknik pengumpulan dan analisis data kualitatif. Pusat Penelitian Sosial Ekonomi. Litbang Pertanian, Bogor, 27(10), 179-188.

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher).

Aprinawati, I. (2017). Penggunaan media gambar seri untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 72-80.

Asmariani, A. (2016). Konsep media pembelajaran PAUD. Al-Afkar: Manajemen pendidikan Islam, 5(1).

Chusna, P. A. (2017). Pengaruh media gadget pada perkembangan karakter anak. Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan, 17(2), 315-330.

Daulay, R. S., Pulungan, H., Noviana, A., & Hurhaliza, S. (2020). Manfaat Teknologi Smartphone Di Kalangan Pelajar Sebagai Akses Pembelajaran Di Masa Pandemi Corona-19. Jurnal Pendidikan Islam, 1(15).

Fitriansyah, F. (2016). Pemanfaatan media pembelajaran (gadget) untuk memotivasi belajar siswa SD. Cakrawala: Jurnal Humaniora Bina Sarana Informatika, 16(1).

Hasanah, U. (2021). Implementasi nilai-nilai Pancasila di kalangan generasi millenial untuk membendung diri dari dampak negatif revolusi indutri 4.0. Pedagogy: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(1), 52-59.

Huliyah, M. (2016). Hakikat pendidikan anak usia dini. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(01), 60-71.

Jafri, Y., & Dafega, L. (2020, June). Gadget dengan perkembangan sosial dan bahasa anak usia 3–6 tahun. In Prosiding Seminar Kesehatan Perintis (Vol. 3, No. 1, pp. 76-76).

Linola, D. M., Marsitin, R., & Wulandari, T. C. (2017). Analisis kemampuan penalaran matematis peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita di sman 6 malang. Pi: Mathematics Education Journal, 1(1), 27-33.

Muzaki, F. I. (2017). Kecerdasan Sosial Bagi Peserta Didik Usia SD di Zaman Digital. Ferril Irham Muzaki.

MUZAKKI, M. A. PENGGUNAAN GADGET DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS.

Prasetiawan, A. Y. (2019). Perkembangan golden age dalam perspektif Pendidikan Islam. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 6(1), 100-114.

Pudyastuti, R. R. (2023). Penggunaan Gadget Bagi Anak. Penerbit P4I.

Putri, L. D. (2021). Waspadai dampak penggunaan gadget terhadap perkembangan sosial anak usia dini. Jendela PLS: Jurnal Cendekiawan Ilmiah Pendidikan Luar Sekolah, 6(1), 58-66.
Radliya, N. R., Apriliya, S., & Zakiyyah, T. R. (2017). Pengaruh penggunaan gawai terhadap perkembangan sosial emosional anak usia dini. Jurnal Paud Agapedia, 1(1), 1-12.

Rahardjo, M. (2010). Triangulasi dalam penelitian kualitatif.

Rohayani, F. (2020). Menjawab Problematika yang Dihadapi Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19: Problematika dan Solusi. Qawwam, 14(1), 29-50.

Subarkah, M. A. (2019). Pengaruh gadget terhadap perkembangan anak. Rausyan Fikr: Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan, 15(1).

Uce, L. (2017). The golden age: Masa efektif merancang kualitas anak. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 1(2), 77-92.
Published
2024-06-28