Strategi Peningkatan Motorik Halus Anak Kelompok A Di Tk Islam Masjid Raya Jihad Padang Panjang
Strategi Peningkatan Motorik Halus Anak Kelompok A Di Tk Islam Masjid Raya Jihad Padang Panjang
Abstract
ABSTRACT
Fine motor skills, namely movements that are the result of coordination of muscles that demand the ability to control fine movements of this research originate from the problems that researchers found in the Islamic Kindergarten of Jihad Raya Mosque Padang Panjang that many problems occur in children's motoric development, especially in children aged At an early age, many children's development of gross motor and fine motor skills does not develop on time. The purpose of this fine motor development is to improve children's abilities so that they can develop fine motor skills, especially the fingers and optimize them in a better direction. This study aims to describe and find out strategies for increasing fine motor skills in group A children in the Islamic Kindergarten of the Great Mosque of Jihad Padang Panjang. This type of research is a qualitative approach using naturalistic phenomenology. Methods of data collection in this study using observation, interviews, and documentation. Furthermore, to test the validity of the data, the researcher used a triangulation technique. Then to analyze the data the researcher divides it into four components including: data collection, data reduction, data presentation, and drawing conclusions.
Based on the results of interviews conducted by the researcher with the informant, the child's motor development was good and he was able to carry out activities related to the child's fine motor skills. The strategies used by the teacher are child-centered learning strategies, learning strategies through play, fixated learning strategies, problem-based learning strategies, and creativity-based learning strategies.
Keywords: Improvement Strategy, Fine Motoric
ABSTRAK
Motorik halus yakni gerakan-gerakan yang merupakan hasil koordinasi otot-otot yang menuntut adanya kemampuan mengontrol gerakan-gerakan halus. Penelitian ini berawal dari permasalahan yang peneliti temukan di TK Islam Masjid Raya Jihad Padang Panjang bahwa banyak permasalahan terjadi dalam perkembangan motorik anak terutama pada anak usia dini, banyak sebagian anak perkembangan motorik kasar dan motorik halus anak tidak berkembang pada waktunya.Tujuan perkembangan motorik halus ini diantaranya untuk meningkatkan kemampuan anak agar dapat mengembangkan kemampuan motorik halus khususnya jari tangan dan optimalitas ke arah yang lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengetahui strategi peningkatkan motorik halus anak kelompok A di TK Islam Masjid Raya Jihad Padang Panjang. Jenis penelitian ini yakni pendekatkan kualitatif dengan menggunakan fenomena natural. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya untuk pengujian keabsahan data peneliti menggunakan teknik triangulasi. Kemudian untuk menganalisis data peneliti membagi menjadi empat komponen antara lain: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan peneliti kepada informan tersebut menyatakan perkembangan motorik anak sudah bagus dan mampu melakukan kegiatan yang berkaitan dengan motorik halus anak. Strategi yang digunakan oleh guru ialah ialah strategi pebelajaran yang berpusat pada anak, strategi pembelajar melalui bermain, strategi pembelajaran terpaku, strategi pembelajaran berbais masalah, dan strategi pembelajaran berbasis keratifitas.
Kata Kunci: Strategi Peningkatan, Motorik Halus
References
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Basrowi dan Suwandi. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta.
Damayanti, Fery dkk, Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Melalui Gerak Manipulatif Anak Usia 4-5 Tahun, https://jurnal.uns.ac.id/kumara, Di Akses Tanggal 6 Maret 2023, pukul 09.00 WIB
Https://Tanwir.Id/Tafsir-Ilmi-Q-S-Ar-Rum-Ayat-54-Perkembangan-Fisik-Manusia. Di Akses Tanggal 3 Januari 2023
http://repository.unimar-amni.ac.id di akses pada tanggal 16 juni 2023 pukul 21:43 wib
Mulyadi,Novi. 2016. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Kalimedia.
Moleong, Lexy J. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Nasution. 2009. Metode Research: Penelitian Ilmiah. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Ramdhan, Muhammad. 2021. Metode Penelitian. Surabaya: Cipta Media Nusantara (CMN).
Rudiyanto, Ahmad. 2016. Perkembangan Motorik Kasar Dan Motorik Halus Anak Usia Dini. Lampung: Darusalam Press Lampung.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Penerbit Alfabeta.
Susanto, Ahmad.2012. Perkembangan Anak Usia Dini (Pengantar Dalam Berbagai Aspeknya). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
______________. 2018. Pendidikan Anak Usia Dini ( Konsep Dan Teori). Jakarta: PT Bumi Aksara.
Syarifah, Annita. Mengembangkan motorik halus anak prasekolah dengan paper toys. (penerbit NEM 2022). Hal 7
Yamin, Martinis dan Jamilah Sabri Sanan. 2010. Penduan Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Gaung Persada