Peningkatan Kemampuan Berpikir Anak Usia Dini melalui Media Game Gambar dan Huruf di RA Bunayya Bin Baz Yogyakarta Enhancing Early Childhood Thinking Skills through Picture and Letter Game Media at RA Bunayya Bin Baz Yogyakarta
Main Article Content
Abstract
Perkembangan kognitif merupakan salah satu aspek penting dalam pertumbuhan anak usia dini, di mana anak didorong untuk mengembangkan kemampuan berpikir dan memecahkan masalah. Namun, dalam praktiknya, metode pembelajaran yang digunakan sering kali kurang menarik dan tidak sesuai dengan karakteristik perkembangan anak usia dini. Pendekatan yang membosankan dapat menurunkan motivasi anak dalam mengenal huruf dan belajar membaca. Oleh karena itu, diperlukan strategi inovatif yang mampu menghadirkan pembelajaran yang menyenangkan dan efektif. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir anak usia dini melalui media permainan edukatif Gambar dan Huruf Serasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, melibatkan 17 anak usia 5–6 tahun di RA Bunayya Bin Baz Yogyakarta. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta menggunakan triangulasi sumber untuk menjamin kredibilitas data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan permainan Gambar dan Huruf Serasi memberikan kontribusi yang signifikan terhadap perkembangan kognitif anak. Permainan ini terbukti mampu: (1) meningkatkan minat baca anak, (2) menumbuhkan motivasi belajar huruf dan membaca, (3) merangsang daya ingat anak, dan (4) memperkaya kosakata. Dengan demikian, media permainan berbasis gambar dan huruf terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir anak usia dini serta menjadikan proses pembelajaran lebih menarik dan sesuai dengan tahapan perkembangan mereka.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
References
Andiansyah, Deni. 2017. “Aplikasi Pendukung Perkembangan Kognitif Anak Usia 3-5 Tahun Berbasis Android (Pengenalan Huruf, Angka, Warna Dan Bentuk)” 1 (1): 1–36. http://elib.unikom.ac.id.
Aprianti, Wini. 2021. Penerapan Permainan Puzzle Dalam Mengembangkan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Di Ra Perwanida Ii Bandar Lampung. Repository Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Aulina, Choirun Nisak. 2019. Choirun Nisak Aulina Buku Ajar Metodologi Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini.
Hidayah, Nurul, Adiyati Fathu Roshonah, and Anita Damayanti. 2024. “Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Metode Bercerita Pada Anak Usia 5 – 6 Tahun Di TK Aisyiyah 12 Setiabudi Pamulang,” 1528–32.
Mardi, T K, Santosa Sumedang, Jawa Barat, Fakultas Ilmu, and Pendidikan Universitas. 2022. “Penggunaan Media Kartu Huruf Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Di TK Mardi Santosa Sumedang Jawa Barat” 4 (2): 95–103.
Nurdiana, Rina. 2023. “Analisis Pengaruh Lingkungan Fisik Kelas Terhadap Minat Aktivitas Belajar Anak Usia Dini.” Thufuli: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini 1 (1): 1–7. https://doi.org/10.62070/thufuli.v1i1.16.
Nurussakinah, Thiana, and Nur Faizah Romadona. 2024. “Permainan Inklusif : Solusi Untuk Anak Dengan Keterlambatan Perkembangan Emosi” 7 (3): 1029–37. https://doi.org/10.31004/aulad.v7i3.843.
Rifky Ijlal Musyaffa, Hilalludin Hilalludin, and Adi Haironi. 2024. “Korelasi Hadits Kebersihan Dengan Pendidikan Karakter Anak Di Tarbiatul Athfal (TA/TK) Miftahussalam Kotayasa Sumbang Banyumas.” Journal of International Multidisciplinary Research 2 (6): 632–37. https://doi.org/10.62504/jimr663.
Utami, Tri Hapsari. 2010. “Indikator Dan Tujuan Pembelajaran Dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran.” Semnas Mipa, 2.
Waruwu, Marinu. 2024. “Pendekatan Penelitian Kualitatif: Konsep, Prosedur, Kelebihan Dan Peran Di Bidang Pendidikan.” Afeksi: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan 5 (2): 198–211. https://doi.org/10.59698/afeksi.v5i2.236.
Almigo, Nuszep, Renza Anjelina Sonda, Program Studi Psikologi, Kota Palembang, and Desa Tanjung Tambak. 2025. “Strategi Motivasi Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Anak Paud Di Desa Tanjung Tambak” 4 (1): 45–52. https://doi.org/10.29303/jpimi.v4i1.6132.
Andiansyah, Deni. 2017. “Aplikasi Pendukung Perkembangan Kognitif Anak Usia 3-5 Tahun Berbasis Android (Pengenalan Huruf, Angka, Warna Dan Bentuk)” 1 (1): 1–36. http://elib.unikom.ac.id.
Aprianti, Wini. 2021. Penerapan Permainan Puzzle Dalam Mengembangkan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Di Ra Perwanida Ii Bandar Lampung. Repository Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Aulina, Choirun Nisak. 2019. Choirun Nisak Aulina Buku Ajar Metodologi Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini.
Hidayah, Nurul, Adiyati Fathu Roshonah, and Anita Damayanti. 2024. “Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Metode Bercerita Pada Anak Usia 5 – 6 Tahun Di TK Aisyiyah 12 Setiabudi Pamulang,” 1528–32.
Mardi, T K, Santosa Sumedang, Jawa Barat, Fakultas Ilmu, and Pendidikan Universitas. 2022. “Penggunaan Media Kartu Huruf Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Di TK Mardi Santosa Sumedang Jawa Barat” 4 (2): 95–103.
Nurdiana, Rina. 2023. “Analisis Pengaruh Lingkungan Fisik Kelas Terhadap Minat Aktivitas Belajar Anak Usia Dini.” Thufuli: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini 1 (1): 1–7. https://doi.org/10.62070/thufuli.v1i1.16.
Nurussakinah, Thiana, and Nur Faizah Romadona. 2024. “Permainan Inklusif : Solusi Untuk Anak Dengan Keterlambatan Perkembangan Emosi” 7 (3): 1029–37. https://doi.org/10.31004/aulad.v7i3.843.
Rifky Ijlal Musyaffa, Hilalludin Hilalludin, and Adi Haironi. 2024. “Korelasi Hadits Kebersihan Dengan Pendidikan Karakter Anak Di Tarbiatul Athfal (TA/TK) Miftahussalam Kotayasa Sumbang Banyumas.” Journal of International Multidisciplinary Research 2 (6): 632–37. https://doi.org/10.62504/jimr663.
Utami, Tri Hapsari. 2010. “Indikator Dan Tujuan Pembelajaran Dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran.” Semnas Mipa, 2.
Waruwu, Marinu. 2024. “Pendekatan Penelitian Kualitatif: Konsep, Prosedur, Kelebihan Dan Peran Di Bidang Pendidikan.” Afeksi: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan 5 (2): 198–211. https://doi.org/10.59698/afeksi.v5i2.236.