PERAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA DINI DI MASA PANDEMI COVID 19 MELALUI EKSPLORASI MAINAN YANG ADA DI RUMAH

PERAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA DINI DI MASA PANDEMI COVID 19 MELALUI EKSPLORASI MAINAN YANG ADA DI RUMAH

  • Susan Nurhayati Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah Tasikmalaya
  • Ira Maria Husain [email protected]
Keywords: Peran orang tua, Eksplorasi Mainan Edukatif di Rumah, Kognitif, Covid 19

Abstract

Penelitian ini di lakukan karena kurangnya peran orang tua dalam membantu  meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini melalui eksplorasi mainan edukatif yang ada di rumah di masa pandemik ini. Adapun rumusan masalah yang di ambil melalui penelitian ini adalah untuk mengetahui peran orang tua dalam membantu meningkatkan kemampuan kognitif anak, mengetahui proses eksplorasi mainan edukatif di rumah dalam membantu meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini, dan juga mengetahui sejauh mana hasil dari mengekplorasi mainan edukatif yang ada di rumah dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak. Adapun metodelogi yang di gunakan dalam penelitian ini adalah deskripsi kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa peran orang tua dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak melalui eksplorasi mainan edukatif di rumah selama masa pandemi memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan kemampuan kognitif anak selama masa pandemi di Taman Kanak-kanak Yayasan Keluarga Sejahtera Tunas Harapan.

References

Ardiyanto.2020.https://www.rumah.com/beritaproperti/2020/8/191720/mainan-yang-cocok-untuk-media-bermain-dan-belajar-anak-di-rumah.

Ayuni, D., Marini, T., Fauziddin, M., & Pahrul, Y. (2021). Kesiapan Guru TK Menghadapi Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 414421. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.579
http://103.38.103.27/repository/index.php/PUB-KEP/article/view/45.

https://edukasi.kompas.com/read/2020/12/28/050200971/8-contoh-bermain-bermakna-bersama-anak-di-rumah?page=all
http://103.38.103.27/repository/index.php/PUB-KEP/article/view/45
https://edukasi.kompas.com/read/2020/12/28/050200971/8-contoh-bermain-bermakna-bersama-anak-di-rumah?page=all
Kompas.2020.https://edukasi.kompas.com/read/2020/01/06/22165871/jangan-asal-beli-orangtua-perlu-tahu-13-manfaat-mainan-edukatif-anak-paud?page=all. Diakses 22 agustus 2020.

Moleong, L. J. (2005). Metodologi Penelitian Kualitatif,. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ninda.2018. Pentingnya Mainan Edukasi Bagi Anak. Diakses tanggal 22 agustus 2021.Online.

Nur dkk. 2020. Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Dalam Pembelajaran Akuatik. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 10 No. 1, Januari 2020: 42-50

Oakley, L. 2004. Cognitive Development. New York: Routledge Taylor & Francis

Santrock, J. 2010. Child Development (Thirteeth Editiona). New York: McGrawHill

Sulastri, S., & Ahmad Tarmizi, A. T. (2017). Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Raudhatul
Sutisna.2020.https://repository.ung.ac.id/get/karyailmiah/6644/Perkembangan-Kognitif-AUD.pdf.

Wikipedia .https://id.wikipedia.org/wiki/Mainan. On line. Diakses 28 Agustus 2021.

Wikipedia .https://id.wikipedia.org/wiki/Mainan. On line. Diakses 28 Agustus 2021.
Published
2022-01-16