DAMPAK PENGGUNAAAN GADGET PADA ANAK USIA DINI

DAMPAK PENGGUNAAAN GADGET PADA ANAK USIA DINI STUDI KASUS PADA ANAK USIA DINI DESA SIOLIP

  • Irma Suryani siregar stain Madina
Keywords: Dampak, gadget, anak usia dini

Abstract

Gadget merupakan sebuah alat teknologi yang canggih dengan berbagai fitur yang tersedia, sehingga membuat semua kalangan baik orang tua, remaja bahkan anak usia dini merasa senang bahkan candu dalam menggunakan gadget tersebut. Sehingga bagi anak usia khususnya kalau tidak ada pendampingan atau control dari orang tua, akan mendatangkan dampak negative bagi perkembangan anak usia dini. Adapun tujuan penelitian ini adalah pertama, untuk mengetahui penggunaan gadget pada anak usia dini di desa Siolip, kedua, untuk mengetahui dampak penggunaan gadget pada anak usia dini di Desa Siolip dan ketiga, menjelaskan peran orang tua dalam mengawasi anak dalam penggunaan gadget di Desa Siolip.

Penelitian ini dilakukan di Desa Siolip dengan jenis penelitian kualitatif. Adapun sumber datanya antara lain, para anak-anak usia dini yang menggunakan gadget, para orang tua maupun saudara atau keluarga anak-anak yang menggunakan gadget tersebut. Adapun teknik pengumpulan datanya ada tiga yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk menganalisis datanya, dibuat menjadi tiga tahapan, yaitu reduksi data,penyajian data dan penarikan kesimpulan. 

Hasil penelitian mnunjukkan bahwa (1), penggunaan gadget pada anak usia dini di Desa Siolip terbagi kepada tiga kelompok, yaitu Anak Anak memakai gadget pribadi (miliknya sendiri) yang dibelikan oleh orang tuanya, Anak memakai gadget orang tuanya atau gadget saudaranya dan anak menyewa HP kepada penyedia HP sekaligus wifi nya dengan membayar 2000 per jam. (2) Dampak penggunaan gadget pada anak usia dini di Desa Siolip adalah Perkembangan sosial anak menjadi terganggu, Kehilangan konsentrasi, Mengganggu kesehatan mat, Menyebabkan prilaku anak tidak stabil, seperti mudah marah dan mudah nangis. (3) peran orang tua dalam mengawasi anak dalam penggunaan gadget di Desa Siolip adalah orang tuanya hendaknya tidak mengenalkan gadget kepada anak. Akan tetapi bagi anak yang sudah mulai candu dalam menggunakan gadget, seharusnya orang tua harus tegas dalam mengawasi dan membatasi durasi anak dalam menggunakan gadget.

References

Anggraeni, S. (2019). Pengaruh Pengetahuan Tentang Dampak Gadget Bagi Kesehatan Terhadap Perilaku Penggunaan Gadget Pada Siswa SDN Kebun Bunga 6 Banjarmasin. Faletehan Health Journal, 6(2), 64–68.
Anil, A., & Shaik, S. (2019). Third Eye Syndrome- a gadget screen addiction among medical professionals in Chennai, Tamilnadu, India. National Journal of Research in Community Medicine, 8(3), 249–254.
Arnani, N. P. R., & Husna, F. H. (2021). Perbedaan Kecenderungan Adiksi Gadget Siswa Sekolah Dasar Ditinjau dari Jenis Kelamin. Psycho Idea, 19(01), 57–64.
Bintoro, Y. C. (2019). Upaya Orangtua dalam Mengatasi Kecanduan Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Dini di Desa Mandiraja Kecamatan Mandiraja, Kabupaten Banjarnegara. Universitas Negeri Semarang.
Hartati, Sofia. 2007. How to Be a Good Teacher and How to be a Good Mother. Jakarta: Enno Media.
Lanca, C., & Saw, S. M. (2020). The association between digital screen time and myopia: A systematic review. Ophthalmic and Physiological Optics, 40(2), 216–229.
Mardalena, K., Yuhasriati, & Amalia, D. (2020). Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini dengan Kegiatan Bermain Balok di PAUD Nurul Hidayah Lampuuk Aceh. 5(1), 36–45.
Nur Sri Rahayu dkk, (2021) Analisis Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Dini, Jurnal PAUD Agapedia, Vol.5 No. 2 Desember 2021 h. 204.
Santoso, Soegeng. (2004). Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Citra Pendidikan.
Setianingsih, Ardani, A. W., & Khayati, F. N. (2018). Dampak Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Prasekolah Dapat Meningkatan Resiko Gangguan Pemusatan Perhatian Dan Hiperaktivitas. Gaster, 16(2),
Syifa, L., Setianingsih, E. S., & Sulianto, J. (2019). Dampak Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Psikologi pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 538.
Published
2022-06-29