JURNAL TILA ( Tarbiyah Islamiyah Lil Athfaal ) https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/tila <p>Jurnal TILA ( Tarbiyah Islamiyah Lil Athfaal ) adalah jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Mandailing Natal.</p> en-US [email protected] (Annisa Wahyuni) [email protected] (Annisa) Sun, 21 Jan 2024 17:09:50 +0000 OJS 3.1.2.4 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Pengaruh Lingkungan Keluarga terhadap Perkembangan Anak Usia Dini di Bidang Literasi https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/tila/article/view/1660 <p>The family environment is considered an important factor in the development of early childhood literacy. Parents, as the main family members, have an important role in instilling literacy in children from an early age. The aim of this research is to determine the influence of the family environment, especially the role of parents on the development of early childhood literacy. This research method uses a qualitative approach, namely literature study by collecting data from related articles over the last ten years. Accumulate and analyze the data sourced from books, magazines, newspapers and other scientific works. Based on the research results, it was found that early childhood education has an important role in lifelong development, and the family environment, especially the role of parents, that a key factor in children's literacy development. The factors in the family environment that influence children's literacy development includes interactions between parents and children, the practice to reading together, a physical environment that supports literacy, and an emotional atmosphere at home. The suggestion of this research is that parents instill literacy in children from an early age through various literacy activities, build a supportive literacy environment, and involve children in creative literacy activities.</p> Mukhlis Mukhlis Copyright (c) 2023 JURNAL TILA ( Tarbiyah Islamiyah Lil Athfaal ) https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/tila/workflow/index/1660/5 https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/tila/article/view/1660 Wed, 20 Dec 2023 00:00:00 +0000 PENGGUNAAN MEDIA KOLASE BAHAN ALAM UNTUK MENINGKATKAN MOTORIK HALUS DI PAUD AL-ISHLAH HADIMULYO BARAT METRO https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/tila/article/view/1629 <p>Kegiatan kolase bahan dasar dari alam sebagai media dalam peningkatan kemampuan motorik halus anak sangat jarang di terapkan di PAUD Al-Ishlah Hadimulyo Barat Metro. Kegiatan yang biasa dilakukan dalam menstimulus motorik halus anak adalah dengan menggambar dan mewarnai sehingga kemampuan motorik halus anak masih kurang dalam kegiatan menempel seperti pembuatan kolase. Adapun tujuannya dengan dilakukan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak usia dini melalui kegiatan kolase bahan alam daun-daunan. Hasil dari dilaksanakan penelitian ini yaitu terjadi peningkatan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan kolase bahan alam daun-daunan. Hal tersebut didukung oleh hasil penilaian yang dilaksanakan dari Pra-siklus, siklus I dan siklus II. Kemampuan motorik halus anak pada prasiklus mendapat persentase 7,69%, dan pada siklus I mengalami peningkatan namun belum sesuai dengan indikator penilaian(keberhasilan) dengan hasil persentase 38,45%, sehingga perlu dilakukannya siklus II. Pada siklus II telah mencapai indikator penilaian yang di harapkan yakni dengan persentase 84,61%.</p> Alifia Luqiana Ansory Copyright (c) 2024 JURNAL TILA ( Tarbiyah Islamiyah Lil Athfaal ) https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/tila/workflow/index/1629/5 https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/tila/article/view/1629 Thu, 01 Feb 2024 09:02:08 +0000 KONSEP POLA ASUH ORANG TUA PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/tila/article/view/1539 <p>Pola asuh orang tua merupakan pendidikan awal yang diterima anak di lingkungannya. Pada usia anak 0-6 tahun, pengasuhan meliputi kebutuhan dasar tumbuh kembang anak, yaitu kebutuhan berkenaan dengan tumbuh kembang fisik biologis atau asuh. Jadi pengasuhan anak merupakan cara yang dipilih oleh orang tua dalam mendidik, membimbing, mengasuh, membina, mengarahkan, memberi perlindungan, mengurus makan, minum, pakaian, tempat tinggal dan memastikan keberhasilan tumbuh kembangnya sampai anak beranjak dewasa. Konsep pola asuh dalam perspektif islam adalah pola asuh yang dapat memberikan keteladanan, nasehat, perhatian atau pengawasan, kebiasaan yang baik dan juga memperhatikan akhlak anak. Islam mengatur bagaimana pola pengasuhan terhadap anak, seperti apa kita memperlakukan anak, dan bagaimana membimbing dan mengarahkan, islam sudah mengaturnya didalam al-qur'an dan al-hadits. Pola asuh dalam perspektif islam adalah suatu kesatuan yang utuh dari sikap dan perlakuan orangtua kepada anak sejak masih kecil baik dalam mendidik, membina, membiasakan dan membimbing anak secara optimal berdasarkan al-qur'an dan al-Hadits. Maka dari itu sudah saatnya nilai-nilai keislaman atau religiusitas dijadikan sebagai fondasi pendidikan dan pembentukan karakter dalam penerapan pola asuh terhadap anak. Islamisasi teori pola asuh yang berasal dari barat merupakan sebuah keniscayaan yang sangat mungkin diterapkan, dengan mengintegrasikan dua sisi antara barat dan timur diharapkan dapat membuat sebuah pola asuh yang tidak hanya menanamkan nilai-nilai kedisiplinan yang tinggi namun juga memiliki nilai-nilai religiusitas yang luhur.</p> Febriyanti Adha Suhardin, ELVA NITA SRIWULAN AGUSTINA, MEGA CAHYA DWI LESTARI Copyright (c) 2024 JURNAL TILA ( Tarbiyah Islamiyah Lil Athfaal ) https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/tila/workflow/index/1539/5 https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/tila/article/view/1539 Thu, 01 Feb 2024 09:05:39 +0000 Role playing Peningkatan keterlibatan peserta didik dengan menggunakan metode role playing dalam praktek ibadah manasik umroh di SMAN 1 Batang Kapas https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/tila/article/view/1597 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode role playing dalam meningkatkan keterlibatan peserta didik dalam praktek ibadah di SMAN 1 Batang Kapas. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat kualitatif, dengan pendekatan deskriptif yakni menggambarkan keadaan atau status suatu kejadian atau fenomena. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan 1)Kegiatan pendahuluan dalam materi praktek ibadah haji dan umroh, 2) Pelaksanaan metode role playing dalam materi praktek ibadah haji dan umroh, 3) Pegiatan penutup pembelajaran dan evaluasi pembelajaran menggunakan metode role playing dalam praktek ibadah di SMAN 1 Batang Kapas.</p> Nurhablum minallah Nalla Copyright (c) 2024 JURNAL TILA ( Tarbiyah Islamiyah Lil Athfaal ) https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/tila/workflow/index/1597/5 https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/tila/article/view/1597 Thu, 01 Feb 2024 09:14:48 +0000