JURNAL TILA ( Tarbiyah Islamiyah Lil Athfaal ) https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/tila <p>Jurnal TILA ( Tarbiyah Islamiyah Lil Athfaal ) adalah jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Mandailing Natal.</p> en-US [email protected] (Annisa Wahyuni) [email protected] (Annisa) Wed, 08 Jan 2025 08:41:47 +0000 OJS 3.1.2.4 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Pengaruh Metode Bercerita Pada Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/tila/article/view/1255 <p><em>The development of children's language through the linguistic method is the development of children in managing words effectively orally and in writing. The goal is to communicate knowledge and help children to interact with peers and their social environment.</em></p> <p><em>The method of telling is one of the efforts in developing language at an early age. For this reason, starting in this research is how to develop early language through the storytelling method, how to develop early language through the storytelling method to answer problems using qualitative descriptive research.</em></p> <p><em>The research subjects were teachers and students, data collection techniques, observations, interviews and documentation, the results of the research were developments that had developed for early childhood language development, in the implementation it was optimal in using the storytelling method. Qualitative data analysis is inductive, namely an analysis based on data obtained and developed.</em></p> <p><em>Keywords: Language, Stories, Early Childhood</em></p> Annisa Wahyuni , Nur Hasanah Copyright (c) https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/tila/article/view/1255 Wed, 07 Jun 2023 00:00:00 +0000 PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN UBLEK DALAM MENINGKATKAN MOTORIK HALUS ANAK DI PLAY GROUP RAHMAH EL YUNUSIYYAH PADANG PANJANG https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/tila/article/view/1243 <p><em>Penelitian ini menunjukan bahwa peningkatan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan bermain ublek meningkatkat dengan baik. Hal ini terlihat dari keberhasilan siklus penelitian, yang mana perolehan siklus I 25,6% pada pertemuan pertama, meningkat menjadi 35% pada pertemuan ke dua, menjadi 42,5% pada pertemuan ke tiga. Pada siklus ke II, meningkat menjadi 51% pada pertemuan pertama, kemudian meningkat menjadi 66,7% pada pertemuan ke dua dan meningkat menjadi 94% pada pertemuan ke tiga dengan peningkatan 94%. Aktivitas guru dalam pembelajaran dari siklus I sampai dengan siklus II, yaitu 63,8% pada pertemuan I, meningkat menjadi 69% pada pertemuan II dan 72% pada pertemuan III, pada siklus dua, meningkat menjadi 75% pada pertemuan I, meningkat menjadi 100% pada pertemuan II, dan meningkat menjadi 100% pada pertemuan ke tiga pada siklus II. Dari peningkatan siklus yang dilakukan maka dapat di simpulkan bahwa peneliti ini berhasil meningkatkan motorik halus anak melalui kegiatan mencetak. </em></p> <p>&nbsp;</p> Mega Cahaya Dwi lestari, Sri Intan Wahyuni Copyright (c) https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/tila/article/view/1243 Wed, 21 Jun 2023 00:00:00 +0000 MANAJEMEN KOMUNIKASI DALAM PEMBELAJARAN STUDI KASUS POLA KOMUNIKASI GURU DAN SISWA DI TK ASY-SYARIFAH https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/tila/article/view/1290 <p><strong>Abstract</strong></p> <p>&nbsp;</p> <p>&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp; Communication is very important in the learning process. If teachers are less able to communicate effectively with their students, the material will not be conveyed properly. Therefore, in carrying out the learning process required good communication. In this research, it will be discussed how teacher and student communication techniques in the learning process, factors supporting teacher and student communication in learning and factors inhibiting teacher and student communication in learning.</p> <p>&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp; This type of research is qualitative research. The data sources consist of primary and secondary data sources. The data collection technique consists of interviews, observation and documentation then analyzed in three stages, namely data reduction, data presentation and drawing conclusions.</p> <p>&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp; The results of the study show that (1) teacher and student communication techniques in learning at Asy-Syarifah Kindergarten are a) persuasive techniques, namely communication techniques in the form of persuasion by giving gifts, b) informative communication techniques, namely providing clear information about the tasks to be carried out by students, c) instructional/coercive communication techniques, namely giving educative sanctions to students who violate them. (2) The supporting factors for teacher and student communication in learning at Asy-Syarifah Kindergarten are that the communicator (the person who conveys the message) must be intelligent and authoritative, the communicant (the person who receives the message) must be intelligent and concentrated, and the message conveyed must be interesting. (3) The inhibiting factors for teacher and student communication in the learning process at Asy-Syarifah Kindergarten are channel disturbances and sematic disturbances.</p> <p>&nbsp;</p> <p>Keywords: Communication, teachers, students, learning.</p> <p><strong>&nbsp;</strong></p> <p><strong>Abstrak </strong></p> <p>Komunikasi sangat penting dalam proses pembelajaran Jika guru kurang mampu berkomunikasi secara efektif dengan siswanya, materi tidak akan tersampaikan dengan baik. Oleh karena itu, dalam melaksanakan proses pembelajaran diperlukan komunikasi yang baik. Dalam penelitian akan dibahas bagaimana teknik komunikasi guru dan siswa dalam proses pembelajaran, Faktor pendukung komunikasi guru dan siswa dalam pembelajaran &nbsp;dan Faktor penghambat komunikasi guru dan siswa dalam pembelajaran.</p> <p>Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sumber datanya terdiri dari sumber data primer dan skunder. Adapun teknik pengumpulan datanya terdiri dari wawancara, obdervasi dan dokumentasi kemudian dianalisis dengan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.</p> <p>Adapun Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) teknik komunikasi guru dan siswa dalam pembelajaran di TK Asy-Syarifah adalah a) Teknik persuasif, yaitu teknik komunikasi yang berupa bujukan dengan memberikan hadiah, b) Teknik komunikasi informatif yaitu memberikan informasi yang jelas tentang tugas yang akan dilaksanakan siswa, c) teknik komunikasi instruksi/koersif, yaitu memberikan sanksi yang bersifat edukatif bagi siswa yang melanggar. (2) Faktor pendukung komunikasi guru dan siswa dalam pembelajaran di TK Asy-Syarifah adalah komunikator (orang yang menyampaikan pesan) harus cerdas dan berwibawa, komunikan (orang yang menerima pesan) harus cerdas dan konsentrasi, dan pesan yang disampaikan harus menarik. (3) Faktor penghambat komunikasi guru dan siswa dalam proses pembelajaran di TK Asy-Syarifah adalah gangguan saluran dan gangguan sematik.</p> <p>&nbsp;</p> <p>Kata Kunci : Komunikasi, guru, siswa, pembelajaran.</p> Irma Suryani siregar Copyright (c) https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/tila/article/view/1290 Fri, 23 Jun 2023 00:00:00 +0000 Peningkatan kemampuan membaca Al-Qur'an melalui metode Balai Gurah di TPA Minangkabau Saiyo Panyabungan https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/tila/article/view/1323 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode Balai Gurah dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an di TPA Minangkabau Saiyo. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat kualitatif, dengan pendekatan deskriptif yakni menggambarkan keadaan atau status suatu kejadian atau fenomena. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan 1) Perencanaan guru dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an dengan metode Balai Gurah dimulai dengan menyusun kurikulum yang mengadopsi sistem pembelajaran Balai Gurah. 2) Pelaksanaan guru dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an dengan metode Balai Gurah terdiri dari dua tahap, Tahap 1 adalah kegiatan belajar Al-Qur'an di TPA Minangkabau Saiyo yang dilaksanakan dari hari Senin hingga Sabtu, mulai pukul 14.00 hingga 17.30 WIB. Tahap 2 melibatkan materi pembelajaran sebanyak 46 materi, yang mencakup tajwid dasar seperti pengenalan huruf beserta hukum tajwid lainnya, serta materi fiqih. Tahap ini dapat diselesaikan dalam waktu 5 bulan pertama. Setelah itu, murid-murid akan diarahkan untuk mempraktikkan membaca Al-Qur'an mulai dari juz 1. 3) Evaluasi pembelajaran di TPA Minangkabau Saiyo terdiri dari evaluasi mingguan dan evaluasi tahunan. Penerapan metode Balai Gurah memiliki pengaruh yang positif dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an anak-anak di TPA Minangkabau Saiyo.</p> ferbiani, Afnibar, Juliana Batubara Copyright (c) https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/tila/article/view/1323 Thu, 29 Jun 2023 00:00:00 +0000 Penerapan Metode Drill pada Praktek Ibadah untuk Anak Usia Dini di RA Darussalam Huta Siantar https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/tila/article/view/1356 <p><em>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana cara guru </em>mendidik anak sejak usia dini tentunya merupakan proses kreatifitas dan keteladanan dalam mendorong sikap yang positif terhadap tumbuh kembang dan sikap yang jauh lebih baik terhadap masa depan yang tidak mudah diterapkan. Perjalanan tersebut membutuhkan kesabaran dan keteguhan hati, selain itu harus dipadukan dengan metode pembelajaran yang dapat membantu anak memahami setiap materi yang ditawarkan. Metode demonstrasi dan praktik yang diterapkan di RA Darussalam Huta Siantar merupakan metode yang efektif untuk meningkatkan praktik ibadah, khususnya dalam ibadah sholat bagi siswa usia dini. Dengan penghiburan ini diharapkan mereka menjadi hamba Allah yang rajin beribadah.</p> Sartika Dewi Harahap Copyright (c) https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/tila/article/view/1356 Thu, 29 Jun 2023 00:00:00 +0000 Peran Parenting Islami Pada Anak Usia 0-3 Tahun https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/tila/article/view/1365 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peranan parenting islami dalam pembentukan karakter anak usia dini di Pendidikan Anak Usia 0-3 tahun. Parenting islami merupakan pendekatan dalam pengasuhan anak yang mengintegrasikan nilai-nilai agama Islam dalam praktik-praktik sehari-hari. Melalui studi kasus di observasi dan pengamatan yang dilakukan, penelitian ini menggunakan metode observasi partisipatif, wawancara mendalam dengan orang tua, dan analisis dokumen terkait parenting islami. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa parenting islami memiliki peran yang signifikan dalam membentuk karakter anak usia dini, seperti sikap kesabaran, kejujuran, rasa empati, dan tanggung jawab. Penelitian ini juga menyoroti pentingnya konsistensi dalam pengamalan nilai-nilai agama Islam dalam kehidupan sehari-hari anak, serta kerjasama antara orang tua dan guru dalam mendukung pembentukan karakter anak usia dini. Penelitian ini berimplikasi pada pentingnya pendidikan agama Islam dan parenting islami dalam pendidikan anak usia dini serta memberikan arahan bagi guru dan orang tua untuk menerapkan pendekatan parenting islami yang efektif dalam pembentukan karakter anak. Kata kunci: parenting islami, anak usia dini, karakter, pendidikan anak usia dini.</p> Nanda Yuliantika Yuliantika Copyright (c) https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/tila/article/view/1365 Fri, 30 Jun 2023 00:00:00 +0000