PENERAPAN STRATEGI EVERYONE IS A TEACHER HERE DENGAN E-ASESSMENT TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA

  • Rizki Fadilah STAIN Mandailing Natal
Keywords: Everyone is a Teacher, E-Asessment, Fisika, Usaha dan Energi

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan startegi Everyone is a Teacher Here dengan Asessment terhadap hasil belajar Fisika pada materi Usaha dan Energi kelas XI SMA. Jenis penelitian yang digunakan adalah (quasi eksperiment) dengan rancangan penelitian randomized control group posttest only design.Strategi everyone is a teacher here merupakan salah satu strategi pembelajaran aktif (active learning) yang digunakan oleh pendidik dengan maksud meminta peserta didik untuk semuanya berperan menjadi narasumber atau guru terhadap semua temannya di kelas belajar.Google form merupakan suite dari googledrive. Googleform merupakan fasilitas open source yang dapat dimiliki oleh setiap orang. Satu account google memiliki banyak manfaat, salahsatu diantaranya adalah bisa mengakses googleform. Hasil penelitian menunjukkan belajar peserta didik yang diajarkan dengan strategi pembelajaran evereyone is a teacher here lebih tinggi dibandingkan yang diajarkan dengan strategi pembelajaran konvensional.

References

Amral. 2020. Penerapan Everyone is a Teacher Here(ETH) Melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Bogor: Guepedia
Arief, R. 2017. Aplikasi Presensi Siswa Online Menggunakan Google Forms, Sheet, Sites, Awesome Table dan Gmail. SNTEKPAN V, ITATS, Surabaya, 137–143.
Astuti, P. 2015. Penerapan Strategi Everyone is a Teacher Here (Setiap Siswa Bisa Menjadi Guru) dan Hubungannya dengan Motivasi Belajar Siswa Pada Pelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas Viii Mts Darul ‘Ulum Kecamatan Reteh Kabupaten Indragiri Hilir. Skripsi, Riau Pekan Baru: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Pekanbaru
Dick, W. and Carey, L. 1990. The Systematic Design of Instruction. (Third). New York: Holt, Rinehart and Winston, 1979.
Hamruni. 2012. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Insan Madani.
Mardhiyah. 2021. Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jurnal Pendidikan, Vol.12 No. 1
Rusnayati, H., Stefani, R., & Wijaya, A. F. C. (2015). Desain Didaktis Pembelajaran Konsep Energi dan Energi Kinetik Berdasarkan Kesulitan Belajar Siswa pada Sekolah Menengah Atas. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 1(1), 69-76
Santos, P., Cook, J., & Hernández-Leo, D. 2015. M-AssIST: Interaction and Scaffolding Matters in Authentic Assessment. Journal of Educational Technology & Society, 18(2), 33.
Septiawan, F. 2020. Efektivitas Penggunaan Google Form sebagai Media Evaluasi saat Penilaian Tengah Semester (PTS). Jurnal Seminar Pendidikan Nasional Jurusan Tarbiyah FTIK, vol. 7 No 2
Sorensen, E. 2013. Implementation and student perceptions of e-assessment in a Chemical Engineering Module. European Journal of Engineering Education, 38(2), 172-185.
Suprijono, Agus. (2013). Cooprative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ukir, L. U. (2019). Efektivitas Penerapan Strategi Everyone is a Teacher Here Untuk Meningkatkan Prestasi Siswa Kelas VIII.A SMPN 1 Gunungsari Pada Mata Pelajaran IPA. Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia,6(1), 9. https://doi.org/10.33394/hjkk.v6i1.1595
Utami, Lina Wahyu Setya. 2021. Penggunaan Google Form dalam Evaluasi Hasil Belajar Peserta Didik di masa Pandemi Covid-19. Jurnal Inovasi Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Vol. 1 No. 3
Widiadnyana, I.W., Sadia, I.W., & Suastra, I.W. (2014). Pengaruh model discovery learning terhadap pemahaman konsep IPA dan sikap ilmiah siswa SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 4(1).
Zubaidah, S. 2018. Mengenal 4C: Learning and Innovation Skills untuk Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. 2nd Science Education National Conference, Oktober, 1-7.
Published
2022-12-21