ANALISI KOMPETENSI PENDIDIK DALAM TAFSIR AL MISHBAH Q.S. AL MUJADILAH AYAT 11
Abstrak
Banyaknya permasalahan yang terjadi dalam dunia pendidikan yang berakibat pada tidak tercapainya dari tujuan pendidikan menjadi sesuatu yang harus diperhatikan agar dikaji ulang bagaimana permasalahan dalam dunia pendidikan dapat diatasi. Salah satu faktor yang menjadi pusat perhatian adalah kualitas dari para pendidik. Penelitian ini bertujuan guna menjelaskan bagaimana kompetensi pendidik yang terdapat didalam surah Al Mujadilah ayat 11 berdasarkan penjelasan dari kitab tafsir Al Misbah dengan tujuan agar nantinya para pendidik mampu memiliki kompetensi dalam melakukan tugasnya sebagai pendidik. Pada penelitian ini, peneliti memakai metode kualitatif, yakni para peneliti menyajikan pembahasan didalam jurnal dengan memberikan penjelasan dari berbagai literatur. Jenis penelitian yang dipilih adalah metode Penelitian Perpustakaan. Hasil penelitian ini menjelaskan empat kompetensi pendidik yang harus dimiliki oleh setiap pendidik ketika menjalankan profesinya berdasarkan perspektif Al Qur’an. Kompetensi tersebut dinilai penting dalam memajukan dunia pendidikan agar menciptakan generasi yang memiliki intelektual tinggi dan memiliki karakter yang baik. Sebab sisi baik dari peserta didik akan muncul melalui pendidikan yang diberikan oleh pendidik. Seorang pendidik merupakan tauladan terhadap peserta didiknya, oleh sebab itu untuk mencapai tujuan dari pembelajaran dimulai dari mempersiapkan diri sebagai pendidik yang memiliki kompetensi dalam memberikan ilmu pengetahuan terhadap peserta didiknya.
Referensi
Kurniawan, A. (2023). Ilmu Pendidikan.. Padang: PT. Global Eksekutif Teknologi.
Jalil, A., Latuconsina, H. (2009). Pembelajaran Berbasis Ftrah.. Jakarta: Balai Pustaka.
Suwanto. (2019). Budaya Kerja Guru. Lampung: CV Gre Publishing.
Hidayati, N. (2021). Kompetensi Dan Komitmen Profesi Pendidikan.. Pasuruan: CV. Penerbit Qiara Medan.
Ramayulis. (2013). Profesi dan Etika Keguruan. Jakarta: Kalam Mulia.
Nata, A. (2005). Tokoh-Tokoh Pembaruan Pendidikan Islam Di Indonesia.. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Noor, J. (2021). Metodologi Penelitian.. Jakarta: Kencana.
Roosinda, F.W., dkk, (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Zahir Publishing, 2021.
Shihab, M. Q. (1996). Wawasan Al-Qur’an Tafsir Maudhu’i atas Berbagai Persoalan Umat. Bandung: Mizan.
Siswoyo, D. (2013). Ilmu Pendidikan Islam. Yogyakarta: UNY Press, 2013.
Mulyasa. (2013). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Hamzah. (2007). Profesi Kependidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Shihab, M. Q. (2017). Tafsir Al-Misbah jilid 14. Tangerang: Lentera Hati.
Musfah, j. Peningkatan Kompetensi Guru melalui Pelatihan dan Sumber Belajar Teori dan Praktik. Jakarta: Prenada Media.