Pesan Dakwah yang Terkandung dalam Sebuah Film (Studi Kasus Film Hafalan Shalat Delisa)
Abstract
Penelitian ini ditulis bertujuan guna mengetahui pesan-pesan dakwah apa saja yang terkandung di dalam film Hafalan Shalat Delisa sehingga dapat teruraikan mengenai pesan-pesan dakwah yang ada di dalam film Hafalan Shalat Delisa. Pesan dakwah adalah segala sesuatu yang ditransmisikan dari sejarah kepada pemiliknya atau hal dakwah, yaitu segala sesuatu yang ada dalam ajaran yang ada dalam kitab dan sunnah rasul.. Permasalahan dalam penelitian ini ialah apa saja pesan-pesan dakwah yang ada di dalam film Hafalan Shalat Delisa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode kualitatif deskriptif, karena metode ini digunakan untuk mengkaji sesuatu yang bersifat deskriptif dalam mencari teori atau pengetahuan dalam suatu penelitian. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam film Hafalan Shalat Delisa mengandung beberapa pesan dakwah seperti pesan ibadah, pendidikan,dan akidah.
References
Arifuddin, Andi Fikra Pratiwi. “Film Sebagai Media Dakwah Islam.” Aqlam: Journal of Islam and Plurality 2, no. 2 (2017): 113. https://doi.org/10.30984/ajip.v2i2.523.
Djawad, Alimuddin A. “Pesan, Tanda, Dan Makna Dalam Studi Komunikasi.” STILISTIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya 1, no. 1 (2016): 96. https://doi.org/10.33654/sti.v1i1.344.
Farihah, Irzum. “Media Dakwah Pop.” AT-TABSYIR, Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam 1, no. 2 (2013): 26. http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/komunikasi/article/view/432.
Irawan, Fuad Bayu. “Menyingkap Kualitas Pelayanan Pada Toko Kelontong Aulia Anugerah Pati.” Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 2019, 26. https://repository.usm.ac.id/files/skripsi/B11A/2015/B.111.15.0308/B.111.15.0308-15-File-Komplit-20200323090502.pdf.
Jav, Panca. 5 Hari Mahir Bikin Film. Batik Publisher, n.d.
Liliweri, Alo. Makna Seni Dan Kesenian Seri Pengantar Studi Kebudayaan. NUSAMEDIA, 2021.
Mazaya, Vyki. “Strategi Viralisasi Konten Dakwah Di Kanal Youtube.” Jurnal Komunikasi Islam 11, no. 2 (2021): 302. https://doi.org/10.15642/jki.2021.11.2.290-323.
Mustofa, Muhamad Bisri, Siti Wuryan, and Syamzakiah Rahmayeni. “Telaah Pesan Dakwah Dalam Film Tilik (Studi Analisis Semiotika).” Komunike 13, no. 2 (2021): 224. https://doi.org/10.20414/jurkom.v13i2.4561.
Nadzifah, Faizatun. “Pesan Dakwah Dosen Dakwah Stain Kudus Dalam Surat Kabar Harian Radar Kudus.” At-Tabsyir: Komunikasi Penyiaran Islam 1, no. 1 (2013): 113. https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/komunikasi/article/download/449/441.
Oktavianus, Handi. “Penerimaan Penonton Terhadap Praktek Eksorsis Di Dalam Film Conjuring.” E-Komunikasi 3, no. 2 (2015): 3. https://media.neliti.com/media/publications/79600-ID-none.pdf.
Rachmat, Erwan. Explore Bahasa Indonesia Jilid 2. Penerbit Duta, 2019.
Sandyakala, Mutiara Cendekia, Mukhlis Aliyudin, and Syukriadi Sambas. “Film Sebagai Media Dakwah: Analisis Semiotika.” Prophetica : Scientific and Research Journal of Islamic Communication and Broadcasting 5, no. 2 (2019): 133–54. https://doi.org/10.15575/prophetica.v5i2.2215.
Wijayanti, Ratih Ika. “Pergeseran Ideologi Gender Dalam Adaptasi Film Ke Komik Dan Game Pendekar Tongkat Emas.” Riksa Bahasa 3, no. 1 (2017): 83.
Yuliani, Wiwin. “Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif Dalam Prespektif Bimbingan Dan Konseling.” Quanta 2, no. 2 (2018): 83. https://doi.org/10.22460/q.v1i1p1-10.497.
- All articles published in Al Manaj: Jurnal Manajemen Dakwah are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA) license. This means anyone is free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided they give appropriate attribution to the original author(s) and Al Manaj: Jurnal Manajemen Dakwah, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to Al Manaj: Jurnal Manajemen Dakwah to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- Although the conditions of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA) license do not apply to authors (as the copyright holder of your article, you have no restrictions on your rights), by submitting to Al Manaj: Jurnal Manajemen Dakwah, authors recognize the rights of readers and must grant any third party the right to use their articles to the extent provided by the license.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.