Efektivitas Majelis Taklim Al-Istiqomah untuk Mempererat Ukhwah Masyarakat Desa Wangandowo Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan

  • Anisatul Fa'izah UIN KH. ABDURAHMAN WAHID Pekalongan
  • Dita Eliana
  • Rizka Auliya
Keywords: Masyarakat, Majelis taklim, ,Ukhuwah Islamiyah

Abstract

Dalam kehidupan sosial, masyarakat memiliki peran penting dalam kehidupannya. Sebagai makhluk sosial, masyarakat  tentu memerlukan interaksi dengan masyarakat lainnya dalam menjalankan aktivitas  sehari-harinya. Kehidupan sosial biasa kita temui dalam lingkungan masyarakat agar kehidupan sosial dalam lingkungan masyarakat tidak terjadi pertikaian   yang tidak diinginkan, kita sebagai masyarakat mempunyai hak dalam  menciptakan kehidupan bermasyarakat yang tentram,  menjaga kedamaian dan kekompakan, salah  satunya dengan mengikuti kegiatan majelis taklim yang ada hadir ditengah masyarakat. Majelis taklim hadir ditengah masyarakat salah satu upaya  dalam meminimalisir perselisihan antar masyarakatnya. Dalam penelitian kali ini, kami ikut serta hadir mengikuti pengajian ibu-ibu majelis taklim  Al-Istiqomah Di Desa Wangandowo, Kecamatan Bojong, Kabupaten Pekalongan.Metode penelitian yang kami lakukan adalah metode kualitatif deskriptif yaitu dengan prosedur mengumpulkan data melalui pengamatan langsung dilapangan,dokumentasi,dan interview. Dan berdasarkan hasil dari penelitian kami, diperoleh bahwa jamaah pengajian ibu-ibu Al Istiqomah mempunyai agenda kegiatan tahunan bahkan kegiatan yang akan diselenggarakan. Kegiatan majelis taklim Al-Istiqomah ini diharapkan bisa menjadi wadah masyarakat untuk menjaga kerukunan dan menjalin ukhuwah islamiyyah yang lebih erat. Isi dari pembahasan ini tentang kegiatan yang ada didalam majelis taklim dan permasalahan pada tingkat partisipasi dari jamaah dalam mengunjungi pengajian rutinan majelis taklim al – istiqomah desa wangandowo.

References

Arianty, Asrie, Siti Sarah, Agustin Harahap, Muhammad Tri, and Rahmat Diansa. “Tradisi Majelis Taklim Yasinan Sebagai Media Komunikasi Keagamaan Umat Islam Di Desa Sei Limbat Kabupaten Langkat” 6 (2022): 14058–14064.

Elok Zahratul Laila Sismiati, A. F. (2023). Kontribusi Majelis Taklim Hubbur Rosul dalam Membangun Ukhuwah Islamiyah Masyarakat di Desa Prasi. Eduprof: Islamic Education Journal, Volume 5 , 80-98.

Fauzi, W, and Majelis Ta. “( STUDI KASUS : MAJELIS TA ’ LIM AL-MARDHIYYAH JOGLO KEMBANGAN JAKARTA BARAT )” (n.d.).

Iryani, Eva, and Friscilla Wulan Tersta. “Ukhuwah Islamiyah Dan Perananan Masyarakat Islam Dalam Mewujudkan Perdamaian: Studi Literatur.” Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi 19, no. 2 (2019): 401.

Kuss, Daria J, Mark D Griffiths, Jens F Binder, and Burton Street. “Metadata, Citation and Similar Papers at Core.Ac.Uk” (2013): 1–19.

Muhammad Syarif1, Husni Yunus2 & Abbas3. “Efektivitas Dakwah Melalui Majelis Taklim.” Al Nashihah 3, no. 1 (n.d.): 1–16.

Suriati. (2013, Juli-Desember). MAJELIS TA'LIM;Strategi Dakwah Dalam Mempererat Ukhuwah Islamiyah. Al-mishbah,Jurnal Ilmu Dakwah dan Komunikasi, 9, 209-228.

Utami, Putri Dewi, Nispul Khoiri, and Erwan Efendi. “Problematika Dalam Meningkatkan Partisipasi Anggota Majelis Taklim Nur Hasanah Hilir Desa Marindal I, Patumbak, Deli Serdang.” Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial Dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2, no. 3 (2023): 739–750.
Published
2024-01-07
Section
Articles