Strategi Pemasaran Bingkai Kaligrafi Islam Dalam Meningkatkan Kualitas Produk Dikalangan Masyarakat Palembang

  • Nuha Nabila Aswari Nuha UIN SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA
  • Muhamad Zen UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Fatmawati UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Keywords: Startegi Pemasaran, Bingkai Kaligrafi Islam, Kualitas Produk

Abstract

Kaligrafi Islam ialah seni tulisan indah yang memiliki nilai estetika dan spiritual tinggi dalam budaya Islam. Di daerah Palembang, seni kaligrafi Islam memiliki tempat yang penting dalam kehidupan masyarakatnya. Namun, untuk meningkatkan apresiasi dan kualitas produk kaligrafi Islam di kalngan masyarakat Palembang, memerlukan startegi pemasaran yang tepat agar lebih meningkat tingkat peminatnya. Penelitian ini berujuan untuk mengindentifikasi dan menganalisi startegi pemasaran yang efektif dalam meningkatkan kualitas produk kaligrafi Islam di Palembang. Metode penelitain yang digunakan penelitian kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam dan observasi langsung terhadap pemiliki usaha UKM Bingkai Kaligrafi Al Palembani serta konsumen di Palembang. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat beberapa startegi pemasaran yang menimgkatkan kualitas produk kaligrafu Islam di kalangan masyarakat Palembang. Pentingnya edukasi untuk meningkatkan pemahaman masyarakat akan nilai-nilai dan makna di balik kaligrafi Islam. Kemudia pemanfaatn media sosial sebagai platform untuk memperluas jangkauan pasae dan meningkatkan eksposur produk kaligrafi. Selanjutnya, kerja sama dengan lembaga keagamaan dan budaya untuk meningkatkan legitimasi produk kaligrafi Islam. Dan yang terakhir, inovasi dalam desain dan teknik produksi untuk menarik minat konsumen yang lebih luas. Dengan menerapkan strategi pemasaran yang efektif, diharapjan dapat meningkatkan apresiasi dan kualitas produk kaligrafi Islam di Palembang, serta mendukungh pengembangan industry kreatif  lokal. Penelutan ini memberikan kontribusi bagi pengembangan startegi pemasaran yang relevan dengan karakteristik budaya dan pasar lokal, khususnya dalam konteks seni kaligrafi Islam di Palembang.

References

Asauri, Sofian. (2016). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Handoko. (2019). Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku Konsumen. Yogyakarta: BPFE.
Hermawan, Agus. (2020). Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Kuncoro, Mudrajad. (2022). Metodologi Riset Untuk Bisnis & Ekonomi. Jakarta: Erlangga.
L, Kevin. (2018). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Moekijat. (2019). Latihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung: Bandar Maju.
Rangkuti, Freddy. (2017). Teknik Membedah Kasus Bisnis Analisis SWOT. Jakarta: Gramedia Pustaka.
Soewadji, Jusuf. (2021). Pengantar Metodologi Penelitian. Jakarta: Wacana Media.
Wijaya, Tony. (2021). Manajemen Kualitas Jasa. Jakarta: Salemba Empat.
Published
2024-07-03
Section
Articles