Peran Media Sosial Pada Lembaga Zakat Berbasis Ormas dalam Pengembangan Masyarakat (Studi pada Lazismuu Jatim

Peran Media Sosial Pada Lembaga Zakat Berbasis Ormas dalam Pengembangan Masyarakat (Studi pada Lazismuu Jatim

  • maulida zahrohu UIN Sunan Ampel Surabaya
Keywords: Organisasi Masyarakat, Media Sosial, Pengembangan Masyarakat

Abstract

Abstrak

Artikel ini membahas tentang peran media sosial pada lembaga zakat berbasis Organisasi Masyarakat (ORMAS) dalam menunjang pengembangan masyarakat. Sebagai organisasi yang bergerak di bidang sosial masyarakat tentunya harus memperhatikan keterlibatan masyarakat dan arus balik dari keberadaan organisasi tersebut kepada masyarakat. Hal tersebut tentunya termuat dalam perwujudan organisasi masyarakat yang bermula dari masyarakat dan kembali untuk masyarakat. Meskipun tidak semua masyarakat dapat memanfaatkan peranan media sosial dengan baik karena factor usia atau keterbatasan lainnya, tidak menutup kemungkinan bagi lembaga zakat untuk memanfaatkan peluang dunia tanpa batas dengan pemanfaatan media sosial. Penelitian ini mengambil objek Lazismu Jatim dan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan studi lapangan.Serta memanfaatkan beberapa informan sebagai sumber wawancara, observasi dan dokumentasi dalam pengambilan data. Penelitian juga menggunakan triangulasi data untuk memastikan keabsahan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran media sosial pada lembaga zakat memiliki peluang yang sangat besar dalam mengikuti pola perkembangan masyarakat dalam bidang sosial dan teknologi yang mana hal tersebut akan memberikan impact positif terhadap kemajuan lembaga zakat dan pengembangan masyarakat atas program yang dijalankan oleh suatu lembaga karena berhasil menyelaraskan kebutuhan masyarakat dan perkembangan arus globalisasi yang kian meluas.

Kata Kunci: Organisasi Masyarakat, Media Sosial, Pengembangan Masyarakat.

 

Abstract

This article discusses the role of social media in Community Organization-based zakat institutions (ORMAS) in supporting community development. As an organization that operates in the social sector, of course it must pay attention to community involvement and the feedback from the existence of the organization to the community. This is of course contained in the realization of community organizations that start from the community and return to the community. Even though not all people can utilize the role of social media well due to age or other limitations, it does not rule out the possibility for zakat institutions to take advantage of unlimited world opportunities by using social media. This research took Lazismu East Java as an object and used qualitative research methods with field studies. As well as utilizing several informants as sources for interviews, observations and documentation in collecting data. The research also uses data triangulation to ensure the validity of the data. The results of this research show that the role of social media in zakat institutions has a huge opportunity to follow the pattern of community development in the social and technological fields, which will have a positive impact on the progress of zakat institutions and community development for programs run by an institution because they are successful. aligning the needs of society and the increasingly widespread development of globalization.

Keywords: Community Organization, Social Media, Community Development.

References

Daftar Pustaka
Adrian, Dennis, dan M. Rachman Mulyandi. “Manfaat Pemasaran Media Sosial Instagram Pada Pembentukan Brand Awareness Toko Online.” Jurnal Indonesia Sosial Sains 2, no. 02 (2021): 215–22. https://doi.org/10.59141/jiss.v2i02.195.
Ahmad, Amar, dan Nurhidaya Nurhidaya. “Media Sosial Dan Tantangan Masa Depan Generasi Milenial.” Avant Garde 8, no. 2 (18 Desember 2020): 134–48. https://doi.org/10.36080/ag.v8i2.1158.
Ginting, Rahmanita, Agus Yulistiyono, Abdul Rauf, Sardjana Orba Manullang, Albert Lodewyk Sentosa Siahaan, Devi Putri Kussanti, Tri Endi Ardiansyah P.S, Tika Ristia Djaya, Aulia Suminar Ayu, dan Faried Effendy. Etika Komunikasi dalam Media Sosial : Saring Sebelum Sharing. Penerbit Insania, 2021.
Hayati, Beti Nur. “Dinamika Program Pengembangan Masyarakat Di Area Perusahaan (Studi Kasus : Kelompok Batik Di Kecamatan Kerek, Tuban).” KOMUNITAS 12, no. 2 (30 Desember 2021): 132–43. https://doi.org/10.20414/komunitas.v12i2.4192.
Hermawansyah, Adam, dan Ahmad R. Pratama. “Analisis Profil dan Karakteristik Pengguna Media Sosial di Indonesia Dengan Metode EFA dan MCA.” Techno.Com 20, no. 1 (9 Februari 2021): 69–82. https://doi.org/10.33633/tc.v20i1.4289.
“Optimalisasi Kinerja Lembaga Zakat, Infak, dan Sedekah melalui Self-Branding pada Media Sosial: Bukti dari LAZIS Jateng Surakarta | Milkiyah: Jurnal Hukum Ekonomi Syariah,” 14 Maret 2024. https://jurnal.stainmajene.ac.id/index.php/milkiyah/article/view/547.
Paturahman, Ryan. “Pemanfaatan Media Sosial Dalam Mempublikasikan Program Kerja Organisasi Analisis Deskriptif Pada Organisasi Kepmawa Yogyakarta Periode Kepengurusan 2017/2018.” Skripsi, Universitas Mercu Buana Yogyakarta, 2018. https://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/3740/.
Rosemarwati, Tri Utami, dan Lisa Lindawati. “Penggunaan Media Sosial sebagai Sumber Berita oleh Jurnalis Media Daring di Indonesia.” Jurnal Studi Komunikasi dan Media 23, no. 2 (16 Desember 2019): 101–14. https://doi.org/10.31445/jskm.2019.1744.
“Visi, Misi & Identitas | Lazismu Jawa Timur.” Diakses 19 Mei 2024. https://info.lazismujatim.org/visi-misi/.
Published
2024-07-28
Section
Articles