KOMODIFIKASI KARYAWAN MUSLIM TV MNC CHANNELS SEBAGAI UPAYA DALAM BENTUK AKTUALISASI SYIAR MELALUI MEDIA DAKWAH

Authors

  • Canra Krisna Jaya
  • M. Yakub
  • Putri Alvita Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Indah Lestari
  • Yeni Yasyah Sinaga

DOI:

https://doi.org/10.56874/almanaj.v5i1.2345

Keywords:

Komodifikasi, pekerja, ekonomi politik komunikasi, media dakwah

Abstract

Muslim TV dalam fungsinya sebagai media dakwah, sudah seharusnya menerapkan prinsip-prinsip Islam. Nilai-nilai dalam Islam berbenturan dengan kapitalisme dan pemanfaatan tenaga kerja yang berlebihan untuk memperoleh keuntungan. Atas dasar itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk komodifikasi pekerja pada yang dilakukan oleh Muslim TV MNC Channels. Teori yang digunakan adalah teori ekonomi politik komunikasi oleh Vincent Moscow dan tahapan komodifikasi pekerja dari Karl Marx. Metodologi penelitian yang digunakan yaitu paradigma kritis dengan pendekatan kualitatif dan metode fenomenologi.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa komodifikasi pekerja pada tahap eksploitasi terjadi melalui perpanjangan jam kerja dan beban kerja ganda. Alienasi membuat pekerja merasa tidak terhubung dengan pekerjaan yang seharusnya menjadi ruang aktualisasi diri. Reifikasi terlihat dari perlakuan terhadap pekerja sebagai alat produksi semata. Mistifikasi muncul melalui narasi keagamaan serta rasa bangga menjadi bagian dari industri media terbesar di Indonesia. Naturalisasi menjadikan kondisi eksploitatif sebagai sesuatu yang dianggap wajar dalam industri media

References

Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif (P. Rapanna, Ed.). CV. syakir Media Press iii.
Adila, I. dan A. B. P. (2020). Ekonomi Politik Komunikasi: Sebuah Realitas Industri Media di Indonesia. Malang: UB Press.
Al-Qarasyi, B. S. (2007). Keringat Buruh: Hak dan Peran Pekerja dalam Islam. Jakarta: Al-Huda.
Hendrawan, D. (2018). Alienasi Pekerja Pada Masyarakat Kapitalis Menurut Karl Marx. Arete: Jurnal Filsafat, 6(1), 13–33.
Kemenparekraf/Baparekraf, R. I. (2020). Industri Televisi dan Radio di Indonesia Tetap Berkembang di Era Digital.
Maleong, L. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaj Rosda Karya.
Morissan. (2008). Manajemen Media Penyiaran: Strategi Mengelola Radio & Televisi. Jakarta: Kencana.
P.T. Media Nusantara Citra Tbk. (n.d.). About. Retrieved June 12, 2024, from https://www.mnc.co.id/en/who-we-are/about
Putri, S. A., & dkk. (2018). Komodifikasi Pekerja di Lembaga Penyiaran Publik TVRI Bengkulu. Jurnal Professional FIS UNIVED, 5(2), 45–49.
Shanaz, N. V. (2021). Komodifikasi Pekerja Media Televisi di Indonesia (Studi Kasus MNC Media. Universitas Indonesia.
Sundary, R. I. (2010). Internalisasi Prinsip-Prinsip Islam tentang Etika Kerja dalam Perlindungan Hak Pekerja dan Pelaksanaan Hak atas Pekerjaan. Jurnal Syiar Hukum, 12(2), 178–188.
Yasir. (2012). Paradigma Komunikasi kritis: Suatu Alternatif bagi Ilmu Komunikasi. Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(1), 8–17.

Downloads

Published

2025-07-01

Issue

Section

Articles