Manajemen Dakwah Berbasis Recharging Iman: Studi Tokoh Gus Sauqi Dalam Membina Spiritual Keberagamaan Mad’u Di Tulungagung

Authors

  • Bobby Rachman Santoso Bobbyindunisy UIN Tulungagung

DOI:

https://doi.org/10.56874/almanaj.v5i1.2358

Keywords:

Manajemen Dakwah, Spiritual Keberagamaan, Recharging Iman

Abstract

Penelitian ini memiliki fokus untuk mengetahui konsep manajemen dakwah berbasis peningkatan iman yang dilakukan Gus Sauqi dalam proses membina keberagamaan mad’u di Tulungagung. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, sumber data dalam penelitian ini dapat dibagi menjadi dua jenis, sumber data primer (Primary Resources) dan sumber data skunder (Secondary Recources) penelitian ini dilakukan di kabupaten Tulungagung. Gus Sauqi sebagai subjek penelitian dan melibatkan orang-orang yang mengetahui kegiatan dakwah yang dilakukan Gus Sauqi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tiga tahapan (snowball sampling) guna memperoleh data yang valid. Fokus penelitian adalah mengemukakan konsep manajemen dakwah berbasis peningkatan iman yang dilakukan Gus Sauqi dalam kegiatan dakwahnya, mengetahui isi kandungan meteri dakwah yang disampaikan, dan mengetahui dampak setelah mengikuti proses manajemen dakwah berbasis peningkatan iman yang dilakukan Gus Sauqi. Dari hasil penelitian ini menjelaskan bahwa manajemen dakwah berbasis peningkatan iman dilakukan Gus Sauqi secara perlahan bisa meningkatkan kualitas keimanan pada mad’u karena menggunakan dengan metode eksklusif dan pendekatan spiritual yang mendalam, disertai dengan menggunakan pesan dakwah berupa amaliyah-amaliyah dzikir, penguatan niat, dengan dibalut dalam bingkai thoriqoh yang di dalamnya mengandung pesan akidah, tauhid, dan akhlak, dan berdampak pada kualitas iman para mad’u yang semakin meningkat.

 

References

Abdullah, 2018,Ilmu Dakwah: Kajian Ontologi, Epistemologi, Aksiologi, dan Aplikasi Dakwah, Depok: Rajawali Press.
Amrullah,Achmad,1983, Dakwah Islam dan Perubahan Sosial: Suatu Kerangka Pendekatan dan Permasalahan, Cet.Ke-1,Yogyakarta:Prima Duta
Aziz,Ali,2017, Ilmu Dakwah Cet.ke-16, Jakarta: Balebat Dedikasi Prima.
Glock, C. Y. & Stark. R.,1968,American piety: the nature of religious commitment. California:University of California Press,.
Hasanah,Umdatul,2013, Ilmu dan Filsafat Dakwah, Serang:Fseipress.
Ilahi,Wahyu dan Munir, 2009,Manajemen Dakwah, Jakarta:Prenada Media.
Saputra,Wahidin,2011, Pengantar Ilmu Dakwah, Jakarta:PT. Raja Grafindo Persada
Sugiyono, 2013,Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan RND, Bandung: Penerbit Alfabeta.
Sukayat,Tata,2015, Ilmu Dakwah Perspektif Filsafat Mabadi ‘Asyarah,Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Syukir,Asmuni,1983, Dasar-Dasar Strategi Dakwah Islam,Surabaya: Al Ikhlas
Wahid,Abdul,2019, Strategi Dakwah di Tengah Keragaman Budaya:Kajian Filsafat Dakwah Kontemporer, Yogyakarta:Pustaka Diniyah
Yakin,Syamsul,2018, Antropologi Dakwah: Menimbang Sebuah Pendekatan Baru Studi Ilmu Dakwah dalam jurnal Kajian Ilmu Dakwah dan Kemasyarakatan, Vol. 22 No. 1.

Downloads

Published

2025-06-30

Issue

Section

Articles