Manajemen Dakwah Berbasis Recharging Iman: Studi Tokoh Gus Sauqi Dalam Membina Spiritual Keberagamaan Mad’u Di Tulungagung
DOI:
https://doi.org/10.56874/almanaj.v5i1.2358Keywords:
Manajemen Dakwah, Spiritual Keberagamaan, Recharging ImanAbstract
Penelitian ini memiliki fokus untuk mengetahui konsep manajemen dakwah berbasis peningkatan iman yang dilakukan Gus Sauqi dalam proses membina keberagamaan mad’u di Tulungagung. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, sumber data dalam penelitian ini dapat dibagi menjadi dua jenis, sumber data primer (Primary Resources) dan sumber data skunder (Secondary Recources) penelitian ini dilakukan di kabupaten Tulungagung. Gus Sauqi sebagai subjek penelitian dan melibatkan orang-orang yang mengetahui kegiatan dakwah yang dilakukan Gus Sauqi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tiga tahapan (snowball sampling) guna memperoleh data yang valid. Fokus penelitian adalah mengemukakan konsep manajemen dakwah berbasis peningkatan iman yang dilakukan Gus Sauqi dalam kegiatan dakwahnya, mengetahui isi kandungan meteri dakwah yang disampaikan, dan mengetahui dampak setelah mengikuti proses manajemen dakwah berbasis peningkatan iman yang dilakukan Gus Sauqi. Dari hasil penelitian ini menjelaskan bahwa manajemen dakwah berbasis peningkatan iman dilakukan Gus Sauqi secara perlahan bisa meningkatkan kualitas keimanan pada mad’u karena menggunakan dengan metode eksklusif dan pendekatan spiritual yang mendalam, disertai dengan menggunakan pesan dakwah berupa amaliyah-amaliyah dzikir, penguatan niat, dengan dibalut dalam bingkai thoriqoh yang di dalamnya mengandung pesan akidah, tauhid, dan akhlak, dan berdampak pada kualitas iman para mad’u yang semakin meningkat.
References
Amrullah,Achmad,1983, Dakwah Islam dan Perubahan Sosial: Suatu Kerangka Pendekatan dan Permasalahan, Cet.Ke-1,Yogyakarta:Prima Duta
Aziz,Ali,2017, Ilmu Dakwah Cet.ke-16, Jakarta: Balebat Dedikasi Prima.
Glock, C. Y. & Stark. R.,1968,American piety: the nature of religious commitment. California:University of California Press,.
Hasanah,Umdatul,2013, Ilmu dan Filsafat Dakwah, Serang:Fseipress.
Ilahi,Wahyu dan Munir, 2009,Manajemen Dakwah, Jakarta:Prenada Media.
Saputra,Wahidin,2011, Pengantar Ilmu Dakwah, Jakarta:PT. Raja Grafindo Persada
Sugiyono, 2013,Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan RND, Bandung: Penerbit Alfabeta.
Sukayat,Tata,2015, Ilmu Dakwah Perspektif Filsafat Mabadi ‘Asyarah,Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Syukir,Asmuni,1983, Dasar-Dasar Strategi Dakwah Islam,Surabaya: Al Ikhlas
Wahid,Abdul,2019, Strategi Dakwah di Tengah Keragaman Budaya:Kajian Filsafat Dakwah Kontemporer, Yogyakarta:Pustaka Diniyah
Yakin,Syamsul,2018, Antropologi Dakwah: Menimbang Sebuah Pendekatan Baru Studi Ilmu Dakwah dalam jurnal Kajian Ilmu Dakwah dan Kemasyarakatan, Vol. 22 No. 1.
Downloads
Published
Issue
Section
License
- All articles published in Al Manaj: Jurnal Manajemen Dakwah are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA) license. This means anyone is free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided they give appropriate attribution to the original author(s) and Al Manaj: Jurnal Manajemen Dakwah, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to Al Manaj: Jurnal Manajemen Dakwah to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- Although the conditions of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA) license do not apply to authors (as the copyright holder of your article, you have no restrictions on your rights), by submitting to Al Manaj: Jurnal Manajemen Dakwah, authors recognize the rights of readers and must grant any third party the right to use their articles to the extent provided by the license.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.