ANALISIS MANAJEMEN STRATEGI NILAI SPIRITUAL DALAM PROGRAM BAHASA MA’HAD UIN SYAHADA PADANGSIDIMPUAN

Authors

  • Yuli Eviyanti universitas islam negeri syekh ali hasan ahmad addary padangsidimpuan

DOI:

https://doi.org/10.56874/almanaj.v5i1.2414

Abstract

Abstract

This research aims to analyze the strategic management of implementing spiritual values ??in the language program at Ma'had Al-Jamiah UIN Syahada Padangsidimpuan. This research was conducted to understand how spiritual values ??are integrated in the curriculum and language teaching practices, as well as to evaluate the effectiveness of their application in learning contexts. The research method used is a qualitative approach with data collection techniques through interviews, observation and documentation studies. The research results show that the application of spiritual values ??significantly influences student motivation and learning outcomes. Management strategies implemented include curriculum adjustments, training for teachers, and development of teaching materials that reflect spiritual values. These findings provide insight into the importance of integrating spiritual values ??in language education and offer recommendations for improvement and further development at Ma'had Al-Jamiah. It is hoped that this research can contribute to a more holistic and value-oriented understanding and practice of educational management.

 

Keywords: Management Strategy for Implementing Spiritual Values

 

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manajemen strategi penerapan nilai-nilai spiritual dalam program bahasa di Ma'had Al-Jamiah UIN Syahada Padangsidimpuan. Penelitian ini dilakukan untuk memahami bagaimana nilai-nilai spiritual diintegrasikan dalam kurikulum dan praktik pengajaran bahasa, serta untuk mengevaluasi efektivitas penerapannya dalam konteks pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan nilai-nilai spiritual mempengaruhi motivasi dan hasil belajar mahasiswa secara signifikan. Manajemen strategi yang diterapkan meliputi penyesuaian kurikulum, pelatihan bagi pengajar, dan pengembangan materi ajar yang mencerminkan nilai-nilai spiritual. Temuan ini memberikan wawasan tentang pentingnya integrasi nilai-nilai spiritual dalam pendidikan bahasa dan menawarkan rekomendasi untuk perbaikan dan pengembangan lebih lanjut di Ma'had Al-Jamiah. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pada pemahaman dan praktik manajemen pendidikan yang lebih holistik dan berorientasi pada nilai.

 

Kata-kata Kunci: Manajemen Strategi Penerapan Nilai-Nilai Spiritual  

References

5. REFERENSI

Abubakar, Rifa’i. 2021. Pengantar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: SUKA-Press UIN Sunan Kalijaga

Adam, Bastari. 2018. “Peranan Manajemen Strategi dan Manajemen Operasional dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan”. Jurnal Tahdzibi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. Volume 3. No. 2. November 2018.

Ali, M. dan Luluk, Y. R.,. 2007. Paradigma Pendidikan Universal di Era Modern dan Post-Modern: Mencari Visi Baru atas Realitas Baru Pendidikan Kita. Jakarta: Pustaka Setia.

Gusnetti, Syofiani, Isnanda. 2015. “Struktur Dan Nilai-Nilai Pendidikan Dalam Cerita Rakyat Kabupaten Tanah Datar Provinsi Sumatera Barat”. Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia. Vo1.2. No. 2 2015.

Halimatussa?diyah. 2020. Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Multikultural. Surabaya: CV. Jakad Media Publishing.

Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan. 2016. Profil Ma’had Al-Jamiah Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan. Padangsidimpuan: Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan

Jumala, Nirwana dan Abubakar. 2019. “Internalisasi Nilai-Nilai Spiritual dalam Kegiatan Pendidikan”. Jurnal Serambi Ilmu. Volume 20. Nomor 1. Edisi Maret 2019.

Maziyah, Naelil., Rahmat Rais, dan Kiswoyo. 2019. “Analisis Nilai Spiritual dalam Pembentukan Karakter Pada Buku Cerita Rakyat Karya Wirodarso”. Indonesia Values and Character Education. Jurnal. Vol. 2. No. 1. Tahun 2019.

Muliawan, Jasa Ungguh. 2015. Ilmu Pendidikan Islam Studi Kasus Terhadap Struktur Ilmu, Kurikulum, Metodologi dan Kelembagaan Pendidikan Islam. Jakarta: Rajawali Press.

Nababan, Marina Letara, Nasib Tua Lumban Gaol, Winarti Agustina. 2023. “Manajemen Strategi dalam Meingkatkan Pengelolaan Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini Pada Era 4.0”. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud: Jurnal Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Volume 5. Nomor 2. November 2023.

Purna, Rozi Sastra dan Arum Sukma Kinasih. 2015. Psikologi Pendidikan Anak Usia Dini Menumbuhkembangkan Potensi “Bintang” anak di TK Atraktif”. Jakarta: PT. Indeks.

Sutarjo, Adisusilo. 2012. Pembelajaran Nilai-nilai Karakter Konstruktivisme sebagai Inovasi Pendekatan Pembelajaran Afektif. Jakarta: Rajawali Persada.

Zulfatmi. 2021. “Pendidikan Nilai Spiritual dalam Proses Hijrah Nabi Muhammad SAW ke Madinah”. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam. Vol. 11 No. 3. Juli-September. 2021.

Downloads

Published

2025-07-01

Issue

Section

Articles