Upaya Kaderisasi Da'i Muda Melalui Pengajian Nahwu Shorof di Desa Gading Santrean Belang Wetan Klaten
Abstract
Kaderisasi da’i menjadi aspek penting dalam perkembangan dakwah. Sumber ilmu yang digunakan dalam dakwah wajib bersumber dari Al-Qur’an, Hadits, salah satu yang sering digunakan juga adalah kitab kuning. Untuk membaca maupun memahaminya memerlukan ilmu alat, diantaranya nahwu, shorof, balaghah. Gading Santren merupakan salah satu wilayah di kota Klaten yang masih mempertahankan keilmuannya, dan sejak dari Kyai Syarifuddin sampai sekarang menjadi episentrum penyebaran agama di wilayah Klaten. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana sistem kaderisasi da’i muda di desa Gading Santren melalui pengajian nahwu shorof. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menyatakan, sistem kaderisasinya dalam pengajaran nahwu shorof menggunakan metode bengkel dan langsung praktik nahwu shorof menggunakan kitab kuning, kemudian kader da’i diajari nilai-nilai dasar menjadi da’i, kemudian belajar berdakwah di lingkup terkecil seperti mengisi kultum di masjid dan mengajar ngaji, akhirnya siap diterjunkan ke masyarakat dalam atau luar daerah.
References
Abidurrahman, Ustadz, „Transkip Wawancara Bersama Ustadz ‟Abidurrahman (Pengajar Pengajian Nahwu Shorof) Pada Senin 5 April 2021 Pukul 16:40 Sampai 17:30‟, 2021Citra, „Data Jumlah Dukuh Dari Pegawai Kelurahan DesaBelang Wetan‟, 2020Jamil, Ustadz Sabron, „Transkip Wawancara Bersama Ustadz Sabron Jamil (Ketua Bidang Dakwah Takmir Masjid Syarifuddin) Pada Jum‟at 25 Juni 2021 Pukul 20:00 Sampai Selesai‟, 2021Syahruddin, Ustadz, „Transkip Wawancara Bersama Ustadz Syahruddin Nur (Ketua Takmir Masjid Syarifuddin) Pada Selasa 27 April 2021 Pukul 20:30 Sampai Selesai‟, 2021
Arquitectura, Energía Y, Tulo Iv, L A S Teatinas, Tulo V I I Conclusiones, Perspectivas D E U S O Contemporáneo, Tulo V Evaluaci, and others, „Data Dan Sumber Data Kualitatif‟, Acta Universitatis Agriculturae et Silviculturae Mendelianae Brunensis, 53.9 (2015), 1689–99 <http://publications.lib.chalmers.se/records/fulltext/245180/245180.pdf%0Ahttps://hdl.handle.net/20.500.12380/245180%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.jsames.2011.03.003%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.gr.2017.08.001%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.precamres.2014.12>Az-Zarkali, and Ibnu Khalkan, „Al-A‟lam Jilid 3 Dan WafayatAl-A‟yan Jilid 2‟, pp. 236–37 dan 539Gunawan, Iman, Metode Penelitian Kualitatif, Pendidikan, 2013 <http://fip.um.ac.id/wp-content/uploads/2015/12/3_Metpen-Kualitatif.pdf>
Maulinda, Rika, „Metode Kaderisasi Kepemimpinan Menurut Hasan Al-Banna‟, Skripsi, 2020Nurdin, „Urgensi Pengajian Kitab Kuning Dalam Pengkaderan Da‟i Di DesaBonde Kecamatan Campalagian‟, Skripsi, 2014Nurkamilah, Siti, „Sistem Kaderisasi Da‟i Di Pondok Pesantren Daarun Najaah Jrakah Tugu Semarang‟, Skripsi, 2, 2016, 22–86Pradika, Arindyas Fenta, „Strategi Pengkaderan UKM Bidang Pembinaan Dakwah (BAPINDA) UIN Raden Intan Lampung‟, Skripsi, 2019
Rahman, Muhammad Firdaus, „Bentuk Kepemimpinan Takmir Masjid Syarifuddin DesaGading Santren Belang Wetan Klaten‟, Skripsi, 2017Razuan, S R B, „Sistem Kaderisasi Dakwah Di Kalangan Mahasiswa (Studi Pada Pembinaan Organisasi Ikatan Pahang Malaysia)‟, Skripsi, 2018 <https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4719/>
Muamala, „Kategori Umur Menurut WHO & Depkes Yang Belum Banyak Diketahui Masyarakat‟, Team Muamala, 2018 <https://muamala.net/kategori-umur-menurut-who/>Artikel jurnal:Fakhrurrozy, M. Imam, „Nahwu Dan Shorof Perspektif Pembelajar Bahasa Kedua‟, Seminar Nasioanal Bahasa Arab Mahasiswa II Tahun 2018, 2018, 103–12Fauji, Sidik, „Pengajian An_Nahl Di Kampung Pilihan, Rejowinangun, Kotagede, Ygyakarta (1992-2012)‟, Tsaqofah & Tarikh, 40, 2012Rahmawati, Rukhaini Fitri, „Kaderisasi Dakwah Melalui Lembaga Pendidikan Islam‟, Tadbir: Jurnal Manajemen Dakwah, 1.1 (2016), 147–66Tamrin, M. Isnando, „Pendidikan Non Formal Berbasis Masjid Sebagai Bentuk Tanggung Jawab Umat Dalam Persepektif Pendidikan Seumur Hidup‟, Jurnal Menara Ilmu, XII jilid.79 (2018), 72Zaenuddin, Rodliyah, „Pembelajaran Nahwu Dan Sharaf Dan Implikasinya Terhadap Membaca Dan Memahami Literatur Bahasa Arab Kontemporer Pada Santri Pesantren Majlis Tarbiyatul Mubtadiin DesaKempek Kecamatan Gempol Kabupaten Cirebon‟, Holistik, 13 (2012), 95–120
- All articles published in Al Manaj: Jurnal Manajemen Dakwah are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA) license. This means anyone is free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided they give appropriate attribution to the original author(s) and Al Manaj: Jurnal Manajemen Dakwah, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to Al Manaj: Jurnal Manajemen Dakwah to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- Although the conditions of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA) license do not apply to authors (as the copyright holder of your article, you have no restrictions on your rights), by submitting to Al Manaj: Jurnal Manajemen Dakwah, authors recognize the rights of readers and must grant any third party the right to use their articles to the extent provided by the license.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.