Kegiatan Dakwah Dalam Pengambangan Agama di Masjid Raya Al-Mukminin Desa Pakpahan
Abstract
Kegiatan Dakwah merupakan wujud dari pengembangan ajaran Agama Islam. Dengan melalui dakwah maka kita dapat menikmati indahnya ajaran Agama Islam. Kegiatan dakwah merupakan keharusan yang melekat dalam diri setiap muslim untuk merealisasikannya dalam bentuk, metode, serta konsep yang kondisional, Seperti halnya kegiatan dakwah dalam pengembangan agama di Masjid Raya Al-Mukminin Desa Pakpahan.
Melihat sangat pentingnya Kegiatan dakwah dalam pengembangan agama, maka yang menjadi latar belakang rumusan masalah diatas adalah: memperhatikan bagaimana pelaksanaan kegiatan dakwah dalam pengembangan agama di Masjid Raya Al-Mukminin Desa Pakpahan, Kemudian apa saja tantangan dalam kegiatan dakwah dalam pengembangan Agama di Masjid Raya Al-Mukminin Desa Pakpahan.
Dengan menggunakan metode kualitatif dan analisis data yang bersifat deskriptif, maka metode ini memiliki fungsi sebagai prosedur dalam penelusuran masalah yang akan diteliti dengan menggambarkan obyek dan subyek penelitian sesuai fakta dilapangan. Kemudian dalam pengumpulan datanya melalui observasi, dokumentasi dan wawancara berdasarkan penelitian yang kami laksanakan. Dengan adanya agenda kegiatan dakwah di Masjid Raya Al-Mukminin Desa Pakpahan, merupakan upaya untuk menyebarluaskan ajaran islam dan sekaligus mengupayakan pengembangan agama khususnya pada lingkungan yang minoritas. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwasannya pengelolaan kegiatan dakwah Masjid Raya Al-Mukminin Desa Pakpahan memiliki agenda dakwah yang terarah dan terstruktur dalam setiap agenda dakwahnya.
References
Abdullah Syihata,Dakwah Islamiyah,1986, Jakarta: Departemen Agama.Asmuni Syuki, Dasar-Dasar Strategi Dakwah Islam,1983 Surabaya: Al-Ikhlas.A.Ilyas Ismail, Paradigma Dakwah Sayyid Quthub, 2006,Jakarta: Penamadani.Didin Hafidhudin.Dakwah Aktual,1989,Jakarta: Gema Insani Press.Mohammad Ali aziz, Ilmu Dakwah,2004,Jakarta: Perpustakaan Nasional.M.Bahri Ghazali, Dakwah Komunikatif, 1997,Jakarta: CV Pedoman Ilmu Jaya, cet ke-3.Onong Uchjana Efendi,Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi, 2003,Bandung: PT. Citra Aditya Bakti.Sayyid Muhammad Nuh,Stategi Dakwahdan Pendidikan Umat, 2004, Cet. I; Yogyakarta: Himam Prisma Media.Syaik Abdurrahman Abdul Khaliq,Metode dan Stategi Dakwah Islam, 1996 Cet. I; Jakarta: Pustaka Al-Kausar.Tuty Alawiyah, AS, Strategi Dakwah di Kalangan Majelis Ta’lim, 1997, Bandung: Mizan. Cet. Ke-1Toto Tasmara,Komunikasi Dakwah,1997, Jakarta: Gaya Media Pratama.Lexy J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, 2009, Bandung: Remaja Rosda Karya.
- All articles published in Al Manaj: Jurnal Manajemen Dakwah are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA) license. This means anyone is free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided they give appropriate attribution to the original author(s) and Al Manaj: Jurnal Manajemen Dakwah, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to Al Manaj: Jurnal Manajemen Dakwah to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- Although the conditions of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA) license do not apply to authors (as the copyright holder of your article, you have no restrictions on your rights), by submitting to Al Manaj: Jurnal Manajemen Dakwah, authors recognize the rights of readers and must grant any third party the right to use their articles to the extent provided by the license.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.