Kegiatan Dakwah Dalam Pengambangan Agama di Masjid Raya Al-Mukminin Desa Pakpahan

  • Nanang Arianto Stain Madina
  • Rahmi Wahyuni STAIN Mandailing Natal
Keywords: dakwah, pengembangan Masjid, Desa Pakpahan

Abstract

Kegiatan Dakwah merupakan wujud dari pengembangan ajaran Agama Islam. Dengan melalui dakwah maka kita dapat menikmati indahnya ajaran Agama Islam. Kegiatan dakwah merupakan keharusan yang melekat dalam diri setiap muslim untuk merealisasikannya dalam bentuk, metode, serta konsep yang kondisional, Seperti halnya kegiatan dakwah dalam pengembangan agama di Masjid Raya Al-Mukminin Desa Pakpahan.

 Melihat sangat pentingnya Kegiatan dakwah dalam pengembangan agama, maka yang menjadi latar belakang rumusan masalah diatas adalah: memperhatikan bagaimana pelaksanaan kegiatan dakwah dalam pengembangan agama di Masjid Raya Al-Mukminin Desa Pakpahan, Kemudian apa saja tantangan dalam kegiatan dakwah dalam pengembangan Agama di Masjid Raya Al-Mukminin Desa Pakpahan.

Dengan menggunakan metode kualitatif dan analisis data yang bersifat deskriptif, maka metode ini memiliki fungsi sebagai prosedur dalam penelusuran masalah yang akan diteliti dengan menggambarkan obyek dan subyek penelitian sesuai fakta dilapangan. Kemudian dalam pengumpulan datanya melalui observasi, dokumentasi dan wawancara berdasarkan penelitian yang kami laksanakan. Dengan adanya agenda kegiatan dakwah di Masjid Raya Al-Mukminin Desa Pakpahan, merupakan upaya untuk menyebarluaskan ajaran islam dan sekaligus mengupayakan pengembangan agama khususnya pada lingkungan yang minoritas.  Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwasannya pengelolaan kegiatan dakwah Masjid Raya Al-Mukminin Desa Pakpahan memiliki agenda dakwah yang terarah  dan terstruktur dalam setiap agenda dakwahnya.

 

Published
2022-06-30
Section
Articles