Pola Komunikasi Organisasi untuk Meningkatkan Solidaritas dalam Menghadapi Konflik Internal di UPTD SMP Negeri 2 Lima Puluh Pesisir

  • Irma Suryani husband
Keywords: Pola komunikasi organisasi, solidaritas,konflik internal.

Abstract

Komunikasi merupakan bagian yang terpenting dalam kehidupan kita, termasuk dalam organisasi. Seluruh konflik yang terjadi dalam organisasi dapat diselesaikan dengan pemilihan pola komunikasi yang baik. Komunikasi yang terjalin antara atasan dan bawahan merupakan komunikasi antarpersonal yang dapat membuat suasana organisasi menjadi hangat dan harmonis. Oleh karena itu, diperlukan sebuah pola komunikasi dalam organisasi agar dapat meningkatkan solidaritas yang tinggi diantara atasan dan bawahan pada khususnya. Penelitian ini dilaksanakan di UPTD SMP N 2 Lima Puluh Pesisir Kabupaten Batu Bara dengan menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan dengan menggunakan pola komunikasi struktur lingkaran yang mendahulukan komunikasi antara anggota secara keseluruhan dapat memberikan pengaruh terhadap yang lainnya. Pemecahan masalah integratif, konflik antar kelompok diubah menjadi situasi pemecahan masalah bersama dan dapat diselesaikan melalui teknik-teknik pemecahan masalah. Secara bersama, pihak-pihak yang bertentangan mencoba untuk memecahkan masalah yang timbul diantara mereka.

References

Budiono, 2019. Upaya Menumbuhkan rasa Solidaritas kebangsaan anak usia dini

melalui permainan bakiak. Jurnal pancasila dan kewaganegaraan Vol 7 No.2 Oktober.

Dalman, 2014. Menulis Karya Ilmiah Jakarta:Raja Grafindo Persada.

Fulasifah, Nur. Anif, Analisis Konflik Internal dan Model Penyelesaian Konflik Internal Antar Anggota dan Pengurus Serikat Pekerja pada PT. Fumira Semarang. 2017. Diponegoro Journal Of Social And Politic/.

Goni, Marvin. 2016. Peranan Komunikasi Organisasi Dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan Di Kecamatan Mapanget Kota Manadoe-journal. Acta Diurna” Volume V. No.3.

Gumilang, Adam.Satria. 2019. Pola Komunikasi dalam Rangka Menjaga Solidaritas. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Lumentut, Gracia. Febrina. 2017. Pola Komunikasi Pemimpin Organisasi Dalam Meningkatkan Motivasi Kerja Anggota Di Lpm. Lembaga Pers Mahasiswa) Inovasi Unsrat e-journal “Acta Diurna” Volume VI. No. 1.

Moleong, Lexy J. 2019. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT. Remadja

Rosdakarya.

Muhammad, Arni. 2017. Komunikasi Organisasi. Jakarta: PT Bumi Akasara.

Published
2023-06-15
Section
Articles