Kaedah-Kaedah Jarh Dan Ta’dil Dalam Penelitian Hadis Nabi
Abstrak
Hadis merupakan sumber hukum Islam kedua setelah Alquran yang berfungsi sebagai bayan bagi setiap yat-ayat Alquran. Sebagai sumber ajaran Islam yang utama maka sudah semestinya butuh penelitian dan kaedah yang baku dalam menentukan kualitas suatu hadis. maka dalam penelitian ini akan diuraikan kaidah-kaidah al-Jarh wa Ta’dil untuk menetapkan status penilaian seorang periwayat. Penelitian ini menggunakan metode kulaitatif deskriptif dan bertujuan untuk menguraikan secara gamblang setiap kaidah kaidah yang terkait dengan jarh wa ta’dil. Adapun hasil dari penelitian ini adalah kaidah-kaidah jarh wa ta’dil diuraikan dengan sistematis dan disimpulkan menjadi kaidah-kaidah pokok ilmu Jarh wa Ta’dil.
Referensi
Al-Khatib al-Baghdadi. (1972). Kitab al-Kifayah fi ‘Ilm ar-Riwayah. Maktabah as-Sa’adah.
As-Shan’ani. (2001). Subul As-Salam. Dar al-Hadis.
Az-Zuhaily, M. (2009). Al-Qawa’id Al-Fiqhiyyah wa Tathbiqatuha fi Al-Madzahib Al-Arba’ah. Dar al-Fikri.
Ibnu Shalah. (1972). Ulum al-Hadits. Maktabah al-Ilmiyah.
Ilham Ramadan Siregar, et al. (2017). Kritik Sejarah Terhadap Hadis Menurut Ahmad Amin: Analisis Terhadap Kitab Fajr Al-Islam. AT-TAHDIS: Journal of Hadith Studies, 1(1).
Ismail, M. B. (1997). Al-Qawa’id Al-Fiqhiyah baina Al-Ashalah wa At-Taujih. Dar al-Manar.
Kementerian Wakaf Republik Arab Mesir. (2005). Mausu’ah‚Ulum Al-Hadis Asy-Syarif. Kementerian Wakaf.
Lawi, A. A. (1997). Ilm Ushul Al-Jarh wan at-Ta’dil. Dar Ibnu Affan.
M. Syuhudi Ismail. (1992). Metodologi Penelitian Hadis Nabi. Bulan Bintang.
Muhammad Tahir al-Jawwabi. (1997). al-Jarh wa at-Ta‘dil: Baina al-Mutasyaddidin wa al-Mutasahilin. Dar al-Arabiyah lil Kitab.
Ramli A. Wahid. (2011). Studi Ilmu hadis. Cipta Pustaka Media Perintis.
Ramli A. Wahid. (2013). Ilmu-ilmu Hadis. Cipta Pustaka Media Perintis.
Yuzaidi. (2021). Metodologi Penelitian Sanad Dan Matan Hadis. Al-Mu’tabar: Jurnal Ilmu Hadis, 1, 42–64.