Ilmu Mukhtalif Al-Ḥadīṡ: Pendekatan dan Metode Penyelesaian
Abstrak
Kajian teoretis tentang kontradiksi yang ada dalam hadis-hadis Nabi s.a.w. sudah dimulai sejak abad ke-2 Hijriyah. Adanya hadis-hadis mukhtalif (bertentangan) menyangkut suatu masalah tertentu, secara praktis hal ini dapat menimbulkan kebingungan dalam mengambil kepastian ajaran (ketentuan hukum) yang mengatur masalah tersebut, yang manakah di antaranya yang harus diikuti dan diamalkan. Agar tidak terjebak di dalam memahami hadis yang secara kasat mata terlihat bertentangan, maka perlu dibahas suatu kajian hadis yaitu hadis mukhtalif dan penyelesaiannya. Ilmu Mukhtalif al-Ḥadīṡ adalah ilmu yang berusaha untuk mempertemukan (talfīq al-ḥadīṡ) beberapa hadis yang bertentangan maknanya. Termasuk dalam pengertian hadis mukhtalif adalah hadis-hadis yang sulit dipahami karena adanya lafadz yang sulit dipahami. Artikel ini mencoba mengekplorasi hal-hal yang berkenaan dengan ilmu mukhtalif al-ḥadīṡ serta pendekatan dan metode penyelesaiannya sehingga pembaca dapat mengambil kesimpulan untuk tidak terburu-buru menolak hadis-hadis yang dinilai kontradiktif sebelum benar-benar melakukan verifikasi secara mendalam.
Referensi
Abū Bakr Al-Baghdādī. (n.d.). al-Kifāyah fī ‘Ilm al-Riwāyah. al-Maktabah al-‘Ilmiyyah.
Aḥmad ibn Syu’aib Al-Nasā’ī. (1995). Sunan al-Nasā’ī. Dar al-Kutub al-’Ilmiyyah.
Al-Jauziyyah, I. Q. (1994). Zād al-Ma’ād fī Hādī Khair al-‘Ibād. Mu’assasah al-Risalah.
Al-Qarḍāwī, Y. (1997). Bagaimana Memahami Hadis Nabi (5th ed.). Karisma.
Al-Suyūṭī, J. (1998). Tadrīb al-Rāwī fī Syarh Taqrīb al-Nawawī. Dar al-Fikr.
Al-Ṭaḥan, M. (n.d.). Taisīr Muṣṭalaḥ al-Ḥadīs. Haramain.
Edi Safri. (1999). al-Imam al-Syafi’i: Metode Penyelesaian Hadis-Hadis Mukhtalif. IAIN IB Press.
Firdaus. (2004). Ushul Fiqh : Metode Mengkaji Dan Memahami Hukum Islam Secara Komprehensif. Zikrul Hakim.
Ḥammād, N. Ḥusain. (1993). Mukhtalif al-Ḥadīṡ Baina al-Fuqahā Wa al-Muḥaddiṡīn. Dar al-Wafa.
Ibn, A. M. A. Ḥazm. (n.d.). al-Iḥkām fī Uṣūl al-Aḥkām. Mathba’ah al-‘Ashimah.
Itr, N. (1994). Ulūm al-Ḥadīs, terj. Mujiyo, cet (1st ed.). Remaja Rosdakarya.
Juned, D. (2010). Ilmu Hadis. Erlangga.
Manẓūr, I. (2003). Lisān al-’Arab. Dar al-Hadis.
Muḥammad ‘Ābid Al-Jābirī. (n.d.). Bunyat al-‘Aql al-‘Arabī: Dirāsah Taḥlīliyyah Naqdiyyah li Nuẓūm al-Ma’rifah fī al-Ṡaqāfah al-‘Arabiyyah. Markaz Dirasat al-Wahdah al-Arabiyyah.
Muḥammad ‘Ajjāj, A.-K. (1983). Uṣūl al-Ḥadīs. Dar al-Fikr.
Muḥammad ibn Idrīs Al-Syāfi’ī. (1985). Ikhtilāf al-Ḥadīṡ. Mu’assasah al-Kutub al-Tsaqafiyah.
Muḥammad ibn Ismāil Al-Bukhārī. (1999). Ṣaḥīḥ al-Bukhārī. Dar al-Kutub al-‘Ilmiyyah.
Muslim ibn Ḥajjāj, A. al-Ḥasan. (2001). Ṣaḥīḥ Muslim. Dar ibn al-Haitsam.
Mustaqim, A. (2008). Ilmu Ma’anil Hadis. Idea Press.
Rukin. (2021). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. CV. Jakad Media Publishing.
Shihab, Q. (1994). Membumikan al-Quran. Mizan.
Suharsimi Arikunto. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. PT. Rineka Cipta.
Suparta, M. (2003). Ilmu Hadis. PT. Raja Grafindo Persada.
Syams al-Dīn Al-Sakhāwī. (1983). Fatḥul Mughīṡ. Dar al-Kutub al-’Ilmiyyah.