TAKABUR DALAM PERSPEKTIF HADIS

  • Amar Firdaus UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Muhammad Alif Universitas Islam Negeri Maulana Hasanuddin Banten
Kata Kunci: Hadis, Takabur, Tematik

Abstrak

Takabur adalah prilaku yang merujuk pada sikap sombong, congkak, atau menyombongkan diri seseorang terhadap orang lain. Dalam Islam, takabbur disebut sebagai salah satu dari delapan dosa besar yang harus dihindari, karena menyimpang atau melanggar prinsip kerendahan hati dan pengakuan bahwa semua manusia adalah sama di hadapan Allah swt. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan memahami faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan prilaku takabbur berdasarkan hadis. Pembahasan didalamnya menjelaskan tentang prilaku takabur, dampak dan cara menghindarinya mengacu pada hadis nabi saw. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tematik hadis kontemporer. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penting bagi setiap individu untuk menghindari takabbur dan berupaya untuk mengembangkan sikap rendah hati, kerendahan diri, dan kesederhanaan melalui penerapan hadis.

 

Referensi

Anggraini, Levika Dian, ‘Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Dalam Surat Al-Furqan Ayat 63 Dan Surat Al- Isra’ Ayat 27 Pada Mata Pelajaran PAI Kelas VIII’, GUAU Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama, 2.7 (2022), 335–37
Budi Handoyo, ‘Peran Tasawuf Dalam Membangun Nilai Keagamaan Masyarakat Modern’, Ta’wiluna: Jurnal Ilmu Al-Qur’an, Tafsir Dan Pemikiran Islam, 2.1 (2021), 14–42
Busthomi, Yazidul, ‘Objek Kajian Islam (Akidah, Syariah, Akhlaq)’, SALIMIYA: Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam, 4.1 (2023), 70–86
Dea, D, ‘Kuriositas Dalam Perspektif Hadis (Studi Tematik)’, 2023
Endang Soetari, ‘Pendidikan Karakter Dengan Pendidikan Anak Untuk Membina Akhlak Islami’, Jurnal Pendidikan UNIGA, 8.1 (2017), 116–47
Fauziah, Hapsah, and Sahal Mahpudz, ‘Pembentukan Karakter Rendah Hati Peserta Didik Dalam Al-Qur’an Surah Al-Furqan 63-64 Kajian Ilmu Pendidikan Islam’, Jurrnal Masagi, 1.1 (2022), 1–9
Hafiz, Muhammad, Aidil Ridwan Daulay, Maharani Sartika Ritonga, Mayang Mustika Dewi, and Sulis Mawar Dani, ‘Nilai Baik Dan Buruk’, Humantech: Jurnal IImiah Multi Disiplin Indonesia, 2.1 (2022), 181–87
Hasibuan, Layla, and Tasya Hasibuan, ‘Sejarah Pertumbuhan Dan Perkembangan Hadis’, Jurnal Sathar, 1.2 (2023), 1–12
Idris, M Arif, ‘Israf Dan Pendidkan Islam Sebagai Pencegahnya’, At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 10 (2018), 182–91
Islamiati, Dian, Hamnah, and Sri Sunantri, ‘Konsep Sombong Dalam Al-Qur’an’, JURNAL ILMIAH FALSAFAH: Jurnal Kajian Filsafat, Teologi Dan Humaniora, 10.1 (2023), 48–62
Jenia, Ayuning, Ayunda Putri, Fitri Humairoh, and Nur Afni Widari, ‘Metafora Kata “ Kepala ” Melalui Perspektif Semantik Kognitif’, INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 4 (2024), 4396–4410
Jurnal, Pusaka, Khazanah Keagamaan, Muhammad Nur Murdan, Muhammad Nur Khalid, and Arpa Amir, ‘Upaya Menumbuhkan Sikap Moderasi Beragama Melalui Budaya Literasi Tafsir Pada Masyarakat Pedesaan Di Desa Bonde Kecamatan Campalagian, Polman’, Pusaka Jurnal Khazanah Keagamaan, 11.2 (2023), 429–48
Kamal, Faisal, ‘Integritas Ilmu Dalam Perspektif Pendidikan’, Paramurobi: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1.2 (2018), 17–30
Misbahuddin, Misbahuddin, M A Tihami, and Umi Kulstum, ‘Kesombongan Sebagai Penghambat Perkembangan Ilmu Pengetahuan: Menurut Pandangan Muhammad Nawawi Dalam Maraqi Al-’Ubudiyah’, Journal on Education, 6.1 (2023), 10723–37
Muiz, Abdul, and Mustofa, ‘Makna Takabur Prespektif M. Quraish Shihab Dalam Tafsir Al-Mishbah’, Journal Of Social Science Research, 3.4 (2023), 2
Muliyono, Nurwakhid, ‘Relevansi Ajaran Hidup Sastra Wulangreh Pada Etnis Jawa Mataram Kepanjen Kabupaten Malang’, Paradigma: Jurnal Filsafat, Sains, Teknologi, Dan Sosial Budaya, 23.1 (2017), 81–86
Naja, Fiqhiyatun, and Nanik Kholifah, ‘Bias Konfirmasi Terhadap Perilaku Berbohong’, Jurnal Psikologi : Jurnal Ilmiah Fakultas Psikologi Universitas Yudharta Pasuruan, 7.1 (2020), 21–40
Sajadi, Dahrun, ‘Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Islam’, Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam, 2.2 (2019), 16–34
Sifa, Alex Nanang Agus, ‘Hak Dan Kewajiban Guru Dan Siswa Dalam QS Luqman Ayat 13-19’, QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 12.01 (2020), 79–90
Suhemi, Emi, ‘Takabbur Dalam Perspektif Al-Quran Dan Hadits’, Jurnal Ilmiah Al-Mu’ashirah, 16.2 (2020), 199
Taufikurrahman, Taufikurrahman, ‘Sombong Dalam Al-Qur’an Sebuah Kajian Tematik’, Jurnal Tafsere, 9 (2021), 192–212
Utami, Syintia Nisa, Sobar Al Ghazal, and A Mujahid Rasyid, ‘Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Dalam Konsep Khauf Dan Raja’Menurut Imam Al-Ghazali’, Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam, 2023, 55–62
Wakka, Ahmad, ‘Petunjuk Al-Qur’an Tentang Belajar Dan Pembelajaran’, Education and Learning Journal, 1.1 (2020), 82
Zailani, Zailani, ‘Metode Intertekstual Dalam Memahami Hadis Nabi’, Al-Fikra : Jurnal Ilmiah Keislaman, 15.2 (2017), 298
Diterbitkan
2024-06-27
Bagian
Articles