Andragogi Profetik
Telaah Konsep Pendidikan Orang Dewasa Perspektif Hadis
Abstrak
Andragogi yang didefiniskan sebagai seni dan ilmu mengajar orang dewasa merupakan pendekatan pendidikan yang menekankan kemandirian, pengalaman, kebutuhan, dan motivasi pembelajar dewasa. Dalam praktik pendidikan Islam, pendidik (guru) menjadi salah satu komponen utama dalam menerapkan prinsip-prinsip tersebut secara efektif. Perspektif hadis menunjukkan bahwa pembelajaran sepanjang hayat dan penghargaan terhadap pengalaman hidup merupakan bagian integral dari pendidikan Islam. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan konsep pendidikan orang dewasa berdasarkan hadis, serta menggali prinsip-prinsip andragogi yang dapat diterapkan dalam praktik pendidikan Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis isi terhadap hadis-hadis yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran orang dewasa dalam Islam mengutamakan pendekatan berbasis pengalaman, memenuhi kebutuhan aktual pembelajar, serta membangun motivasi internal untuk belajar. Selain itu, pentingnya kesabaran, penghargaan terhadap pengalaman, dan komunikasi efektif menjadi kunci keberhasilan dalam mendidik orang dewasa, yang cara berpikirnya berbeda dengan anak-anak. Studi ini mengembangkan konsep "andragogi profetik" sebagai model pendidikan transformatif berbasis nilai-nilai kenabian.
Referensi
‘Ulyan, M. (2020). ASPEK PENDIDIKAN ISLAM PROFETIK (TUJUAN, MATERI, STRATEGI, MEDIA, EVALUASI, LINGKUNGAN). As-Salam, IX(1), 61–74.
Aini, N. (n.d.). Andragogi : Teori Pembelajaran Agama pada Usia Dewasa. Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 2021.
Al-Buwayṭī, M. al-A. bin ‘Abdullah bin Y. bin Ḥasan al-U. al-‘Alawī al-H. al-K. (n.d.). Syarh Sunan Ibnu Majaḥ. Dar al-Minhaj, Saudi Arabia- Jedah, Ed 1439 H-2018 M.
Al-Mubᾱrakfūrī, A. al-‘Alᾱ M. ‘Abdurrahman bin ‘Abdurrahim. (n.d.). Tuḥfat al-Aḥwadzī Syarh Jᾱmi’ al-Tirmidzī. Dar al-Kutub al-Ilmiyyah-Beirut.
Al-Sijistani, A. D. S. bin al-A. al-A. (2009). Sunan Abu Dawud (S. Al-Arna’ut (ed.); 1st ed.). Dar al-Risalah al-Alamiyah.
Anwar, B. (2017). Konsep Pendidikan Andragogi Menurut Pendidikan Islam. Al Daulah : Jurnal Hukum Pidana Dan Ketatanegaraan, 6(1), 28–48. https://doi.org/10.24252/ad.v6i1.4864
Bukhāriy, A. ʻAbdillāh M. ibn I. ibn I. ibn al-M. al-J. al-. (1422). al-Jāmiʻ al-Musnad al-Ṣaḥīḥ al-Mukhtaṣar min Umūr Rasūl Allāh Ṣallā Allāh ʻalaih wasallam wa Sunanih wa Ayyāmih (M. Z. ibn N. al- Nāṣir (ed.); Vol. 9). Dār Ṭauq al-Najāt.
Drs.Asmin, M. P. (n.d.). Konsep dan metode pembelajaran untuk orang dewasa andragogi. Konsep Dan Metode Pembelajaran Untuk Orang Dewasa, 18.
Fajri, R., Alimin, R., & Herawati. (2024). Sosialisasi Penerapan Konsep Andragogi Dalam Pembelajaran Socialization of the Application of Andragogy Concept in Learning. Jurnal Pengabdian Masyarakat (Pendidikan), 6(1), 12–18.
Ibn al-Ḥajjāj, M. (1955). al-Musnad al-Ṣaḥīḥ al-Mukhtaṣar bi Naql al-ʻAdl ʻan al-ʻAdl ilā Rasūl Allāh Ṣallā Allāh ʻalaih wasallam (M. F. ʻAbd al-Bāqī (ed.); Vol. 5). Dār Iḥyā’ al-Turāṡ al-ʻArabiy.
Ismail, S. G. (2013). Implementasi Pendidikan Profetik dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Mudarrisa: Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 5(2), 299–324.
Kurniawati, putri. (2017). andragogi (metode dan teknik memanusiakan manusia. In Universitas Nusantara PGRI Kediri (Vol. 01).
Masduki, & Anwar, S. S. (2018). Filosofi Dakwah Kontemporer. In Sustainability (Switzerland) (I, Vol. 11, Issue 1). PT. Indragiri Dot Com. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI
P. Panen & I.S. Melati. (2011). Pendidikan Orang Dewasa [Pendidikan Orang Dewasa]. Dedikasi, 2(3), 79–88.
Rismana, N. (2021). EVALUASI PENDIDIKAN MENURUT HADIS. Dirasah : Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 12(1), 146–162. http://dx.doi.org/10.51476/ath
Saruji, H., & Jumiati. (2020). KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU AL-QUR’AN HADIS DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI MTs NEGERI MAIWA KABUPATEN ENREKANG. ISTIQRA’, 7(2), 99–109. https://doi.org/10.1016/j.jnc.2020.125798%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.smr.2020.02.002%0Ahttp://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/810049%0Ahttp://doi.wiley.com/10.1002/anie.197505391%0Ahttp://www.sciencedirect.com/science/article/pii/B9780857090409500205%0Ahttp:
Sujarwo. (2015). Strategi Pembelajaran Partisipatif Bagi Belajar Orang Dewasa (Pendekatan Andragogi). Majalah Ilmiah Pembelajaran, 3(2), 1–10.
Wahono, Imsiyah, N., & Setiawan, A. (2020). Andragogi: paradigma pembelajaran orang dewasa pada era literasi digital. Jurnal Proceeding Universitas Muhammadiyah Surabaya, 517–527.
Zaki, M. (2015). Metode Pemahaman Dan Pengamalan Hadits Jamaah Tabligh. Journal of Chemical Information and Modeling, 8(9), 116.