ANALISIS PENGARUH RELIGIUSITAS DAN PENGETAHUAN TERHADAP MINAT MASYARAKAT UNTUK MENABUNG DI BANK SYARIAH (Studi Kasus Masyarakat Panyabungan Kota)
DOI:
https://doi.org/10.56874/eksya.v5i2.2145Kata Kunci:
Kata Kunci: Religiusitas, Pengetahuan, dan Minat MenabungAbstrak
Penelitian ini berjutuan untuk mengetahui analisis pengaruh religiusitas dan pengetahuan terhadap minat masyarakat untuk menabung di bank syariah di Panyabungan Kota. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner yang berjumlah 100 responden, sedangkan metode analisis data yang di gunakan adalah analisis linier berganda dengan menggunakan SPSS versi 21. Hasil uji t secara parsial ini menunjukkan bahwa religiusitas berpengaruh signifikan terhadap minat menabung masyarakat Panyabungan Kota dengan nilai signifikan 0,000 < 0,005 dan pengetahuan berpengaruh signifikan terhadap minat menabung dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,005. Hasil dari koefisien determinasi di peroleh R2 sebesar 0,709 atau 70,9 % dapat di artikan bahwa minat menabung masyarakat di pengaruhi oleh religiusitas dan pengetahuan produk. Sedangkan sisanya 29,1% di pengaruhi atau di jelaskan oleh variabel-varaiabel lainnya yang tidak terdapat didalam penelitian ini.
Kata Kunci: Religiusitas, Pengetahuan, dan Minat Menabung
Referensi
Andriyan. Wawncara. Sipolu-Polu, 15 September2024.
Arifin, Z. (2014). Dasa-Dasar Manajemen bank Syariah. Jakarta: Alfabet.
Darmawi, H. (2015). Manajemen Perbankan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Kurniawati, putri. (2017). Islamic Branding dan Religiusitas. In Universitas Nusantara PGRI Kediri (Vol. 01).
Sudarsono. (2015). Bank dan Lembaga Keuangan Syariah:Deskripsi dan Ilustrasi. Yogyakarta:Ekonisia.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.