ANALISIS PENGARUH RELIGIUSITAS DAN PENGETAHUAN TERHADAP MINAT MASYARAKAT UNTUK MENABUNG DI BANK SYARIAH (Studi Kasus Masyarakat Panyabungan Kota)

Penulis

  • SITI SOPUROH STAIN Mandailing Natal
  • Ian Alfian STAIN Mandailing Natal
  • Paisal Rahmat STAIN Mandailing Natal

DOI:

https://doi.org/10.56874/eksya.v5i2.2145

Kata Kunci:

Kata Kunci: Religiusitas, Pengetahuan, dan Minat Menabung

Abstrak

Penelitian ini berjutuan untuk mengetahui analisis pengaruh religiusitas dan pengetahuan terhadap minat masyarakat untuk menabung di bank syariah  di Panyabungan Kota. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner yang berjumlah 100 responden, sedangkan metode analisis data yang di gunakan adalah analisis linier berganda dengan menggunakan SPSS versi 21. Hasil uji t secara parsial ini menunjukkan bahwa religiusitas berpengaruh signifikan terhadap minat menabung masyarakat Panyabungan Kota dengan nilai signifikan 0,000 < 0,005 dan pengetahuan berpengaruh signifikan terhadap minat menabung dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,005. Hasil dari koefisien determinasi di peroleh R2 sebesar 0,709 atau 70,9 % dapat di artikan bahwa minat menabung masyarakat di pengaruhi oleh religiusitas dan pengetahuan produk. Sedangkan sisanya 29,1% di pengaruhi atau di jelaskan oleh variabel-varaiabel lainnya yang tidak terdapat didalam penelitian ini.

 

Kata Kunci: Religiusitas, Pengetahuan, dan Minat Menabung

 

Referensi

Agustini, T., & Siregar, D. L. (2020). Pengaruh Fee Audit, Audit Tenure Dan Rotasi Audit Terhadap Kualitas Audit Di Bursa Efek Indonesia Effect of Audit Fee, Audit Tenure and Audit Rotation of Audit Quality in Indonesia Stock Exchange. Jurnal EMBA, 8(1), 637–646.
Andriyan. Wawncara. Sipolu-Polu, 15 September2024.
Arifin, Z. (2014). Dasa-Dasar Manajemen bank Syariah. Jakarta: Alfabet.
Darmawi, H. (2015). Manajemen Perbankan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Kurniawati, putri. (2017). Islamic Branding dan Religiusitas. In Universitas Nusantara PGRI Kediri (Vol. 01).
Sudarsono. (2015). Bank dan Lembaga Keuangan Syariah:Deskripsi dan Ilustrasi. Yogyakarta:Ekonisia.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Diterbitkan

2024-12-31

Cara Mengutip

SITI SOPUROH, Ian Alfian, & Paisal Rahmat. (2024). ANALISIS PENGARUH RELIGIUSITAS DAN PENGETAHUAN TERHADAP MINAT MASYARAKAT UNTUK MENABUNG DI BANK SYARIAH (Studi Kasus Masyarakat Panyabungan Kota). EKSYA : Jurnal Ekonomi Syariah, 5(2), 99–107. https://doi.org/10.56874/eksya.v5i2.2145