ANALISA POTENSI EKONOMI PASAR TRADISIONAL MENINGKATKAN EKONOMI MASYARAKAT DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Pasar Baru Panyabungan)

  • ROMALIYAN ADINDA PULUNGAN
  • HAMONANGAN NASUTION STAIN Mandailing Natal
Keywords: Potensi Ekonomi, Pasar Tradisional, Meningkatkan Ekonomi, Ekonomi Islam

Abstract

Pasar Baru merupakan sentral usaha masyarakat, terutama di wilayah Kabupaten Mandailing Natal. Keberadaan pasar Baru sebagai tempat usaha masyarakat sekitar Panyabungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi pasar dalam meningkatkan ekonomi masyarakat serta pandangan Islam terhadap perilaku pedagang dalam meningkatkan ekonomi di pasar Baru dan terciptanya lapangan pekerjaan serta mengurangi instensitas pengangguran yang berada di Kecamatan Panyabungan. Jenis  penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pedekatan yang digunakan adalah pendekatan sosiologis atau wawancara dalam pengumpulan data. Kesimpulan  peneliatan yang diperoleh yaitu pasar Baru berpotensi dalam meningkatkan ekonomi masyarakat  yaitu lapangan pekerjaan, harga murah, produk bervariasi serta letak strategis baik ditinjau dari ekonomi Islam terhadap aktivitas pedagang yang memelihara kebutuhan sehari-hari, kejujuran terhadap kondisi barang yang dijual, serta persaingan yang sehat diantara pedagang dan tidak melanggar Islam.

Published
2024-01-29
Section
Articles